404 Page Not Found? Yuk Kita Perbaiki Sekarang!

Bagikan:

Cara Memperbaiki 404 Page Not Found Di WordPress – Tidak dapat dihindari bahwa Anda harus memperbaiki kesalahan 404 halaman di situs WordPress Anda pada satu titik atau lainnya. Semuanya, mulai dari ketidakcocokan plugin hingga perubahan slug dapat memengaruhi cara orang melihat konten Anda.

Saat memulai situs web atau blog Anda dengan WordPress, orang terkadang menawarkan saran yang tidak diminta tentang cara terbaik untuk melakukan perbaikan 404 page not found.

Beberapa saran termasuk menggunakan situs tempat Anda diberi kode script yang Anda masukkan ke situs web Anda. Terkadang kalau kita pikir mereka ini bekerja seperti sulap, memunculkan pop-up dan banyak fitur keren lainnya. Seringkali, itu menjadi spam. Dan bahkan setelah menghapusnya, situs mungkin masih rusak!

Ini bisa membuat Anda masuk ke mode panik, di mana Anda khawatir tentang konten Anda, penjualan yang tidak Anda hasilkan, dan banyak lagi. Sebenarnya, 404 tidak sesering yang Anda kira; semua orang pasti mengalaminya!

Itu bisa terjadi setidaknya satu kali atau lebih.

Ini adalah hal terakhir yang Anda ingin pengunjung dan klien lihat di situs web Anda, dan itu bisa sangat menyusahkan bagi seorang pemula. Mari kita bicara sedikit lebih jauh tentang 404.

Apa Artinya ‘Kesalahan 404’ Tidak Ditemukan?

Kesalahan 404 berarti bahwa pengguna tidak dapat menemukan konten tertentu di situs web. Meskipun pengguna berhasil terhubung ke server situs web, itu tidak dapat menemukan file yang diminta karena tidak ada sumber daya di URL itu.

Misalnya, jika pengguna mencoba mengakses URL dari halaman Anda yang tidak ada, dia akan mendapatkan halaman kesalahan 404 karena permintaan tidak tersedia. Ini bisa terjadi bahkan jika Anda mengubah atau menyembunyikan URL dari tampilan untuk mengedit konten.

Atau, mungkin Anda memublikasikan postingan dengan URL panjang, yang kemudian Anda ubah jadi pendek.

Setiap kali URL lama digunakan, halaman 404 akan muncul. Ini tidak hanya terjadi pada posting blog. Halaman, gambar, video, CSS, atau JavaScript yang hilang juga dapat terpengaruh.

Kenapa Kesalahan 404 Bisa Terjadi?

Kode status HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna situs web Anda. Server situs web Anda biasanya mengembalikan kode status HTTP yang sesuai ketika pengunjung mencoba memuat halaman web.

Ada banyak kode status HTTP yang berbeda, yang masing-masing kita gunakan dalam situasi yang berbeda. Jadi, dalam hal ini, jika halaman web yang diminta tersedia, browser web pengunjung akan menerima kode status HTTP 200 dari server situs web Anda.

Tetapi jika halaman web yang diminta tidak tersedia, kode status HTTP 404 akan dibuat.

Apa Penyebab Error 404 Tidak Ditemukan di WordPress?

Menurut saya, 404 Page Not Found atau Halaman 404 Tidak Ditemukan bukanlah yang terburuk. Semua orang mendapatkannya pada satu waktu atau yang lain. Biasanya hanya menjadi perhatian ketika mereka mengganggu fungsionalitas situs web Anda. Kesalahan ini dapat terjadi karena tindakan pemilik situs atau kita sendiri.

Sebagai Pemilik Situs:

  1. Konten belum diunggah ke halaman.
  2. Migrasi dari satu nama domain ke nama domain lain tanpa mengubah tautan.
  3. Ketidakcocokan plugin yang menyebabkan URL rusak.
  4. Menghapus atau menyembunyikan konten setelah dipublikasikan.
  5. Mencopot pemasangan plugin yang mengontrol URL untuk konten.

Sebagai Pengunjung Situs:

  1. URL dimasukkan atau disalin dengan tidak benar.
  2. Tautan ke alamatnya salah.

Ragam Pesan Error 404 dari WordPress dan Situs Lain

Berbagai browser memberikan pesan kesalahan secara berbeda. Di Google Chrome, yang Anda lihat adalah: “404. Itu adalah kesalahan. URL yang diminta tidak ditemukan di server ini. Hanya itu yang kami tahu.”

Pesan lain dari berbagai browser lainnya. Seperti:

  • Tidak ditemukan
  • kesalahan 404
  • 404 tidak ditemukan
  • Halaman ini tidak dapat ditemukan
  • Kami tidak dapat menemukan halaman yang Anda cari
  • Kesalahan HTTP 404
  • URL yang diminta tidak ditemukan di server ini

Di lain waktu, pesan-pesan mengecewakan ini dibayangi oleh kreativitas yang diterapkan pada halaman 404 yang disesuaikan.

Sebagai contoh:

Pemilik situs dapat memilih untuk proaktif dengan menyesuaikan halaman kesalahan 404 mereka sendiri di WordPress. Inilah yang muncul alih-alih alternatif browser, yang memungkinkan pemilik situs memberikan lebih banyak informasi.

Beberapa mungkin memilih untuk mengarahkan pengguna ke halaman yang sebenarnya. Padahal, ini sering dilakukan ketika pengembang sengaja mengubah URL dan membuat pengalihan 301.

Apa Pengaruh Kesalahan 404 Pada Situs WordPress Anda?

Halaman tidak ditemukan 404 kesalahan dapat memberikan pengaruh pada SEO. Jenis kesalahan ini sangat pengaruh dan buruk untuk SEO karena mesin pencari tidak suka melihat situs web dengan masalah khusus ini.

Tidak dicentang, 404 mencegah perayap mesin telusur dari konten situs web Anda. Ini karena perayap sering mengikuti tautan internal di seluruh situs web Anda. Dengan halaman kesalahan 404, mesin pencari menganggap halaman tersebut tidak berisi konten.

Ini juga menyebabkan situs web kehilangan ekuitas, sehingga membatasi optimasi mesin pencari.

Pengunjung yang mengikuti tautan di situs web lain yang terhubung ke laman di situs Anda dengan URL yang salah juga akan menerima pesan kesalahan 404. Ini dapat menyebabkan Anda kehilangan trafik atau pengunjung ke situs web Anda. Akibatnya, itu tidak akan menghasilkan ekuitas tautan untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam pencarian.

Lebih penting lagi, pengunjung terpengaruh secara negatif oleh 404 Kesalahan. Ketika orang mengunjungi situs Anda, mereka mengharapkannya untuk membuka halaman yang tepat ketika mereka mengklik tautan. Kesalahan 404 mencegah pengunjung mengakses halaman web WordPress yang diinginkan.

Ketika 404 menjadi terlalu sering, pengunjung akan meninggalkan situs dan mungkin tidak akan pernah kembali. Ini merampas kesempatan Anda untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Memperbaiki Kesalahan 404 Di WordPress

Berurusan dengan 404 bisa sangat bermanfaat. Mungkin melelahkan, mencoba mencari tahu sumber masalahnya. Tetapi Anda akan senang jika situs Anda berjalan sebagaimana mestinya tanpa gangguan aneh lagi.

Sebelum kita melanjutkan, ada satu hal yang sangat penting yang harus Anda lakukan sebelum mencoba untuk memperbaiki Kesalahan 404 di WordPress. Yakni, Cadangkan file Anda!

Anda tidak ingin lupa melakukan ini sebelum membuat perubahan pada situs Anda. Jika terjadi kesalahan, Anda akan dapat memulihkan tanpa kehilangan konten Anda.

Sekarang, kita akan melanjutkan ke cara praktis untuk memperbaiki halaman error 404 Anda.

1. Perbarui Permalink Anda

Lakukan perbaikan URL secara manual dengan membuka tautan permanen Anda di pengaturan dan menyimpan perubahan. Ini lebih berlaku dengan pesan kesalahan 404 yang terlihat setelah bermigrasi dari satu domain ke domain lain.

Anda harus pergi ke tautan permanen Anda di bagian pengaturan, pilih opsi yang disukai dan simpan perubahan. Ini memecahkan beberapa masalah yang disebabkan dalam WordPress.

Faktanya, terkadang hanya mengklik “Simpan Perubahan” tanpa mengubah apa pun memaksa WordPress untuk menginisialisasi ulang permalink. Ini sebenarnya memecahkan banyak masalah terkait URL dan merupakan hal pertama yang akan diperiksa oleh banyak pengembang.

Menyesuaikan permalink biasanya disarankan sebagai langkah pertama sebelum mencoba plugin. Jika Anda masih mendapatkan kesalahan yang sama untuk beberapa halaman, halaman tersebut mungkin di-cache oleh browser Anda. Anda mungkin perlu mengosongkan cache browser Anda sebelum perubahan terlihat.

Menggunakan Plugin

Ini adalah saat Anda menyiapkan pengalihan 301 untuk konten yang telah diganti namanya, dipindahkan, atau dihapus. Terkadang 404 muncul karena URL untuk konten telah diubah, atau sumber daya pada halaman telah diedit, dihapus, atau dipindahkan ke tempat lain secara manual.

Jadi, pengunjung mencoba pergi ke lokasi lama atau menggunakan URL lama. Secara otomatis mengarahkan mereka ke halaman baru jika ada seringkali merupakan perbaikan terbaik.

Untuk plugin, Anda menavigasi ke dasbor Anda dan kemudian ke plugin. Masukkan 404 dalam pencarian kata kunci. Beberapa plugin ini termasuk Redirection, 404 to301, 404-Page halaman kesalahan, 404-Page your smart custom 404 error page, dan banyak lagi.

Plugin Pengalihan telah ada untuk sementara waktu, dan masih mendapatkan pembaruan, membuatnya sangat cocok untuk situs web Anda.

Klik instal dan aktifkan untuk plugin tertentu seperti ‘404 redirect to homepage’. Ini diaktifkan secara default dan kemudian muncul di menu Anda. URL 404 kemudian akan menampilkan daftar semua tautan atau lalu lintas masuk ke halaman Anda yang tidak ada.

Dengan cara ini, Anda dapat melacaknya dan melihat berapa banyak klik yang didapat halaman tertentu.

Plugin ini akan mendeteksi halaman 404, dan ketika itu terjadi, arahkan ulang setiap halaman 404 Anda ke halaman yang Anda tentukan, biasanya beranda Anda. Halaman atau posting lain juga dapat digunakan, yang membuat pengunjung Anda tetap terlibat dan menyelamatkan Anda dari kehilangan visitor.

Mereka juga dapat memberi tahu Anda bahwa ada 404 di tempat pertama. Anda kemudian memutuskan hapaus menghapus halaman untuk mengarahkan pengunjung, sebaiknya halaman yang lebih cocok untuk 404 tertentu.

Plugin ini akan mengarahkan ulang 404 segera setelah terdeteksi dan sebelum Google menemukannya. Jika tidak, bot Google dapat mendarat di 404 terlebih dahulu yang dapat merusak SERP Anda.

Menggunakan Google Search Console

Anda juga dapat menemukan 404 di Google Search Console. Anda dapat memeriksa 404 Anda di sini dan memperbaikinya dengan mengarahkan ulang (redirecting); kebanyakan cara ini sering gagal.

Terkadang, alasan kesalahan adalah perbedaan nama domain halaman yang seharusnya ada di situs dan apa yang tersedia saat ini. Ini mungkin karena perubahan di situs web.

Memperbaiki kasus ini tidak selalu memerlukan plugin tambahan. Anda dapat menggunakan ‘.htaccess’ jika host Anda menggunakan server Apache.

Langkah-langkah ini dapat membantu memperbaiki masalah 404. Namun, Anda dapat menghubungi Layanan Dukungan WordPress untuk mendapatkan bantuan jika tetap ada. Salah satu dari banyak pengembang WordPress dapat membantu Anda.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah membuat halaman 404 Anda sendiri dan menyesuaikannya untuk membantu visitor Anda menemukan jalan kembali ke situs web Anda. Plugin juga berguna di sini. Contohnya adalah plugin 404-Page, misalnya.

Membuat Halaman Kesalahan Anda Sendiri ‘404 Tidak Ditemukan’ di WordPress

Meskipun kita telah membahas secara ekstensif memperbaiki halaman 404, terkadang, hal itu masih akan terjadi karena berbagai alasan.

Anda dapat melakukan banyak hal untuk menghindari 404, tetapi faktor pengguna tidak berada dalam jangkauan Anda. Seorang pengguna mungkin memasukkan URL yang salah, dan halaman 404 muncul.

WordPress 404 halaman standar berisi pesan singkat yang mengatakan bahwa halaman tersebut hilang di bawah bilah pencarian. Menyesuaikan halaman Anda memberi sesuatu yang lebih baik untuk ditampilkan.

Pertama, Saya memasang plugin gratis untuk membantu pengaturannya.Seperti plugin 404page adalah tool yang bagus untuk menginstal dan mengaktifkan. Plugin lainnya adalah 404page atau Custom 404 Pro.

Selanjutnya, kita membuat halaman baru untuk dijadikan halaman 404 kustom. Kemudian, kita melanjutkan dan menambahkan konten apa pun yang kami inginkan. Konten tersebut dapat mencakup:

  • menambahkan gambar
  • pesan yang menjelaskan bahwa halaman tersebut hilang
  • daftar halaman utama dan kategori posting
  • posting blog paling populer
  • mungkin tombol untuk membawa pembaca kembali ke halaman beranda

Setelah itu, Anda dapat mempublikasikan halaman 404, yang akan memiliki kesempatan untuk lebih melibatkan pengunjung.

Buka tampilan dan klik halaman kesalahan 404. Di sini, kita memilih halaman 404 baru dari menu dropdown.

Kami menyimpan perubahan dan menguji halaman 404 untuk memastikannya aktif dan aktif di situs. Jika ada yang mengunjungi halaman yang dihapus atau URL yang salah di situs, mereka akan diarahkan ke halaman 404 baru ini, bukan halaman aslinya.

Memiliki halaman 404 kesalahan khusus seperti ini akan jauh lebih baik untuk menjaga orang-orang di situs dan membantu meningkatkan peringkat dengan Google dengan menurunkan rasio pantulan. Namun, sangat penting untuk menjaga halaman yang disesuaikan tetap ringan.

Kesimpulan

Sayangnya, 404 kesalahan akan terjadi di situs Anda suka atau tidak. Semakin besar situs WordPress Anda, semakin banyak pengunjung yang akan Anda terima.

Sebaiknya buat alur kerja yang kuat untuk memantau dan memperbaiki jenis masalah ini dan memiliki jadwal berkala di mana Anda memperbaiki masalah ini secara manual. Tool otomatis tidak selalu yang paling andal.

Jika ini membantu Anda, atau Anda memiliki klarifikasi tambahan, beri tahu saya di komentar di bawah.

Tinggalkan komentar