Lompat ke konten

Apa itu Backlink Youtube? (Jenis dan 4 Manfaat)

Apa itu Backlink Youtube
Bagikan informasi ini

“Apa itu backlink YouTube?” – Mungkin Anda seorang pemula blogger dan baru mendengar kata ini dari rekomendasi teman-teman Anda atau informasi dari kreator lainnya. Orang bilang bahwa dengan menerapkan konsep “backlink” pada website akan memberikan pengaruh besar pada peningkatan pencarian Google. Pada artikel ini, Saya akan menjawab pertanyaan terkait backlink video Youtube.

Perlu Anda ketahui, Backlink Youtube juga dikenal sebagai backlink YT.

Melalui artikel ini, saya harap Anda bisa memahami arti dari Backlink Youtube, juga akan membahas berbagai jenis backlink Youtube yang dapat Anda buat dan manfaat yang dapat diberikannya untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO) dan lalu lintas situs web.

Pada akhir panduan ini, Anda akan tahu segalanya tentang mendapatkan dan menggunakan tautan balik SEO YouTube dalam pemasaran digital atau digital marketing.

Tautan balik YouTube adalah tautan yang diarahkan ke situs web Anda dari YouTube dan dapat berupa tautan dofollow atau nofollow. Tautan balik YouTube dapat dibuat di profil pengguna, tautan khusus, deskripsi video, komentar, kartu, dan layar akhir.

Ada empat tempat di YouTube tempat link dofollow dapat disisipkan: profil channel, tautan khusus saluran, kartu video, dan layar akhir video. Jika Anda memeriksa kode HTML untuk area ini, Anda tidak akan melihat atribut rel=”nofollow”, yang secara teknis menjadikannya link dofollow.

Namun, backlink YT ini juga dikodekan dengan pengalihan di URL yang dapat memengaruhi total nilai SEO dari tautan tersebut. (Jawaban pasti dari Google tidak dapat ditemukan online.) URL redirect terlihat mirip dengan gambar di bawah ini:

url redirect dari youtube

Jika Anda membuka properti Google Search Console situs web Anda dan membuka Tautan > Situs Tautan Teratas, Anda akan melihat Youtube.com tercantum dalam laporan itu. Ini menunjukkan tautan mana yang dihitung ke profil backlink Anda.

Ada dua tempat di YouTube di mana tautan nofollow dapat dimasukkan: deskripsi video dan komentar video. Jika Anda memeriksa kode HTML untuk area ini, Anda akan melihat atribut rel=”nofollow”, yang mengklasifikasikannya sebagai tautan nofollow.

Namun, menurut dokumen Google ini tentang tautan nofollow yang berkembang, jenis atribut backlink ini hanyalah petunjuk dan bukan arahan untuk algoritma Google untuk tidak lulus nilai SEO.

link profil youtube
jenis backlink Youtube

Profil YouTube Anda akan menjadi sumber utama backlink YouTube Anda. Link profil adalah tautan yang muncul di halaman tentang Saluran YouTube Anda, tempat Anda dapat menambahkan sejumlah tautan termasuk backlink ke situs web Anda.

Anda bisa menambahkan tautan balik profil YT dengan membuka YouTube Studio > Penyesuaian > tab Info Dasar > Bagian Tautan.

Deskripsi video YouTube adalah teks ringkasan di bawah setiap video Anda. Bagian ini digunakan untuk menyematkan informasi penting yang mungkin berguna bagi audiens Anda, termasuk tautan balik ke situs web Anda.

Bila digunakan dengan benar, deskripsi video YouTube dapat meningkatkan upaya promosi Anda dan secara signifikan meningkatkan langganan saluran, waktu tonton dan penayangan video, serta mengirimkan lalu lintas bertarget ke situs Anda melalui tautan balik YT yang disematkan.

Perlu diingat batasan untuk bagian ini adalah 800 kata (5000 karakter). Ini berarti Anda dapat melampirkan link sebanyak yang Anda inginkan, selama Anda tetap dalam batas ini. Untuk memaksimalkan manfaat SEO dari deskripsi video, pastikan untuk menggunakan backlink dengan kata kunci yang relevan untuk halaman target.

Bagian komentar adalah tempat lain untuk menambahkan backlink YouTube. Baik Anda mengomentari video Anda sendiri atau konten pembuat konten lain, Anda dapat membantu mengarahkan lalu lintas bertarget ke laman tertentu di situs web Anda dengan menambahkan tautan yang relevan.

Link komentar juga dapat meningkatkan eksposur saluran YouTube Anda di luar video yang Anda posting. Berkomentar secara konsisten di postingan pembuat konten lain, khususnya, dapat memberikan kesempatan untuk membangun hubungan dengan basis pelanggan mereka dan memposisikan diri Anda sebagai saluran yang layak diikuti.

Pastikan untuk berkontribusi dengan baik pada percakapan dan tidak hanya mengirim spam ke bagian komentar dengan tautan. Melakukan hal itu akan membuat komentar Anda dihapus dan akun Anda berpotensi ditandai sebagai spam yang dapat menyebabkan penutupan akun.

Jika Anda mendaftar ke program mitra YouTube, maka kartu YouTube adalah alat pembuat tautan lain yang patut dicoba. Ini adalah kartu interaktif yang muncul di video YouTube saat pemirsa menonton konten. Hanya mitra YouTube yang dapat membuat tautan URL keluar yang mengarah ke situs terverifikasi yang dilampirkan ke akun.

Kartu YouTube dapat berguna untuk pembuatan link karena memungkinkan Anda menyertakan tautan pada video Anda sendiri yang mengarah kembali ke konten situs web Anda sendiri.

Layar akhir adalah fitur YouTube yang muncul dalam 5 hingga 20 detik terakhir video. Fitur ini dapat membantu mengembangkan channel Anda karena memungkinkan Anda memanfaatkan rentang perhatian pemirsa dan mempromosikan situs web eksternal, daftar putar, dan video lainnya.

Alih-alih meninggalkan brand Anda setelah mereka selesai menonton video, layar akhir membuat pemirsa bertahan lebih lama, menonton lebih banyak video Anda, dan akhirnya berlangganan. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk meletakkan backlink ke situs web Anda. Namun seperti Kartu YouTube, tautan keluar YT untuk Layar Akhir hanya tersedia bagi anggota program mitra YouTube.

Apa itu Backlink Youtube
Manfaat Backlink YouTube

Profil backlink hanya mengacu pada kumpulan link yang mengarahkan pengunjung ke situs Anda. Biasanya, profil backlink menetapkan karakteristik link, termasuk jenis tautan, anchor text, domain quality, dan relevansi.

Mengapa Anda membutuhkan profil backlink yang kuat?

Ternyata, profil backlink yang kaya dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda dan mengarahkan lebih banyak trafik rujukan ke konten Anda. Namun, penting untuk dicatat bahwa profil backlink yang kuat tidak semuanya tentang memiliki lebih banyak tautan. Sebaliknya, Anda harus memastikan bahwa tautan tersebut berasal dari situs yang relevan dan berkualitas tinggi dan bukan situs berisi spam.

Peningkatan Rangking

Secara khusus, link yang dofollow dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi daripada tautan nofollow dan mendorong untuk membantu mengangkat lebih banyak lalu lintas organik dari mesin telusur seperti Google, Yahoo, dan Bing.

backlink dari sumber yang kredibel dan populer dengan PageRank tinggi mengirimkan sinyal positif yang kuat ke algoritme bahwa konten Anda juga layak dipertimbangkan untuk visibilitas lebih di mesin telusur.

Mesin pencari dapat menafsirkan backlink YouTube dari sumber seperti kredibel, dapat dipercaya, dan otoritatif, terutama jika tautan URL YouTube itu memiliki backlink berkualitas tinggi. Ini, pada gilirannya, dapat diterjemahkan menjadi lalu lintas pencarian organik yang lebih tinggi untuk konten situs web Anda.

Dapat ditemukan

Backlink YouTube dapat memperkuat kehadiran online Anda dan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan audiens target Anda untuk menemukan Anda online. Tautan balik di YouTube membantu pengguna menjelajahi ceruk atau topik tertentu secara lebih mendalam dengan mengeklik tautan yang relevan di deskripsi video, komentar, kartu, dan layar akhir.

Lalu Lintas Rujukan (referral)

Lalu lintas rujukan mengacu pada pemirsa yang dibawa ke laman Anda dari domain lain, tanpa mereka menelusuri Anda di platform seperti Google. Secara teknis, ketika seseorang mengklik link Anda dari jaringan media sosial atau situs web lain, Google mendaftarkannya sebagai rujukan. Ini menetapkan saluran YouTube Anda sebagai sumber yang baik untuk mendapatkan lalu lintas rujukan yang dapat membawa lebih banyak pengunjung ke situs web Anda di luar mesin pencari Google.

Link YouTube memang membantu SEO karena link ini adalah bagian dari profil backlink situs web Anda. Situs apa pun yang dapat Anda buat dengan tautan berkualitas dan relevan, seperti tautan YouTube, bagus untuk kinerja SEO Anda, visibilitas mesin telusur, dan lalu lintas rujukan.

Tautan YouTube juga merupakan cara yang bagus bagi pembuat konten lain untuk menemukan artikel Anda. Dan ini dapat menghasilkan lebih banyak backlink organik dari YouTube dan situs web lain yang tertaut ke konten Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top