Apa itu file WebP?

Bagikan:

Apa itu file WebP? Pasti teman-teman pernah download gambar dengan format WebP kan?Saya yakin Anda pasti penasaran dengan format gambar yang satu ini.

Kesempatan ini saya akan coba menjelaskan semampu saya tentang format gambar yang satu ini. Tidak hanya itu, kita akan coba berikan tips ala Bonar mengubah format JPG atau PNG ke WebP untuk kebutuhan website Anda.

Apa itu file WebP

Apa itu file WebP?

WebP adalah format file atau ekstensi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa, yakni Google. Jenis format satu ini mengurangi ukuran file gambar dengan mempertahankan kualitas gambar.

Bagaimana Cara Buka File WebP?

Sama sekali tidak memerlukan alat atau software khusus untuk buka file WebP ini. Seperti biasa, Anda dapat mengklik dua kali, dan secarea langsung akan terbuka di browser default Anda.

Apbila Anda ingin mengedit file WebP, Anda dapat membukanya di perangkat lunak bawaan seperti MS Paint di Windows atau aplikasi Pratinjau Mac.

Anda dapat membuka softwarenya terlebih dahulu dan membuka file WebP atau klik kanan pada file, pilih Buka Dengan, dan pilih perangkat lunak.

Keuntungan Format WebP untuk Gambar

Untuk benar-benar memahami apa yang membuat WebP unik, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami semua format file gambar dan perbedaannya. Tetapi untuk mempercepat semuanya dalam artikel ini, kami akan langsung beralih ke titik utama WebP, kompresi.

Jika Anda tidak terbiasa dengan istilah ini, kompresi mengacu pada pengkodean data file menjadi lebih sedikit bit, atau potongan data digital daripada aslinya.

Ada dua jenis utama kompresi:

  • Lossless (kualitas gambar tetap sama dengan ukuran data turun) dan
  • Lossy (kualitas gambar turun sedikit karena ukuran data turun secara signifikan).

Jika Anda ingin mengetahui keajaiban dari format ini yang mana Anda dapat mengurangi ukuran file tanpa mempengaruhi kualitas, panduan ini menjelaskannya dengan baik.

Sederhananya, gambar WebP biasanya lebih kecil dari format yang pernah ada, tetapi dengan kualitas yang sama, berkat kompresi superiornya. Menggunakan gambar WebP untuk web blog Anda sendiri (biasanya) akan membuatnya berjalan lebih cepat dan sekaligus mengurangi penyimpanan data Anda.

Menurut data Google sendiri, kompresi lossless WebP 26% lebih kecil dari PNG dan kompresi lossy-nya 25-34% lebih kecil dari JPEG.

Untuk lebih jelasnya lihat perbedaan gambar di bawah ini. Sebelah kanan adalah gambar format PNG dan sebelah kanan gambar format WebP.

Keuntungan utama lainnya dari WebP adalah keserbagunaannya—menggabungkan transparansi dan animasi. Itu masalah besar karena biasanya Anda tidak menemukan fitur tersebut dalam format yang sama: sebelum WebP, Anda harus menggunakan PNG untuk latar belakang transparan dan GIF untuk animasi, dan tidak ada yang mendukung keduanya secara bersamaan.

Bagi seorang blogger, Keuntungan menggunakan gambar yang ber-format WebP adalah membuat situs web lebih cepat dari biasanya, karena file gambar yang lebih besar akan memperlambat pemuatan halaman web.

Untuk situs yang menggunakan banyak gambar, peralihan dapat memberikan dampak yang signifikan dan mengurangi milidetik waktu pemuatan yang berharga, terutama di seluler. Jadi itulah kenapa saya sarankan teman-teman untuk menggunakan format gambar ini.

Keuntungan lainnya menggunakan file WebP adalah dapat menghemat masa pakai baterai pada perangkat seluler.

Hampir semua software browser dan sistem operasi telah mendukung WebP seperti:

  • Chrome
  • Microsoft Edge
  • Firefox
  • Opera
  • Peramban bawaan Android
  • Safari 14 dan lebih tinggi

Bagaimana Cara Mengubah File WebP ke JPG?

Jika Anda menggunakan software convert dengan update-an yang lama di komputer, mungkin Anda tidak akan bisa convert file ini ke JPG atau PNG.

Cara yang saya sarankan jika Anda menggunakan Windows adalah dengan Microsoft Paint. dengan fitur Save As. Kemudian Anda dapat membuka file di Photoshop atau GIMP untuk melakukan pengeditan lebih lanjut. Di app Pratinjau Mac, buka File > Export, lalu pilih format file yang ingin Anda gunakan.

Banyak tools konversi gambar online gratis yang tersedia di internet seperti:

Saya mempunyai satu tool yang sangat bagus untuk mengubah format gambar dari JPG ke WebP atau sebaliknya. Hingga saat ini saya masih menggunakan tool ini.

Namanya adalah Squoosh. Tampilan yang sangat sederhana, cepat, tanpa iklan dan Gratis.

Kesimpulan | Kelebihan dan Kekurangan WebP

Baiklah, mungkin semuanya sudah paham ya apa itu WebP? Sekarang saya rangkum artikel ini dengan kelebihan dan kekurangan WebP:

Kelebihan WebP

  • Waktu loading lebih cepat – Karena ukuran file yang lebih kecil, halaman dengan gambar WebP akan dimuat lebih cepat. Menurut Ahli Pembuat Situs Web, setiap penundaan detik dalam pemuatan mengurangi kepuasan pengunjung sebesar 16% dan satu dari empat pengunjung akan meninggalkan Anda sepenuhnya jika tidak dimuat dalam 4 detik.
  • Lebih hemat ruang penyimpanan data – Ketika kita kompres gambar jadi WebP, maka secara otomatis dapat menghemat biaya ruang penyimpanan hosting kita.
  • Transparansi dan animasi – Seperti yang kita bahas, WebP adalah satu-satunya format gambar yang mendukung latar belakang transparan PNG dan kemampuan animasi GIF.

Kekurangan WebP

  • Tidak didukung oleh semua browser – Meskipun WebP memiliki sebagian besar browser, masih ada beberapa yang tidak mendukungnya (Internet Explorermasih lambat untuk mengakses file format ini.
  • Jika Anda pengguna WordPress, ketika menggunakan format gambar ini sebagai featured image kemudian share postingan ke media sosial seperti FB. Gambar format WebP tidak akan muncul.
  • Tidak cocok untuk fotografer atau seorang pengoleksi foto.

Tinggalkan komentar