Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar? Cek Dulu Ini!

Share dulu, dong!

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar? Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan dari beberapa pengunjung Androkit.com melalui komentar maupun email pribadi. Seperti gambar screenshot di bawah ini:

Jika Anda sedang mengalami hal yang sama dan ingin mengetahui jawabannya, silahkan ikuti terus artikel ini!

Tapi, sebelumnya, kami mengajak Anda mengenal sebenarnya apa itu pinjol ilegal dan apa tujuan mereka?

Pinjol Ilegal = Penipu

Sejatinya, pinjol ilegal adalah aplikasi atau website yang melayani pinjaman uang secara online yang tidak memegang surat izin yang sah dari OJK maupun AFPI. Artinya, platform pinjol-pinjol ini tidak mengikuti aturan main OJK. Jadi, bisa dikatakan data Anda tidak aman dan ilegal.

Menurut analisa kami, aplikasi yang paling banyak di-instal oleh pengguna (khusus di Play Store) dan berkembang dengan pesat adalah aplikasi fintech (pinjaman online). Nah, karena hal ini lah yang dimanfaatkan oleh oknum-okmun yang tidak bertanggung jawab. Mereka hanya memanfaatkan beberapa orang yang sedang membutuhkan uang. Makanya, kami sering mengatakan bahwa pinjol ilegal itu niatnya menipu, bukan niat membantu.

Menurut kami, tidak ada perusahaan fintech manapun yang mau menjalankan bisnis pinjaman dana sedangkan status bisnisnya masih ilegal.

Cara Modus Penipuan Pinjol Ilegal

Berdasarkan yang kami pantau, ada dua cara pinjol ilegal melakukan penipuan:

Modus Pertama

100% status pengajuan Anda akan di ACC dengan pinjaman sebesar 10juta. Namun, si calon korban harus bayar uang sebagai biaya admin (atau apalah) sebesar Rp250.000. Tapi ada juga yang Rp300.000.

Jika si korban menuruti dan bayar, uang pinjaman (10juta) tidak akan cair. Setelah itu, mereka akan terus meminta sejumlah uang dengan alasan biaya keamanan atau biaya apapun sebesar Rp750rb, 1,5juta hingga sampai Anda berhenti dan sadar kalau Anda merasa tertipu.

Screenshot hasil percakapan antara ibu SR dengan CS pinjol ilegal

Namun, belakangan ini saya sudah tidak menemukan lagi modus seperti ini.

Anda bisa baca di sini: Cerita Korban Pinjol Ilegal: Rp3 juta Lebih Lenyap Seketika

Modus Kedua

Modus penipuan pinjaman online ilegal yang kedua yaitu mereka sengaja melakukan transfer ke rekening pribadi Anda tanpa adanya persetujuan lanjutan seperti menandatangani perjanjian akad kredit dan sebagainya. Lebih parahnya lagi, bunga yang dikenakan oleh korban sangat tinggi dan tenor yang singkat yaitu 7 hari.

Belum japo (jatuh tempo) mereka sudah mulai melakukan penagihan dengan kata-kata yang tak pantas. Mereka biasanya mengancam sebar data apabila tidak dibayar beserta degan bunganya.

Fakta yang harus Anda ketahui, apabila Anda berada di posisi ini, lalu Anda melunasi hutang tersebut, maka jangan harap permasalahan Anda sudah selesai. Pihak pinjol ilegal tersebut akan melakukan transfer lagi ke rekening Anda dengan jumlah dan bunga yang lebih besar. Begitu dan seterusnya!

Namun, mereka juga tidak asal-asalan memilih calon korban. Mereka harus menilai kira-kira pengguna mana yang nilai skor kreditnya bagus. Kalau tidak bagus, biasanya Anda tidak akan diabaikan atau status pengajuan ditolak.

Baca juga: Bukan Pinjam, Ini Pinjol Bisa Menghasilkan Uang

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar?

Apakah pinjol ilegal harus dibayar

Setelah Anda membaca modus penipuan pinjaman online ilegal ini, maka secara langsung Anda sudah bisa menjawabnya.

Pinjol ilegal yang sering saya temukan itu niatnya adalah menipu. Tidak ada sedikitpun tujuannya untuk menolong. Jadi, ketika Anda mendapatkan sejumlah uang yang ditransfer oleh pinjol ilegal, maka kami sarankan untuk tidak usah dibayar.

Namun, jika Anda tidak bayar, tentu ada risiko yang harus Anda hadapi. Yaitu, sebar data pribadi ke semua kontak Anda. Bahkan mereka edit foto Anda lalu disebarkan ke sosial media.

Tapi Anda jangan takut! Saya sarankan Anda tetap gagal bayar pinjol ilegal ini. Kuatkan mental, jangan mudah down ketika data Anda disebar.

Kalau Anda tidak sanggup atau takut data disebar, Anda boleh bayar atau lunasi utang tersebut. Namun sebelum Anda bayar, segera tutup rekening Anda, dan minta metode pembayaran via Alfamart atau Indomaret. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka transfer uang ke rekening Anda setelah melakukan pembayaran. Karena, berdasarkan pengalaman dari teman-teman kita, dalam semenit setelah dibayar, mereka transfer lagi sejumlah uang dengan bunga yang fantastis.

FAQs

Apakah Pinjol Ilegal Harus Dibayar?

Kalau Anda sudah terlanjur masuk ke dalam pinjol ilegal dan dana sudah ditransfer ke rekening Anda, saran kami untuk tidak membayar.

Apakah pinjol ilegal sebar data?

Karena ilegal alias tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK, maka besar kemungkinan data Anda akan disebar dan disalahgunakan.

Berapa lama pinjol ilegal sebara data?

Tidak dapat diprediksikan. Biasanya terjadi hingga satu bulan atau bahkan bisa lebih.

Saya takut data pribadi saya disebar oleh pinjol ilegal, apakah ada cara lain?

Kalau Anda takut, Anda bisa bayar atau meluasi semua utang yang diberikan. Namun dengan catatan, rekening yang Anda daftarkan harus ditutup lewat kantor cabang terdekat. Hal ini dilakukan agar mereka tidak bisa lagi mengirim uang ke rekening ketika sudah Anda melunasinya.

Apakah kita bisa menghapus data pribadi kita di pinjol ilegal?

Tidak bisa, kecuali Anda termasuk bagian dari mereka atau ada kenalan dari orang dalam (aplikasi pinjol ilegal).

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang “Apakah pinjol ilegal harus dibayar?”. Jika ada pertanyaan, Anda bisa berikan komentar di bawah ini.

Alternatif Pinjol Cair Ke Bank Digital

Kalau tidak mau repot-repot. kamu bisa juga menggunakan aplikasi pinjol legal yang menyediakan layanan pencairan limit pinjaman menggunakan bank Digital atau online.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

7 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *