Aplikasi Alternatif Selain Photoshop

Hai sobat Bonar yang lagi galau. Tau ga kalau kita ingin mempunyai lisensi resmi Photoshop kita harus mengeluarkan S$27.62 perbulan sampai S$41.43 perbulan (update Agustus 2021). Atau kalau kita rupiahkan sekitar Rp.400.000 perbulan atau 4juta dalam jangka 1 tahun? Mahal kan? ya tentu mahal dong sesuai dengan fitur yang ada ditawarkan ole Adobe ini. Tapi jangan kuatir saya punya beberapa Aplikasi Alternatif Selain Photoshop yang memiliki kualitas tinggi alias tak kalah dengan PS.

Ada beberapa alternatif di luar sana yang bisa kita dijelajahi jika Anda tidak bisa mendapatkan salinan perangkat lunak pengedit foto top dunia, atau mungkin hanya ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

alternatif aplikasi selain photoshop

Alternatif Aplikasi Selain Photoshop untuk Mengedit Foto

Sobat Bonar, ada beberapa kali di waktu dulu tentang apa saja yang dapat digunakan untuk tugas-tugas pengeditan foto-foto umum tanpa menghabiskan banyak biaya seperti aplikasi Photoshop.

Jadi hari ini saya akan membuat daftar beberapa aplikasi lain yang mampu mencukupi segala kebutuhan Anda dalam hal ini mengedit foto.

Baca: Lupa Email Tapi Ingat Kata Sandi? Begini Caranya

Selain produk yang saya sebutkan di bawah ini, ada banyak juga foto editor online yang sangat mengesankan dan banyak digunakan oleh penggunanya. Jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Jadi saya akan memulai Anda dengan alternatif yang paling Populer:

Adobe Photoshop Elements

tampilan adobe photoshop elemets terbaru
Aplikasi Alternatif Selain Photoshop | Sumber Gambar: fixthephoto.com

Dengan harga $99, aplikasi satu perusahaan dengan Photoshop ini lebih murah, dan dapat mencapai banyak hal dari apa yang dapat dilakukan oleh versi lengkap Photoshop. Anda akan mendapatkan sebagian besar fitur elemen antarmuka yang hampir mirip dengan versi PS, menjadikan transisi ke Photoshop tanpa takut jika Anda memutuskan untuk meningkatkannya.

Elements sebenarnya lebih banyak digunakan penggunanya daripada Photoshop, dan dengan demikian dapat mengklaim sebagai perangkat lunak pengedit gambar #1 di dunia.

aplikasi alternatif selain photoshop

Elements lebih dari mampu menangani tugas pengeditan foto-foto yang umum, dan kebanyakan orang, sebenarnya tidak ada alasan untuk menggunakan Photoshop daripada Elements.

Saya sendiri bahkan mengatakan bahwa banyak orang yang lebih suka menggunakan Elemen jika mereka memiliki salinan keduanya. Karena Anda tidak perlu repot memilah-milah fitur khusus yang tidak akan pernah digunakan.

GIMP

GIMP adalah aplikasi pengeditan foto yang juga sangat populer. Dari dulu hingga sekarang GIMP masih tetap eksis.

aplikasi alternatif photoshop
Alternatif Aplikasi Selain Photoshop

Dan Bagian terbaik dari produk ini adalah GRATIS!

Aplikasi berjalan pada semua sistem operasi baik Windows maupun Linux. Ini adalah aplikasi pengeditan foto gratis yang paling bagus bila kita bandingkan dengan aplikasi foto editor versi gratis lainnya.

GIMP merupakan aplikasi manipulasi foto gratis terbaik, berkualitas tinggi dengan dukungan multi bahasa seperti C, C++, Perl, Python, Scheme dan masih banyak lagi.

Dalam proses penginstalan GIMP sekarang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.

aplikasi edit foto alternatif photoshop
Alternatif Aplikasi Selain Photoshop

Anda dapat menyelesaikan tugas pengeditan foto umum apa pun di sini, dan GIMP ini juga berfungsi untuk menangani pekerjaan profesional. Salah satu masalah yang dulu dimiliki GIMP (dan masih sampai tingkat tertentu) adalah bahwa antarmuka pengguna tidak terlalu ramah bagi pengguna baru, sehingga sulit untuk mengetahui seberapa kuat program ini. Aplikasi GIMP telah ditingkatkan secara substansial dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi jika Anda dapat menerima beberapa kebiasaannya, Anda akan memiliki aplikasi yang sangat kuat dengan biaya GRATIS untuk Anda.

PaintShop Pro X5

aplikasi alternatif photoshop terbaik

Alternatif Aplikasi Selain Photoshop selanjutnya adalah PaintShop Pro X5. Dikembangkan oleh perusahaan kreatif Corel, PaintShop Pro telah mengumpulkan banyak pengikut selama bertahun-tahun. Harga aplikasi versi standarnya adalah $79, dengan versi “Ultimate” yang lebih besar tersedia seharga $99. Ada banyak pengguna yang lebih menyukai antarmuka PaintShop daripada yang ditawarkan Adobe, dan perangkat lunak ini sendiri sepenuhnya mampu memberikan gambar berkualitas tinggi yang sama. Ada uji coba gratis yang tersedia di situs untuk melihat apakah Corel lebih cocok dengan style Anda, jadi manfaatkan! Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa ini adalah aplikasi Windows saja.

Paint.NET

Alternatif Aplikasi Selain Photoshop
Aplikasi Alternatif Selain Photoshop

Seperti GIMP, Paint.NET sepenuhnya gratis untuk digunakan. Ini juga merupakan aplikasi Windows saja. Dan ini bukan aplikasi Paint yang diinstal dengan Windows (meskipun awalnya dikembangkan untuk menjadi opsi pengganti), ini adalah editor gambar yang cukup kuat. Aplikasi ini cukup ringan dibandingkan dengan pilihan aplikasi lain.

Jadi untuk memulai dan mengedit tugas-tugas kecil sangat cepat dan nyaman meskipun dapat digunakan untuk pengeditan sehari-hari. Aplikasi ini sebenarnya cukup populer di kalangan seniman piksel untuk menciptakan seni untuk digunakan dalam produk seperti video game, dan saya sangat merekomendasikannya untuk tujuan ini jika Anda tertarik pada hal semacam itu.

Baca: Cara Backup Chat WhatsApp & Memulihkannya ke Hp Baru

Saya mendorong Anda untuk mencoba masing-masing dari aplikasi ini. 2 di antaranya gratis dan 2 lainnya memiliki masa percobaan gratis.

Karena tidak ada salahnya untuk melihat apa yang paling sesuai dengan cara kerja pikiran Anda. Anda selalu dapat melanjutkan ke Photoshop nanti jika Anda merasa telah melampaui opsi ini
Jangan lupa untuk selalu memperbarui kinerja pengeditan foto Anda dengan perangkat lunak anti-virus terbaru dan pembaruan sistem operasi (Windows, Mac).

Hal yang tidak Anda inginkan terjadi setelah Anda mengedit ratusan (atau ribuan!) foto, dan foto tersebut dirusak oleh virus atau malware.

Saya memiliki beberapa teman yang mengalami pengalaman yang melelahkan dan memakan waktu untuk memperbaiki semua ini.

Demikian 4 Aplikasi Alternatif Selain Photoshop untuk edit photo. Jangan ragu untuk menyarankan beberapa aplikasi lagi di komentar jika Anda menggunakan sesuatu yang belum saya sebutkan yang menurut Anda patut mendapat perhatian (terutama pengguna Mac, karena saya tidak selaras dengan apa yang mungkin Anda gunakan di luar Photoshop). Menikmati!

Bagikan:

Menulis artikel di blog merupakan bagian dari hobi semenjak tahun 2016. Lulusan SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Leave a Comment