Aplikasi Paylater Terbaik & Populer yang Patut Anda Coba

Pada artikel kali ini, Jerico akan sharing tentang aplikasi Paylater terbaik dan paling banyak diminati oleh penggunanya. Tulisan ini Aku buat kepada Sobat Androkit agar lebih memahami dan mengetahui aplikasi apa saja yang mempunyai layanan Paylater.

paylater

Apa Artinya Aplikasi PayLater

Paylater kalau kita terjemahkan ke bahasa Indonesia adalah “Bayar Nanti”. Istilahnya kita beli sekarang, bayarnya nanti.

Jadi, PayLater merupakan salah satu metode pembayaran yang mana pengguna atau member bisa membeli suatu barang produk baik berupa fisik maupun non-fisik tanpa harus membayar pada saat waktu yang sama.

Ketika kita menggunakan layanan PayLater, maka kita bisa membeli barang tanpa harus mengeluarkan uang di dompet maupun di dalam rekening bank. Semua belanjaan kita akan ditalangi oleh pemilik layanan PayLater.

Jenis pembayaran aplikasi PayLater ini memiliki sistem yang mirip dengan kartu kredit fisik. Kalau di kartu kredit kita bisa belanja apapun yang kita mau dan pihak bank akan menalangi semua belanja kita, maka Paylater juga demikian.

Aplikasi Apa Aja yang Ada PayLater?

Untuk saat ini sudah banyak aplikasi yang sudah ada layanan fitur PayLater. Salah satunya adalah perusahaan marketplace raksasa, Shopee.

Tidak hanya aplikasi marketplace saja, Aplikasi jasa keuangan lainnya juga sudah ada menyediakan layanan metode pembayaran terbaru ini baik perusahaan keuangan yang baru merintis dan juga ada perusahaan yang sudah lama.

Kegunaan/Manfaat Pakai Aplikasi PayLater

Tak jauh beda dengan kartu kredit fisik yang selama ini kita kenal. Salah satu kegunaan menggunakan PayLater adalah memudahkan kita melakukan pembelian secara online baik di Marketplace, maupun toko online lainnya.

Manfaat lainnya adalah kita tak perlu untuk mengeluarkan sejumlah uang di dalam dompet kita atau rekening bank. Karena pihak perusahaan terkait akan membayari semua urusan shopping kita terlebi dahulu. Namun kita akan bayar itu semua dalam tenor yang telah ditentukan.

Apa Perbedaan PayLater dengan Kartu Kredit Fisik?

Dari bentuknya sja kita sudah tahu kan apa bedanya? Ya, kalau Kartu Kredit itu mempunyai bentuk fisik seperti kartu ATM. Kalau PayLater tidak perlu menggunakan kartu fisik. Kita hanya tinggal mengakses aplikasinya untuk melakukan fitur layanan ini.

Perbedaan lainnya, mungkin pengalaman Aku, kalau kartu kredit itu agak sulit untuk mendapatkan. Tidak semua nasabah bisa diterima atau mendapatkan limiti kredit dari pihak bank tertentu. Intinya persyaratannya lumayan rumit.

Kalau masalah bunganya untuk kartu kredit bank Aku belum tahu, karna penulis belum pernah menggunakan Kartu Kredit. Tapi intinya tiap bank memiliki bunga yang berbeda-beda.

Untuk bunga layanan PayLater, nanti kita akan bahas selanjutnya di bagian bawah ini.

Aplikasi Paylater Terbaik & Populer yang Patut Anda Coba

Demi mendapatkan informasi tentang PayLater, maka Aku akan urutkan aplikasi PayLater terbaik dan populer yang patut Sobat ketahui dan mencobainya.

1. Shopee Paylater

Shopee PayLater adalah salah satu aplikasi Paylater sekaligus marketplace terbasar di Indonesia

Yang pertama aplikasi Paylater yang populer adalah Shopee PayLater. Sudah tak asing lagi dengan Shopee, kan?

Seperti yang kita ketahui, Shopee adalah salah satu website E-Commerce atau biasa disebut dengan Marketplace terbaik dan populer di Indonesia.

Shopee Paylater atau disingkat SPayLater ini sebenarnya bekerjasama dengan PT. Commerce Finance. Perusahaan pelayanan keuangan ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK langsung.

Apakah Shopee PayLater Aman?

Seperti yang kita sudah bahas, bahwa Shopee bekerjasama dengan PT. Commerce Finance, untuk memberikan fasilitas mereka soal layanan SPayLater. Sementara PT ini sudah diawasi oleh badan jasa keuangan seprti OJK dan APPI

aplikasi Paylater yang diawasi oleh OJK dan APPI

Berapa Bunga dan Jangka Waktu Cicilan yang Ditawarkan oleh SPayLater?

Shopee Paylater mempunyai mekanisme waktu angsuran yaitu dari 1 bulan (yang katanya 0% bunga) 3 bulan, 6 bulan, dan setahun. Ongkos angsuran Shopee Paylater terbagi dalam angsuran dasar dan suku bunganya sebesar minimum 2,95%/bulan.

Sebagai contoh jika kamu beli barang dengan harga Rp100.000 yang hendak dibayarkan melalui mekanisme SPayLater sebulan karena itu kamu harus bayar Rp103.950. Ongkos itu terbagi dalam hutang dasar Rp100.000, bunga 2,95% atau Rp2.950. dan ongkos pengatasan Rp1.000.

Apa Saja Syarat untuk Menggunakan Shopee PayLater?

Seperti pada umumnya, syarat yang harus Sobat penuhi diantara lain:

  • KTP,
  • No. Hp yang Aktif (Untuk menerima kode OTP), dan
  • Wajah. (Verifikasi kepemilikian identitas)

Bagaimana Cara Mengaktifkan Shopee PayLater (SPayLater)

Sebelum mengaktifkan fitur ini, pastikan aplikasi Shopee Sobat sudah update versi terbaru/terakhir. Dan cara mengaktifkan Shope PayLater Sobat tinggal ketuk “Saya” – ketuk “SPayLater”. Kemudian ketuk lagi Aktifkan Sekarang.

2. PayLater Gojek / GoPayLater

GoPayLater adalah aplikasi PayLater  yang dikeluarkan oleh Gojek.
GoPayLater – Aplikasi PayLater

Kalau yang tadi aplikasi PayLater dari Marketplace. Sekarang kita akan membahas aplikasi penyedia “Beli Sekarang Bayar Nanti” adalah dari perusahaan aplikasi GOJEK.

Gojek kini juga tak mau ketinggalan. Perusahaan yang dimiliki oleh Nadiem Makarim ini juga menambahkan metode pembayaran mereka yang benama GoPayLater.

Nah, sama dengan Shopee PayLater tadi. Kalau SPayLater itu hasil kerjasama dari Shopee dan PT. Commerce Finance, Dan Gojek bekerjasama dengan Findaya.

Apakah GoPayLater Aman

Jelas pasti aman, karna Findaya merupakan salah satu perusahaan dibidang keuangan yang telah bekerjasama dengan Gojek.

Aku yakin Sobat pasti baru dengan perusahaan yang bernama Findaya.

Findaya merupakan layanan finansial atau keuangan yang mempunyai sebuah misi yaitu membantu mendorong ekonomi digital Indonesia. Findaya juga merupakan layanan keuangan yang telah terdaftar oleh OJK.

Findaya juga memiliki produk layanan lain seperti GoModal yang merupakakn hasil kerjasama antara GoFood dan GoBiz.

Berapa bunga atau Biaya Bulanan GoPayLater?

Berdasarkan penjelasan dari GoJek, biaya bulanan GoPayLater adalah 0% alias tidak ada. Yang ada hanya biaya tambahan yaitu biaya administrasi atau layanan.

Untuk besar biaya layanan ini tergantung limit yang digunakan oleh pengguna. Mulai dari Rp.7.500 hingga Rp.49.000.

Kalau Aku perhatikan, Jangka waktu untuk melunasi hanya 1 kali bayar langsung lunas.

Dan untuk tanggal pembayarannya itu dimulai dari tanggal 25 hingga akhir bulan.

Jadi, apakah PayLater Gojek ini berbunga? Tidak. yang diwajibkan adalah biaya layanan yang sudah kita bahas di atas.

Apa Syarat GoPayLater

Tak jauh beda dengan aplikasi PayLater lainnya. cukup dengan kartu tanda pengenal Sobat (KTP) dan nomor hp yang aktif. Kemudian wajah Sobat juga perlu untuk melakukan foto selfi dengan KTP Sobat.

Lalu pastikan juga Sobat sudah berumur 21 tahun dan orang WNI.

Bagaimana Cara Daftar PayLater Gojek?

Untuk cara daftar GoPayLater ini sangat mudah, cukup dengan membuka aplikasi Gojek. Setelah itu klik GoPayLater. Setelah itu kllik Daftar Sekarang. Ikuti petunjuk selanjutnya.

3. Tokopedia PayLater

Tokopedia Paylater merupakan salah satu mitra Indodana

Apakah di Tokopedia bisa PayLater? Jawabannya BISA.

Tokopedia sudah tak asing lagi kita dengar. Salah satu toko online bersifat Marketplace terbesar di Indonesia.

Tokopedia juga memiliki layanan aplikasi PayLater yang diberi nama Indodana PayLater. Jadi marketplace yang satu ini hanya merchant partner atau mitra dari Indodana. Segala aturan sistem layanan PayLater berada pada Indodana. Makanya beda dengan Shopee yang punya merek layanan (SPayLater) walaupun mereka juga bekerjasama dengan perusahan lain.

Apakah Tokopedia PayLater Aman? / Aplikasi PayLater

Pasti. Sudah jelas aman. Indodana sudah berbadan hukum dan di awasi oleh OJK. Jadi jangan kwatir menggunakan Tokopedia PayLater ini,

Berapa Limit dan Bunga PayLater Indodana Tokopedia?

Untuk limit kredit PayLater mulai dari Rp.500.000 sampai Rp.25.000.000. Sedangkan besar bunga Indodana PayLater terdiri dari beberapa biaya lainnya:

  • Biaya Layanan: 1% (dari nilai transaksi)
  • Biaya Tambahan: 2% (dari nilai transaksi)

Tenor:

  • Untuk 1 bulan itu sebesar 0%.
  • Tenor 3-12 Bulan: 3% flat setiap bulan.

Syarat dan Cara Daftar PayLater Indodana

Syaratnya agar kita bisa menggunakan fitur PayLater di Tokopedia, salah satunya adalah KTP. kemudian nomor Hp kita juga harus aktif agar bisa meerima kode Verifikasi. Serta wajah kita untuk selfi dengan KTP kita.

Untuk Cara Daftar PayLater Tokopedia ini kita tidak bisa daftar di aplikasi Tokopedia. Melainkan kita harus daftar melalui aplikasi PayLater Indodana.

Caranya cukup dengan membuka aplikasi atau kunjungi website Indodana. Dan klik Form Pengajuan. Selanjutnya ikuti arahan dengan melengkapi dokumen secara lengkap.

4. Lazada PayLater / LazPayLater

Lazada

Apakah aplikasi Dana bisa PayLater? Bisa. Namun untuk pengguna baru fitur ini tidak akan muncul karna tidak termasuk kriteria pengguna Lazada PayLater

Lazada PayLater atau dikenal dengan LazPayLater adalah salah satu metode pembayaran yang dikeluarkan oleh Lazada.

Dengan adanya LazPayLater pengguna bisa berbelanja di Lazada dengan membayar belakangan atau Kredit.

LazPayLater ini merupakan hasil kerjasama antara perusahaan Lazada dengan perusahaan Akulaku/ATOME.

Apakah Aplikasi PayLater dari Lazada Aman?

Pasti aman karna sekali lagi, LazPayLater merupakan powerd by Akulaku. Sementara Akulaku resmi dan diawasi oleh OJK.

Apa Syarat Agar Bisa Menggunakan LazPayLater?

Ada beberapa penilaian dan beberapa kriteria pengguna Lazada yang bisa menggunakan fitur PayLater ini. Itu artinya untuk pengguna baru mungkin Sobat tidak akan menemukan fitur ini di layar aplikasi Lazada. Kemudian syarat selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran, ajukan dengan melengkapi dokumen pribadi seperti KTP dan lainnya.

Bunga yang wajib kita bayar tetap sama baik tenor cicilan 2 bulan, 3 bulan maupun 6 bulan.

Berapa Bunga dan Tenor Kredit LazPayLater?

LazPayLater menawarkan jasa keuangan yang dapat dimulai dari Rp.10.000 dengan bunga 0% dalam periode waktu 30 hari. Dan dengan sistem angsuran, kamu bisa mencicil barang yang kamu membeli dengan tenor 3, 6, serta 12 bulan dengan bunga 2.95%.

Beda di LazPayLater ini punya uang muka sebesar 20% dari harga pembayaran minimal 1juta.

Bagaimana Cara Mengaktifkan LazPayLater

Pastikan aplikasi Lazada versi terbaru. Mungkin layanan LazPayLater ini tidak akan muncul di tampilan aplikasi Lazada itu dikarenakan pengguna Lazada baru. Jadi tidak termasuk peryaratan utama Lazada.

5. Maucash PayLater / Aplikasi PayLater

maucash logo paylater

Selanjutnya, Aplikasi PayLater Terbaik adalah MauCash PayLater. Kalau yang ini mungkin sobat belum pernah dengar yang namanya Maucash PayLater ini.

Yaps, walaupun kurang populer, namun bagi penulis ini wajib Sobat ketahui. Karena Maucash merupakan layanan keuangan yang dibentuk oleh satu group dengan PT. Astra International Tbk yang bernama PT. Atra Welab Digial Arta.

Apakah Maucash PayLater Aman?

Tentu Aman. Karena memiliki dan terdaftar serta di awasi oleh OJK dan beberapa lembaga keuangan lainnya.

Bagaimana dengan Syarat Utama untuk Pengajuan Pengguna Maucash PayLater?

Syarat utamanya adalah dengan melengkapi dokumen data pribadi seperti KTP. Dan umur minimal harus 21 Tahun.

Untuk limit maksimal yang disediakan oleh Mauchas PayLater ini adalah RP. 12.500.000

maucash paylater
Aplikasi PayLater Terbaik

Maucash PayLater juga bisa Sobat temukan atau aktifkankan di aplikasi AstraPay. Untuk caranya, Sobat bisa baca Cara Aktifkan Paylater Astrapay | Maucash Paylater

KESIMPULAN Aplikasi PayLater

Masing-masing produk PayLater yang dikeluarkan oleh tiap perusahaan keuangan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada yang sulit diterima saat melakukan pengajuan, namun bunga rendah dan sebaliknya. bahkan ada yang 0%.

Pergunakan limit aplikasi PayLater sebaik mungkin. Lakukan dengan bijak. Jangan sampai nanti saat jadwal penagihan Sobat terlilit banyak hutang dan akhirnya tidak bisa membayar. Dan ini akan menjadi malapetaka bagi perekonomian Sobat.

Bagikan:

4 thoughts on “Aplikasi Paylater Terbaik & Populer yang Patut Anda Coba”

Leave a Comment