Alasan Utama Artikel Sulit Terindeks Google

Anda saat ini membuat blog baru tapi beberapa hari/mingu artikel sulit terindeks Google. Bahkan Anda sudah beberapa kali melakukan Minta Pengindeksan atau permintaan indeks secara manual. Tapi hasilnya tetap belum terindeks.

Tenang, jangan kuatir.

Anda tidak sendirian. Saya yakin banyak blogger yang mengalamin hal yang serupa termasuk saya.

Dan karena itulah saya akan bahas alasan kenapa artikel atau postingan susah terindeks Google serta penjelasan mengenai laporan masalah pengindeksan dari Google Webmaster

Alasan Paling Umum kenapa Artikel Sulit Terindeks Google

Setelah Anda mempelajari semua poin-poin yang ada di bawah ini, Saya harap teman-teman nanti bisa mengetahui permasalahan segera melakukan tindakan pada blog Anda.

Tidak Memiliki Nama Domain

Yang pertama mengapa Google tidak mengindeks blog Anda karena tidak memiliki nama domain yang tepat. Maksudnya adalah menggunakan URL yang salah pada konten atau Anda tidak mengatur dengan benar di pengaturan WordPress.

Walaupun ini terlihat sepele, tapi besar pengaruhnya. Jadi ada beberapa tindakan yang harus Anda lakukan.

Periksa apakah alamat website Anda sudah benar? Apakah dimulai dengan “https://namadomain.com,…….” atau menggunakan https://www.namadomain.com/…..” atau “http://namadomain.com/……”

Apabila situs web menggunakan https non www, tapi Anda daftarkan pakai www di Google Webmaster, maka segera Anda tambahkan properti baru.

tambahkan properti baru di google console

Mungkin juga pengalihan alamat IP situs Anda mungkin tidak terkonfigurasi dengan benar.

Salah satu cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menambahkan 301 redirect dari halaman versi WWW kembali ke non-WWW.

Penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki nama domain. Ini tidak dapat dinegosiasikan jika Anda ingin menentukan peringkat dan bersaing di Google.

Website Tidak Mobile-Friendly

Situs website yang ramah akan seluler merupakan hal yang penting di era sekarang ini. Tidak peduli seberapa hebatnya konten Anda namun jika websitenya tidak mobile-friendly maka hal itu akan sia-sia. Jadi saya harap website Anda sudah mobile-friendly.

Untuk mengecek apakah website Anda sudah mobile-friendly bisa langsung kunjungi di sini, lalu masukkan url situs Anda.

Artikel Sulit Terindeks Google

Kualitas Konten yang Kurang Baik

Apakah artikel Anda merupakan hasil dari copas dari blog orang lain? Jika ya, sudah dipastikan Google akan mengabaikan artikel Anda.

Kualitas konten yang baik sangat penting pada pengindeksan Google. Google lebih suka konten yang unik dan berkualitas. Oleh karenanya pastikan konten murni hasil dari pemikiran Anda.

Anda bisa gunakan tool online, 1text.com untuk mengecek persentase plagiat artikel Anda dan pastikan hasilnya 80% keatas.

Masalah Pengindeksan yang Paling Populer di Google Search Console

Berdasarkan pengalaman saya dalam dunia blogger, ada beberapa permasalahan pengindeksan yang muncul pada laporan Google Search Console.

Untuk melihat laporan pengindeksan dari Google Anda bisa kunjungi situs Anda di Google Webmaster Tool > Pilih website Anda > Indeks > Cakupan.

cek-permalasahan-pada-pengindeksan-google-1

“Dirayapi – saat ini tidak diindeks”

Jika Anda melihat ada status dengan seperti kalimat di atas, artinya Google sudah mengunjungi situs atau konten tapi Google sengaja tidak mengindeksnya.

Nah, biasanya (menurut pengalaman saya) hal ini terjadi karena kualitas konten yang buruk.

“tapi konten saya hasil ketikan sendiri”. Kalau Anda yakin hasil ketikan sendiri katakanlah 0% plagiat. Tapi apakah konten ini perlu diindeks lagi sementara sudah banyak jutaan artikel yang serupa dengan konten Anda?

Itu sebabnya mengapa harus membuat konten yang unik, artikel yang belum ada atau sedikit pesaingan.

Tips:

  • Buatlah konten yang berkualitas 0% Plagiat.
  • Buatlah judul dan deskripsi yang unik di semua artikel agar mudah terindeks oleh Google.
  • Silahkan gunakan tag kanonik untuk menggabungkan konten yang duplikat.

“Ditemukan – saat ini tidak diindeks”

Cara mengatasi Dikecualikan oleh tag noindex

Beda dengan yang dirayapi (di-crawl) saat ini tidak diindeks. Kalau yang ini artinya adalah artikel Google sudah menemukan artikel atau halaman URL namun belum di-indeks Google.

Saat Google Bot merayapi situs Anda dan menemukan halaman baru tapi menunda pengindeksan. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa hal seperti masalah kualitas konten dan perayapan. Mungkin saja karena terlalu banyak antrean permintaan perayapan sehingga memungkin pengindeksan terjadwal (nanti).

Error server (5xx)

Jika Anda melihat ada peringatan Error Server (5xx) itu artinya ada masalah pada situs web Anda. Google tidak menemukan situs web karena masalah server down atau memang situs web sudah tidak aktif lagi.

Jika Anda pernah menghapus website lalu jelang lama kemudian Anda aktifkan kembali, lalu artikel sulit terindeks Google. Maka bisa dipastikan Error Server (5xx).

Silahkan cek apakah ada peringatan

Saya sudah bahas untuk masalah ini silahkan simak Cara Mengatasi Error server (5xx) di Google Console

Dikecualikan oleh tag ‘noindex’

Artikel sulit terindeks Google karena telah mengaktifkan atau memasukkan ke dalam tag noindeks. Google menemukan perintah melarang indeks di dalam file robots.txt.

penguji robot txt

Cara mengatasi Dikecualikan oleh tag noindex adalah dengan menghapus perintah noindex pada halaman tertentu.

Jika Anda menggunakan WordPress dengan plugin Yoast SEO, Anda bisa periksa pada bagian berikut:

  • Masuk ke dashboard WordPress
  • Pilih Yoast > Tampilan Pencarian
tampilan pencarian fitur dari Yoast Seo
tampilan pencarian fitur dari Yoast Seo
  • Klik Jenis Konten. Pastikan Pengaturan pos tunggal dalam keadaan aktif.
cara mengatasi artikel yang sulit terindeks

Apabila Anda menggunakan plugin Rank Math, Anda bisa langsung ke:

  • Dashboard WordPress
  • Pilih Rank Math > Judul & Meta
pengaturan rank math
cara supaya artikel terindeks google
  • Pada meta Global, pastikan Anda memilh Indeks
cara supaya artikel terindeks google
Artikel Sulit Terindeks Google

Bagikan:

Tinggalkan komentar