[Panduan] 10 Cara Backlink di LinkedIn untuk SEO

Share dulu, dong!

Apakah Anda ingin tahu cara backlink di LinkedIn untuk SEO website bisnis Anda? Pada kesempatan kali ini saya akan berikan tipsnya serta beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Membangun backlink LinkedIn merupakan salah satu strategi marketing powerfull yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas konten Anda, membangun backlink yang berkualitas ke situs web atau blog Anda, dan menciptakan lebih banyak kesadaran untuk brand situs Anda secara online.

Seperti yang sudah kita pahami, backlink merupakan salah satu faktor peringkat untuk pencarian Google, Yahoo, dan Bing, dan panduan ini akan menunjukkan cara menggunakan LinkedIn untuk membangun lebih banyak backlink berkualitas tinggi baik di dalam maupun di luar platform untuk meningkatkan otoritas domain dan halaman situs web Anda. Metrik otoritas untuk pengoptimalan mesin telusur yang lebih baik.

Backlink di LinkedIn adalah link ke situs web Anda dari platform LinkedIn. Link ini dapat berupa tautan langsung dari pos pengguna, sebagai tautan kontekstual di artikel LinkedIn, atau backlink URL di bagian komentar.

Baik secara langsung maupun tidak langsung, LinkedIn dapat membantu situs Anda untuk mendapatkan lebih banyak backlink sehingga bisa meningkatkan visibilitas situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Catatan: Setelah selesai membaca panduan ini, Anda juga dapat melihat pos lain ini untuk meningkatkan SEO website Anda. Silahkan baca: 40 Tempat Backlink Gratis (Dofollow dan NoFollow).

1. Buat Akun Linkedln

Langkah pertama dalam membangun backlink LinkedIn adalah membuat akun pribadi.

Ini akan memberi Anda akses ke semua fitur LinkedIn dan memungkinkan Anda terhubung dengan akun-akun profesional lainnya Anda untuk membangun lebih banyak backlink organik ke situs web Anda.

Buka LinkedIn.com untuk mengatur akun Anda secara gratis. Setelah Anda mengisi semua informasi yang diperlukan, Anda dapat membuat backlink di LinkedIn untuk SEO website

2. Halaman Bisnis LinkedIn

buat halaman perusahaan

Jika Anda serius menggunakan LinkedIn untuk membangun backlink, Anda juga harus memulai halaman bisnis untuk situs web Anda. Ini akan memberi Anda lebih banyak peluang untuk menghasilkan backlink dari platform dan memungkinkan Anda mempromosikan bisnis Anda di LinkedIn untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan secara organik.

3. Input URL Website Di Akun LinkedIn Anda sebagai Info Kontak

setting informasi kontak di linkedln

Tempat pertama Anda dapat meletakkan Backlink di LinkedIn adalah di akun pribadi Anda di bawah bagian Info Kontak.

Untuk melakukan ini, Silahkan arahkan ke menu profil Anda dan klik tombol “Edit Profil”. Kemudian, gulir ke bawah ke bagian bawah halaman pop up dan klik tautan “Edit Info Kontak”. Selanjutnya, masukkan URL situs web Anda di bidang “Situs web”. Anda juga dapat memilih jenis situs web tertentu dengan mengeklik menu dropdown di sebelah bidang situs web, termasuk “pribadi”, “perusahaan”, “blog”, “umpan RSS”, “portofolio”, atau “lainnya”. Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, klik tombol “Simpan” untuk tautan balik yang akan dipublikasikan di profil LinkedIn Anda.

Backlink di Linkedin

Jika Anda menyiapkan halaman bisnis LinkedIn seperti yang direkomendasikan pada langkah 2, maka berikutnya Anda dapat dengan mudah menambahkan backlink di LinkedIn yang ada di bagian detail bisnis.

Untuk menggunakan strategi ini, silahkan navigasikan ke halaman bisnis Anda dan klik tombol “Edit Halaman”. Selanjutnya, masukkan alamat situs web Anda di bidang “URL Situs Web” dan kemudian klik tombol “Simpan” agar backlink Anda muncul di halaman bisnis Anda.

5. Letakkan Tautan Di Postingan Anda

Saat Anda membuat posting di LinkedIn, Anda memiliki kesempatan untuk menyertakan tautan ke situs web atau blog Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk konten Anda dan meningkatkan jumlah backlink yang mengarah ke halaman paling penting di situs Anda.

Untuk menyertakan backlink di postingan Anda, cukup ketikkan URL ke dalam kolom teks dan LinkedIn akan secara otomatis menarik informasi metadata dan gambar unggulan ke dalam postingan.

Anda harus membiasakan diri untuk membagikan tautan harian ke situs web Anda sehingga Anda dapat meningkatkan jumlah tampilan untuk posting LinkedIn tersebut. Juga, pastikan untuk 3-5 tagar yang relevan dengan deskripsi posting sehingga tautan Anda akan muncul di mesin pencari LinkedIn untuk pengguna lain yang mengikuti topik industri tersebut.

Artikel LinkedIn adalah cara ampuh untuk membagikan konten berdurasi panjang dengan audiens target Anda dan meningkatkan kualitas merek Anda dengan orang-orang yang belum menjadi anggota jaringan.

Apa yang membuat artikel LinkedIn sangat bermanfaat untuk pemasaran digital, SEO, dan pembuatan link adalah konten ini akan terlihat di umpan orang-orang yang terhubung dengan Anda di LinkedIn dan melalui mesin pencari seperti Google karena artikel ini dapat diindeks dan diberi peringkat di SERP untuk kata kunci target.

Strategi yang bagus di sini adalah menulis artikel LinkedIn asli berdasarkan topik yang relevan dengan halaman web di situs Anda dan mengoptimalkannya untuk SEO di halaman. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan peluang peringkat artikel di posisi 10 teratas di Google, Yahoo, dan Bing serta mendapatkan backlink organik dari pengguna LinkedIn lain yang ingin mengutip konten Anda di situs web mereka.

Untuk panjang artikel Anda, Anda dapat menulis hingga 125.000 karakter (atau 20.000 kata) yang memberi Anda banyak kesempatan untuk memamerkan keahlian dan pengetahuan Anda tentang topik tersebut dan menyertakan beberapa backlink yang relevan ke situs web Anda. Menggunakan backlink kontekstual juga penting di sini untuk membantu mengirim sinyal penting ke algoritma mesin telusur tentang kata kunci apa yang harus diberi peringkat untuk halaman target.

7. Posting Blog Repurpose di LinkedIn

Jika Anda memiliki blog, Anda dapat dengan mudah menggunakan kembali konten Anda di LinkedIn untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan meningkatkan jumlah backlink ke situs web Anda.

Strategi serupa disebutkan untuk platform Medium, yang dapat dibaca di panduan lain ini tentang cara membuat backlink Medium untuk SEO. Bacalah jika Anda tertarik menggunakan Medium sebagai saluran lain untuk pengoptimalan mesin telusur di luar halaman.

Pada dasarnya, yang Anda lakukan adalah menggunakan kembali bagian dari artikel atau posting blog yang ada dari situs web Anda di LinkedIn; bukan seluruh isi. Kemudian tambahkan ajakan bertindak (CTA) di bagian akhir dengan backlink kontekstual atau teks jangkar tidak bermerek (mis., “pelajari lebih lanjut”) agar orang dapat membaca artikel lengkap di situs web Anda.

Strategi konten ini bermanfaat karena dua alasan:

  • Anda dapat membuat beberapa posting dan artikel LinkedIn dari satu posting blog dan menautkan semuanya kembali ke situs web Anda.
  • Ini meningkatkan keterpaparan konten Anda ke audiens baru di LinkedIn dan dapat menghasilkan link yang berkualitas tinggi dari pembaca yang mengunjungi situs Anda dan ingin menautkan ke artikel lengkap dari situs web atau blog mereka sendiri.

Sebagai contoh singkat, panduan yang sedang Anda baca saat ini tentang cara membuat backlink LinkedIn untuk SEO memiliki 10 langkah (atau tip), yang dapat dengan mudah diubah menjadi 10 artikel atau postingan LinkedIn pendek dengan backlink ke URL yang sama.

Jika Anda akan menjadikan ini bagian dari strategi membangun link media sosial dan SEO Anda, maka cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan membuat artikel LinkedIn untuk konten Anda yang digunakan ulang. Itu karena artikel LinkedIn (bukan posting) dapat diindeks di mesin pencari Google dan diberi peringkat untuk kata kunci target. Jadi pastikan Anda mengoptimalkan setiap artikel untuk SEO on-page untuk memberikan peluang terbaik untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP.

8. Identifikasi Mitra Tautan Potensial di LinkedIn

LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk menemukan mitra link yang potensial untuk berkolaborasi dengan tujuan digital marketing. Dengan terhubung dengan blogger lain, Anda dapat menciptakan hubungan di industri Anda yang dapat menghasilkan kolaborasi konten yang efektif.

Untuk mengidentifikasi mitra tautan potensial di LinkedIn, cukup cari orang dengan bisnis atau yang memiliki jabatan pekerjaan yang terkait dengan target pasar Anda. Saat Anda menemukan seseorang yang terlihat seperti calon mitra yang baik, kirimkan permintaan koneksi dengan pesan pribadi untuk membuka jalur komunikasi.

Saat Anda membalas posting orang lain di LinkedIn, Anda memiliki kesempatan untuk memasukkan link baru ke situs web atau blog Anda. Ini adalah cara cepat untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk konten Anda dan meningkatkan jumlah backlink yang Anda miliki dari LinkedIn.

Namun, Anda harus menggunakan strategi ini dengan hati-hati agar komentar Anda tidak terlihat seperti spam. Hanya poskan link situs web di bagian komentar jika konten Anda relevan dengan pos pengguna. Juga, sertakan tanggapan mendetail, pendapat, atau komentar bijaksana sehingga Anda menambahkan nilai pada pos tersebut.

Ingat: LinkedIn juga digunakan untuk kesadaran merek dan Anda dapat dengan mudah merusak reputasi merek Anda jika Anda hanya memberikan link pada kiriman orang tanpa menambahkan nilai pada percakapan.

Untuk menyertakan link dalam balasan Anda di komentar LinkedIn, cukup ketikkan URL ke dalam bidang teks dan secara otomatis akan ditambahkan sebagai backlink di platform.

10. Bangun Tautan Balik ke Artikel LinkedIn Anda

Cara membangun backlink di LinkedIn yang terakhir adalah meningkatkan ekuitas link dari backlink Anda yang berasal dari platform.

Seperti jenis konten lainnya, Anda dapat meningkatkan otoritas halaman artikel LinkedIn Anda dengan membuat backlink dari situs web lain ke artikel tersebut. Ini akan membantu meningkatkan nilai PageRank yang dapat ditransfer ke situs web Anda untuk SEO guna membantu peringkat konten Anda lebih tinggi di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

FAQ

Apakah LinkedIn adalah Backlink yang Bagus?

LinkedIn adalah backlink yang bagus karena memberikan lalu lintas berkualitas ke situs web Anda dan dapat melewati nilai PageRank untuk SEO. Backlink di LinkedIn juga bagus untuk meningkatkan visibilitas konten Anda untuk menghasilkan tautan organik dari pemilik situs web lain dan profesional industri.

Apakah Tautan LinkedIn Dihitung sebagai Tautan Balik?

Tautan LinkedIn dihitung sebagai backlink dan tautan yang diindeks akan muncul di profil backlink ke situs web Anda. Saat Anda menulis artikel LinkedIn yang menyertakan link, tautan LinkedIn tersebut dirayapi oleh mesin pencari untuk pengindeksan dan pemeringkatan.

Apakah LinkedIn Backlink Dofollow?

Backlink di LinkedIn bukan dofollow dan mengandung tag rel = “nofollow” tetapi link internal di situs adalah dofollow. Jika Anda membagikan artikel LinkedIn sebagai postingan atau menambahkan tautan ke postingan di dalam artikel, maka backlink internal tersebut adalah tautan dofollow yang memberikan ekuitas tautan untuk SEO.

Pada tanggal 6 Juni 2014, LinkedIn menerapkan perubahan di seluruh situs yang mengubah semua tautan di platform dari dofollow menjadi nofollow kecuali tautan internal ke halaman LinkedIn lainnya. Semua tautan internal LinkedIn masih dofollow untuk membantu meningkatkan nilai SEO PageRank internal untuk situs web.

Meskipun backlink di LinkedIn adalah nofollow, mereka masih berada di situs web dengan otoritas domain tinggi dan Google telah secara terbuka menyatakan bahwa sekarang menganggap tag nofollow sebagai “petunjuk” dan bukan “arahan” yang tautannya akan diindeks di mesin pencarinya. Oleh karena itu, algoritme dapat meneruskan ekuitas tautan melalui backlink LinkedIn untuk meningkatkan skor PageRank situs web Anda untuk SEO.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

One comment

  1. makasih ilmu nya kak, saya coba dulu, semoga menambah back link saya dari LinkedIn

Comments are closed.