Cara Backup Chat WhatsApp & Memulihkannya ke Hp Baru

0
(0)

Backup Chat WhatsApp merupakan hal yang sangat penting. Apalagi kalau Anda adalah seorang bisnis yang tak lepas dari aplikasi Android. Semua obrolan penting ada di dalam aplikasi Chat. Oleh sebab itu saya ingin bagikan 2 cara backup chat WhatsApp dan memulihkan chat WA ke hp baru.

2 Cara Backup Chat WhatsApp & Memulihkan ke Hp Baru

Agar bisa backup dan memindahkan semua chat anda ke smartphone yang baru, tentunya kita harus backup semua chat kita. Sesuai dengan tulisan saya di atas, saya akan bagikan 2 cara backup chat WhatsApp serta restore chat WhatsApp dari hp lama ke hp baru

Artikel: WhatsApp Tidak Bisa or Bermasalah? Begini Caranya

Yang pertama dengan cara backup dan restore chat WA dengan menggunakan layanan pihak ke tiga, yaitu Google Drive dan yang kedua, dengan cara manual.

cara backup chat whatsapp

Cara Cadangkan Chat WA dengan Google Drive (Otomatis)

WhatsApp versi sekarang sudah memiliki fitur Backup. Jadi lebih gampang dan praktis. Anda tinggal menghubungkan ke akun google anda. Ikuti cara di bawah ini :

  • Buka Opsi, pilih Setelan dan pilih Chat
  • Pada bagian bawah ketuk Cadangkan chat

cara backup chat WA dan restore ke hp baru
  • Pada Cadangan Terakhir (bagian atas) itu memberitahukan kepada kita tentang backup chat terakhir.
  • Bagian ini kita bisa melihat Ukuran file backup, tersimpan di Google Drive dan waktu terakhir di cadangkan.

Pada bagian mendacangkan chat melalui Google Drive, Anda bisa mencadangkan atau backup seluruh chat anda secara manual atau otomatis. Untuk secara manual, anda tinggal tab tombol Backup/Cadangkan. Tunggu hinga proses selesai.

cara backup chat wa ke telgeram
Cara Backup Chat WhatsApp ke hp baru

Untuk mengubah menjadi otomatis (disimpan ke akun google drive), anda tinggal menentukan jangka waktu untuk backup secara otomatis.

Restore Chat WhatsApp yang Tersimpan di Google Drive

Ketika anda sudah memastikan data chat WA sudah terbackup dengan baik dan tersimpan di Google Drive, sekarang Anda bisa langsung instal WA dan login ke HP baru dengan menggunakan nomor yang sama.

dan pada saat anda instal WhatsApp di ponsel yang baru (setelah meminta kode verifikasi), secara otomatis, sistem akan mendeteksi data backup chat WA anda (Usahakan anda sudah login akun Google di HP baru).

Pilih akun Google anda yang tersimpan backup-an chat lama pada ponsel lama.

Backup Chat WhatsApp dengan Cara Manual

Kalau tadi kita backup chat melalui Google Drive, sekarang kita backup dengan cara manual:

  • Buka File Manager anda, Pilih folder WhatsApp > Database.
  • Cari file backup sesuai tanggal update backup. Misalnya punya saya “msgstore-2019-02-18.1.db.crypt12
  • Silahkan copy semua dan pindahkan ke tempat penyimpanan seperti Memori Eksternal (micro SD Card) atau ke PC
  • Jika tidak ada PC, Bisa upload file tersebut ke Google Drive. Caranya ketuk dan tahan file database backup anda > Bagikan > Aplikasi Goolge Drive. Pastikan apliksi Google Drive sudah terinstal di ponsel lama dan baru.

Memulihkan Chat WA Secara Manual

  • Kemudian di hp baru, Anda tinggal download data backup tersebut dan simpan ke dalam folder WhatsApp > Database (Silahkan pastekan ke dalam folder database)
  • Kalau pakai Micro SD, Anda tinggal Copot kartu memori eksternalnya dan masukkan ke ponsel baru anda.
  • Copy/Cut data backup tadi ke memori hp yang baru, buka file manager pilih WhatsApp > Database. Silahkan paste-kan ke folder database. Jika tidak ada foldernya, anda bisa membuat folder baru dengan nama Database.
    • Kemudian periksa chat WhatsApp-nya, apakah chat lama sudah muncul di WA hp baru?

(Saya tidak rekomendasikan dengan cara Manual, karna beberapa perangkat hp tidak mendukung atau kemungkinan sudah tidak berlaku lagi di aplikasi WhatsApp versi sekarang. Saya rekomendasikan Backup chat WA melalui Google Drive yang ada di pengaturan aplikasi WA.

Itulah Cara Backup Chat WhatsApps ke Google Drive dan juga cara restore (impor) chat yang tersimpan di Google Drive. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..!!!!!

Jika masih bingung, silahkan tuliskan komentar di bawah ini…..!!!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi nilai

Total Rating: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Sejauh ini belum ada, yuk kita beri vote artikel ini!

Bagikan:

Menulis artikel di blog merupakan bagian dari hobi semenjak tahun 2016. Lulusan SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

3 thoughts on “Cara Backup Chat WhatsApp & Memulihkannya ke Hp Baru”

Leave a Comment