Cara Cadangkan Chat WhatsApp ke Google Drive + Restore

Cara Cadangkan Chat WhatsApp ke Google Drive + Restore. Semakin lama chat WA kita akan semakin bertumpuk. Mulai dari chat dari keluarga, teman, rekan bisnis, group alumni dsb. Riwayat chat wa tidak akan hilang terkecuali kita yang hapus pesan tersebut. Namun Semua akan hilang apabila kamu instal ulang aplikasi WhatsApp baik di perangkat lama maupun baru.

Cara Cadangkan Chat WhatsApp ke Google Drive + Restore

Nah, agar semua chat tidak hilang saat kita instal ulang atau ganti perangkat baru, terlebih dahulu backup semua chat yang ada. Baik itu chat berupa teks maupun media, kita bisa mencadangkan dan disimpan ke dalam tempat penyimpanan Google Drive.

Musti Baca: Trik Verifikasi dua Langkah WA dan Cara Menonaktifkan

Backup adalah fitur yang berfungsi untuk mencadangkan file-file tertentu guna mengembalikan kembali jika diperlukan. Mencadangkan chat adalah hal yang sangat penting sekali walaupun masih banyak pengguna yang masih mengabaikan fitur ini.

Pada artikel kali ini aku akan share tutorial mencadangkan semua riwayat chat WhatsApp dengan mudah dan tersimpan ke dalam Google Drive

Trik Backup Riwayat Chat WA

  • Buka Opsi, pilih Setelan dan pilih Chat
  • Pada bagian bawah ketuk Cadangkan chat

Cadangan Terakhir

cadangkan Chat WhatsApp

Pada Cadangan Terakhir (bagian atas) itu memberitahukan kepada kita tentang backup chat terakhir. Pada bagian ini kita bisa melihat Ukuran file backup, tersimpan di Google Drive dan waktu terakhir di cadangkan.

Cadangkan ke Google Drive

Untuk bagian bawah adalah Setelan dari Google Drive. Pada bagian ini kita bisa atur backup chat WhatsApp secara otomatis. Kita bisa tentukan skala waktunya, mau itu harian, mingguan, bulanan dan tidak pernah sama sekali.

Musti Baca: Trik Mengubah Tampilan Telegram Seperti WhatsApp

Jika kita pilih harian, maka secara otomatis Aplikasi WA akan membuat backup atau cadangan chat secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam akun Google Drive kita. Begitu juga dengan mingguan dan bulanan.

Akun Google

cadangkan Chat WhatsApp

Lalu bawahnya lagi Akun Google. Jelas ini kita bisa memilih akun google Drive mana yang ingin kita siapkan untuk menyimpan file backup WhatsApp.

Cadangkan Melalui – cadangkan Chat WhatsApp

cadangkan Chat WhatsApp

Bagian ini kita bisa atur apakah proses pencadangan melalui jaringan wi-fi atau Seluler dan Wi-fi? Pilih salah satu dan jika kamu menggunakan wi-fi di rumah, sebaiknya ubah menjadi Wi-fi.

Sertakan Video

Jika backup riwayat chat WhatsApp kamu ingin sertakan video atau media, kami bisa mengaktifkannya. Namun jika disertakan video, ini akan membutuhkan waktu yang lama ketika proses backup. Tapi Ini sifatnya opsional, bebas sesuai kebutuhan kamu.

Dari penjelasan tadi saya harap kawan-kawan sudah paham, ya. Nah, sekarang kamu ketuk tombol Cadangkan yang berwarna hijau. Tunggu hingga proses selesai.

Cara Restore atau Mengembalikan Riwayat Chat pada Backup Sebelumnya

Sekarang admin akan menjelaskan cara menggunakan file backup yang tadi kita cadangkan sebelumnya.

Jadi ceritanya saya instal baru aplikasi WA, dan saya login menggunakan nomor yang sudah saya backup.

Setelah kita verifikasi nomor kita, selanjutnya WhatsApp mendeteksi dan menampilkan file backup yang tersimpan di Google Drive. (Oh ya,.. Jangan lupa akun Google sudah terlogin di perangkat ya. Kalau kamu lupa Email Google tapi ingat kata sandi kamu bisa baca artikel Lupa Email tapi Ingat Kata Sandi Google atau Gmail? Begini Caranya) Tekan tombol PULIHKAN untuk memulai restore chat yang tersimpan di akun Google.

Tunggu proses pumulihan selesai. “Pesan dan media yang kita cadangkan di Google Drive tidak dilindungi oleh enskripsi end-to-end WhatsApp.”

Itulah Cara Cadangkan Chat WhatsApp ke Google Drive dan juga cara Mengembalikan chat yang tersimpan di Google Drive. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..!!!!!

Tinggalkan komentar