Cara Bikin Huruf Tebal di Telegram

Pernahkah Sobat bertanya-tanya soal apakah kita bisa memformat teks obrolan di Telegram? Tentu saja kita bisa! Dalam panduan ini, Androkit akan menjelaskan cara membuat huruf tebal di Telegram (Bold). Tidak hanya itu, kita juga bisa membuat huruf miring dan huruf garis coretan (Strikethrough text).

Aku punya dua cara untuk mengubah format teks chat di Telegram. Pertama dengan menggunakan Context Menu dan kedua tanpa Format Teks (manual).

Aku juga sudah membuat tutorial 2 Cara Membuat Tulisan WhatsApp jadi Huruf Tebal, Miring dan Bergaris

Huruf Tebal di Telegram

2 Cara Bikin Huruf Tebal di Telegram

Telegram masih merupakan alternatif aplikasi pesan singkat yang sangat populer setelah WhatsApp. Dalam hal fungsionalitas, Telegram memiliki setidaknya sebanyak yang ditawarkan pesaing lainnya. (Keunggulan Utama Aplikasi Telegram VS Fitur WhatsApp)

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Sobat juga bisa membuat format teks (huruf tebal dan garis miring di Telegram).

Jadi, jika kita ingin menekankan suatu kata atau kalimat tertentu dalam huruf tebal, menulis dengan huruf miring, atau bahkan mencoret beberapa di antaranya, semua itu bisa kita lakukan. Inilah cara Sobat melakukannya!

Telegram untuk iOS dan Android: Cara memformat Teks Obrolan

Banyak jalan menuju Roma dan ini juga berlaku untuk pemformatan teks di Telegram. Cara termudah adalah melalui context menu. Screenshot di bawah ini Aku ambil menggunakan versi Android, tetapi cara kerjanya hampir sama untuk iOS.

Cara 1: Membuat Teks Huruf Tebal, Huruf Miring melalui Menu konteks (context menu) di Telegram

  • Tahan teks sedikit lebih lama dari biasanya dan pilih bagian/segmen yang diinginkan.
  • Di bilah yang muncul, Telegram menawarkan opsi pemformatan yang berbeda selain Potong dan Salin.
  • Untuk semua opsi, luncurkan menu konteks (ikon tiga titik di kanan atau kanan atas di Android).
  • Pilih dari opsi Bold, Italic, Mono, Strikeout, Underline, Create Link, dan Normal.
  • Kirim pesan.
secara manual di telegram

Cara 2: Membuat Huruf Tebal di Telegram secara Manual

Yang kedua, cara buat huruf tebal di Telegram adalah secara Manual. Jadi kita nanti langsung mengganti format teks dengan cara mengapitkan teks pesan kita saat sebelum mengirim.

Untuk cara ini sepertinya masih banyak pengguna Telegram yang canggung dan kurang populer. Dalam hal ini, Sobat cukup mengapit area teks yang diinginkan menggunakan karakter khusus tertentu untuk membuat huruf tebal, monospace, atau italic. Begini Cara kerjanya:

Format Teks Huruf Tebal (Bold)

Jika Sobat ingin menekankan beberapa teks menjadi tebal, letakkan dua tanda bintang sebelum dan sesudah teks. Contohnya seperti ini:

**halo apa kabar?**

Huruf Miring (Italic)

Jika Sobat ingin menulis dengan menggunakan huruf miring, Kamu dapat melakukannya dengan menempatkan dua garis bawah sebelum dan sesudah area teks yang diinginkan:

__Halo apa kabar__

cara ganti huruf miring di telegram

Strikethrough Text (Mencoret Kata)

Jika Sobat ingin mencoret kata dalam teks, Sobat dapat melakukannya dengan tidle key.

Tambahkan tidle key dua kali sebelum dan sesudah teks.

~~Halo apa kabar~~

cara buat garis tengah di tulisan telegram

Monoscape

Sepertinya monoscape ini seperti jenis font klasik yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Untuk mengubah teks menjadi monoscape, kita tinggal mengapitkan tanda grave (`) pada keyboard.

Seperti yang mungkin sudah kita perhatikan sekarang, ada sedikit opsi dari metode manual (cara ke 2) dibandingkan dengan menu konteks (cara pertama).

Jadi, membuat tautan dan teks yang digaris bawahi hanya berfungsi melalui menu seperti yang dijelaskan pada cara pertama. Jika Sobat juga menggunakan Telegram versi desktop, pintasan biasa seperti Ctrl + B untuk menyorot teks bertanda tebal (bold), atau CTRL + I untuk huruf miring juga bisa berfungsi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar