Gratis! Panduan Iklan di TikTok Ads untuk Pemula sampai Mahir

Bagikan:

Postingan kali ini saya akan memberi tips dan panduan iklan di TikTok Ads. Bagi Anda yang belum memahaminya, silahkan simak artikel ini!

Di tahun ini, sudah ada lebh dari 1 miliar pengguna TikTok yang aktif. Fenomena ini telah sangat menarik perhatian dalam dunia bisnis.

Mulai sejak tahun 2016, platform berbagi video singkat ini telah mengambil ahli dunia digital dan telah berkembang dengan pesat lebih dari 150 pasar.

Dengan begitu, apakah bisnis kita layak untuk melakukan iklan di media sosial TikTok ini?

Panduan ikan TikTok untuk pemula ini akan sangat membantu karena dalam artikel ini Anda dapat pelajaran yang berharga. Kita akan belajar bagaimana cara kerja platform periklanan TikTok, cara mengelola bisnis di TikTok dan cara membuat kampanye baru.

Tidak hanya itu saja, kita akan menyajikan satu dari beberapa praktik terbaik beserta tips.

cara Iklan di TikTok Ads terbaru

Apakah Kita Perlu Beriklan di TikTok?

Sebelum lebih lanjut, coba pertimbangkan dan tanyakan pada diri Anda – Apakah merek saya sangat cocok beriklan di TikTok?

Apakah Pengunjung Target Saya Ada Di TikTok?

Perlu Anda ketahui, kebayakan audiens di platform berbagi video singkat ini usianya sangat muda, berbeda dengan pengguna dari Facebook dan Youtube.

Faktanya, menurut berbagai sumber; mayoritas TikTok users berusia di bawah 30 tahun.

Jadi, bila produk atau layanan bisnis Anda layak untuk dipromosikan ke anak-anak milenial, Mungkin TikTok merupakan peluang terbesar untuk bisnis yang Anda jalankan saat ini.

Langkah 1: Daftar Akun Manajer Bisnis TikTok

Bila Anda belum mempunyai akun TikTok Bisnis, Silahkan daftar terlebih dahulu dan klik DI SINI. Apabila sudah, tinggal login di tempat terpisah.

Anda hanya perlu memberikan beberapa informasi dasar mengenai diri Anda dan juga bisnis ketika sedang mendaftar. Setelah itu konfirmasi informasi Anda.

Pada langkah pertama ini, kita menemukan form pendaftaran berupa informasi Alamat email, kata sandi dan kode verifikasi.

buat akun iklan - Cara iklan di TikTok Ads
Buat iklan di tiktok

Langkah Kedua: Jelaskan Tentang Bisnis Anda

Bagian ini Anda harus menjelaskan tentang bisnis secara detail serta menautkan link bisnis Anda. Kemudian masukkan juga informasi penagihan

Jelaskan Tentang Bisnis Anda

Pada bagian bawah, terdapat dua pilihan metode pembayaran: Otomatis dan Manual. Silahkan pilih salah satu!

Otomatis dan Manual

Langkah Ketiga: Mode Ads Manager TikTok Ads

Pilihlah salah satu dari dua mode ads manager (Mode sederhana dan custom) yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mode Ads Manager TikTok Ads

Perbedaan Mode Sederhana dan Mode Kustom terdapat pada cara kita setting iklan kita. Kalau di Mode sederhana itu jauh lebih simple dan mudah. Namun jika ingin mengontrol secara detail, maka pilihannya adalah Mode Kustom.

Mode sederhana tampilannya minimalis dan cocok untuk pemula. Namun sebelumnya sudah pernah melakukan di platform lain seperti di FB atau Instagram, maka Anda bisa menggunakan mode kustom.

Contoh dan Cara Buat Iklan di TikTok Ads dengan Mode Sederhana

Di bawah ini adalah contoh gambar tampilan setting iklan TikTok Ads di mode Sederhana.

Contoh dan Cara Buat Iklan di TikTok Ads dengan Mode Sederhana

Di bagian mode sederhana, terdapat empat langkah mudah membuat iklan di TikTok Ads.

  • Langkah pertama: Tentukan tujuan Anda. Apakah beriklan di TikTok Ads untuk mendapatkan kunjungan ke situs website bisnis Anda? atau menghasilkan prospek pelanggan. Untuk saat ini terdapat tiga pilihan.
  • Langkah kedua: Tentukan Audiens. Ada dua opsi; Audiens Khusus atau rekomendasi oleh TikTok (otomatis). Saya lebih menyarankan pilih yang pertama (manual). Karena kita bisa atur audiens seperti apa yang ingin kita mau seperti jenis kelamin, wilayah, minat, bahasa dan lain-lain.
  • Langkah Ketiga: Menentukan Anggaran TikTok Ads. Kelebihan TikTok Ads dibandingkan dengan platform Ads yang serupa adalah minimal anggaran hariannya adalah Rp50.000. Pada halaman ini Anda bisa mengatur anggaran sesuai kebutuhan. Lalu tentukan tanggal untuk kampanye iklan Anda.
  • Langkah Keempat: Buat Iklan. Langkah terakhir membuat iklan di TikTok Ads via mode sederhana. Silahkan masukkan video pendek yang sudah Anda siapkan. Ada dua cara yang disediakan oleh TikTok; Anda bisa login melalui akun TikTok Anda atau jika tidak punya, Anda bisa posting melalui akun TikTok Ads Manager

Contoh dan Cara Buat Iklan di TikTok Ads dengan Mode Kustom

Jika Anda ingin ubah dari mode sederhana ke mode kustom atau sebaliknya di TikTok Ads Manager, Anda tinggal klik seperti gambar di bawah ini:

  • Langkah Pertama: Buatlah kampanye baru,
  • Pilih Kesadaran, jika Anda ingin mendorong sebanyak mungkin jangkauan ke merek bisnis Anda yang sesuai dengan maksimum orang.
  • Pada bagian Pertimbangan, Anda bisa pilih salah satu seperti apa iklan Anda muncul nantinya. Apakah iklan itu nantinya mengarah ke penginstalan Aplikasi atau penayangan video?
  • Jika tujuan beriklan di TikTok Ads adalah meningkatkan penjualan, Maka pilih yang Konversi.
  • Beri nama kampanye dan pada opsi anggaran bisa Anda pilih yaitu anggaran harian atau anggaran seumur hidup.
  • Tahap selanjutnya, buatlah group iklan Anda dan pililah penempatan iklan.
  • Anda dapat memilih menjalankan iklan di beberapa properti termasuk rangkaian Aplikasi.
  • Lalu pada bagian Jenis Promosi, Silahkan pilih salah satu. Jika platform bisnis Anda dari situs internet, maka Anda akan bisa memilih jenis promosi Situs Web.
  • Pada bagian penempatan, pilih saja Penempatan Otomatis.
  • Lalu, pada mode penargetan terdapat dua opsi; Penargetan khusus dan otomatis. Penargetan khusus berarti kita atur kriteria audiens secara manual, mulai dari Demografis, Audiens, Minat, perangkat dan perluasan penargetan dan sbegitu juga sebaliknya pada penargetan otomatis.
  • Selanjutnya kita atur Anggaran & Jadwal. Untuk bagian mode kustom, anggaran minimalnya adalah Rp200.000.
  • Anda bisa atur anggaran beserta jadwal yang ingin Anda iklankan apakah setiap hari atau di hari-hari tertentu saja.
  • Penawaran & Pengoptimalkan: Ini adalah fitur penawaran Anda kepada TikTok. Tersedia dua jenis penawaran yaitu Klik dan Konversi. Jika Anda ingin iklan di TikTok Ads mendapatkan konversi dari pelanggan, Anda bisa pilih yang konversi. Lalu tentukan strategi penawaran. Apakah Bid Standart atau yang Biaya terendah.

Itulah cara atau panduan TikTok Ads. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar