10 Cara Dapat Uang Lewat Canva

Share dulu, dong!

Cara dapat uang lewat Canva – Keliatannya seluruh dunia sudah menggunakan Canva, namun hanya sedikit yang menyadari bahwa ada potensi penuh platform ini dalam menghasilkan uang.

Faktanya adalah Canva menawarkan banyak peluang yang bisa menghasilkan uang dalam produk, layanan, dan konten.

Cara favorit saya untuk menghasilkan uang dengan Canva adalah dengan membuat produk satu kali saja, dan bisa mendapatkan pasif-income ke rekening bank berulang kali.

Tentunya hal ini memerlukan upaya, kerja keras dan konsisten untuk menyiapkannya. Tapi Anda dapat menuai hasilnya ketika orang-orang mulai menggunakan, download, dan membeli produk Anda.

Auto Cuan! Cara Dapat Uang Lewat Canva

Berikut ini adalah cara terbaik menghasilkan uang menggunakan Canva:

Cara dapat uang lewat Canva

#1. Cetak Sesuai Permintaan (Print on Demand)

Print on Demand adalah pekerjaan sampingan yang menurut kami sangat populer yang dapat menghasilkan uang setiap bulannya.

Cara kerjanya adalah Anda membuat desain untuk:

  • Kaos
  • Mug
  • Seni dinding
  • Tas gendong
  • dan banyak produk lainnya

Anda tidak mahir design? tenang! Canva memiliki ribuan template dan grafik yang dapat Anda kerjakan ulang atau desain ulang untuk menjadikannya lebih unik.

Langkah selanjutnya adalah memposting desain tersebut di situs seperti:

  • Media Sosial (TikTok, Youtube, Instagram, Facebook, dsb)
  • Marketplace (Shopee, Tokopedia, dsb)
  • Etsy (melalui penyedia layanan print-on-demand seperti Printify)
desain kaos di canva
menghasilkan uang menggunakan canva

Anda akan menetapkan harga Anda sendiri untuk setiap produk, dan mendapatkan royalti setiap kali produk tersebut terjual. Bagian kerennya adalah Anda tidak perlu menyentuh inventaris apa pun — platform ini menangani semua produksi, pengemasan, pengiriman, dan proses pembuatan.

Jika Anda sudah memiliki situs web atau toko e-commerce, Anda juga dapat menjual produk print on demand secara langsung.

Saran saya? Mulailah dengan satu niche/topik — seperti Gift dan lain-lain.

#2. Buku Berkonten Rendah (Low Content Book)

Cara menghasilkan uang menggunakan Canva selanjutnya adalah Low Content Book atau buku berkonten rendah, seperti:

  • Buku catatan
  • Buku teka-teki
  • Buku sketsa
  • Buku catatan komposisi musik
  • Buku mewarnai (untuk anak-anak dan orang dewasa)
  • Planner
  • Jurnal
  • hal lain yang halamannya harus diisi oleh pembeli (bukan oleh Anda)

Percaya atau tidak, Anda bisa menjual buku-buku berkonten rendah ini langsung di Amazon dan marketplace lainnya. Anda hanya perlu mendesain dan upload produk Anda untuk mendapatkan $1-4 per salinan dengan autopilot.

menghasilkan uang dengan membuat low content book di canva
Cara dapat uang lewat canva yaitu membuat low content book.

#3. Buat Banner Iklan

Membuat Template Iklan: Anda bisa membuat template iklan yang unik dan menarik di Canva, lalu menjualnya di pasar online atau platform seperti Etsy atau Envato. Ini akan memberi Anda pasif-income karena orang lain dapat membeli dan menggunakan template Anda.

buat design produk menggunakan canva

#4. Video Marketing

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa Canva memiliki editor video yang intuitif dan mudah digunakan. Itu berarti Anda tidak perlu membayar untuk perangkat lunak pengeditan video profesional atau seseorang untuk mengedit video yang tampak bagus.

Editor ini dapat digunakan untuk dengan cepat mengumpulkan video pemasaran dan iklan untuk UMKM yang tidak memiliki anggaran pemasaran untuk sebuah agensi.

Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan membuat video portofolio yang bisa Anda tunjukkan kepada calon klien.

Anda kemudian dapat mengirim email kepada mereka atau bahkan mengunjungi mereka secara langsung untuk menyampaikan ide Anda. Bisnis seperti penata rambut, kafe, dan bar menggunakan video pemasaran ini untuk media sosial, iklan, atau sekadar untuk menampilkan produk dan layanan di situs web mereka.

#5. Konten Media Sosial

Setiap bisnis perlu membuat dan mempublikasikan konten untuk media sosial seperti:

  • Facebook
  • Instagram
  • Pinterest
  • Twitter
  • TikTok
  • LinkedIn

Beberapa konten dapat digunakan kembali untuk platform media sosial lainnya, namun tidak semua.

Di situlah Anda dapat terjun. Anda dapat dengan mudah membuat postingan menarik di Canva, berkat template perpustakaan dan konten yang sudah ada di dalamnya.

Uangnya berasal dari penjualan layanan desain kepada klien, seperti yang dilakukan Design Pickle, dia telah berhasil mendapatkan cuan dari Canva mulai dari $500 per bulan.

#6. Canva Affiliate Program

Canva memiliki program afiliasi yang memungkinkan Anda menghasilkan komisi dengan mempromosikan Canva kepada orang lain. Anda dapat memasukkan link afiliasi Canva di platform media sosial Anda dan mendapatkan komisi ketika orang mendaftar dan berlangganan layanan premium Canva melalui tautan Anda.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Canva Affiliate Program.

program afiliasi canva

#7. Jual Template Canva

Seperti yang saya sebutkan, cetakan sesuai permintaan (Print on Demand) dan barang cetakan adalah ide bisnis populer yang berpusat pada Canva. Namun banyak orang tidak memiliki keterampilan teknis dan kreatif, waktu, atau bahkan kemauan untuk membuat desain sendiri.

Di situlah Anda muncul. Dengan ribuan template yang ada di Canva, Anda dapat dengan mudah membuat kumpulan desain yang lucu, indah, menarik, atau unik dan menjualnya kepada calon wirausaha.

Misalnya, di Creatif Market, Anda akan menemukan lusinan penjual mengemas template Canva mereka untuk dijual:

creatif market

#8. Jadi Canva Youtuber

Jika Anda memiliki smartphone dan Wi-Fi, Anda sudah memiliki semua yang diperlukan untuk mempublikasikan video berkualitas di YouTube.

Faktanya, inilah ide video pertama Anda: ajari orang cara mengedit video YouTube di Canva!

Anda dapat membagikan tutorial, demo, ulasan Canva, atau cukup menggunakan softwater untuk membuat video tentang topik lain.

Pada akhirnya channel Anda akan menghasilkan uang dari:

  1. Iklan YouTube
  2. Komisi afiliasi
  3. Penjualan produk atau layanan Anda sendiri
  4. Kemitraan merek

Anda harus menarik 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton agar memenuhi syarat untuk iklan YouTube, namun Anda dapat langsung mulai membagikan link afiliasi Anda.

Lagi pula, saat ini ada jutaan orang yang menghasilkan uang di YouTube. Jika mereka bisa melakukannya, Anda juga bisa!

#9. Desain Undangan Digital

Tahu kah Anda kalau di Canva bisa membuat desain undangan digital secara gratis? Walaupun mereka tahu kalau di Canva bisa membuat undangan digital, tapi kebanyakan mereka bingung dan tidak tahu harus membuatnya dari mana. Di situlah mereka membutuhkan orang yang benar-benar bisa atau pintar dalam membuat desain undangan digital.

Setiap bisnis, content creator membutuhkan logo yang mudah dikenali dan unik. Bisnis membayar ratusan atau bahkan ribuan dolar untuk logo.

Untungnya, mendesain logo sangatlah mudah saat ini, jadi memulai usaha semacam itu sangatlah mudah. Kunjungi Fiverr untuk mengiklankan layanan desain logo Anda dan mulailah menghasilkan uang hari ini.

Canva logo maker

Kesimpulan: Cara Dapat Uang lewat Canva

Di masa yang tidak menentu seperti ini, saya sangat mengapresiasi kepada Anda karena telah mencari cara untuk mengubah keterampilan Canva Anda menjadi pasif-income. Semoga postingan ini dapat membantu Anda mengetahui cara menghasilkan uang baik secara aktif maupun pasif.

Pilihan manakah yang paling menarik bagi Anda? Jika Anda perlu mendapatkan uang dengan cepat, saya akan memilih penawaran berbasis layanan seperti desain situs web, desain logo atau pembuatan grafis media sosial, atau konsultasi Canva.

Jika Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas pendapatan, saya akan tertarik untuk membuat produk atau konten Anda sendiri menggunakan Canva. Saya selalu menyukai bisnis di mana saya dapat menciptakan sesuatu dan menjualnya berulang kali.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *