Cara Memasang Aplikasi tanpa Play Store

Cara Download Memasang tanpa Play Store – Play Store adalah salah satu produk aplikasi milik Google yang bisa kita download dan instal semua aplikasi dengan aman.

Kita tahu, dalam Play Store ini kita bisa menemukan jutaan aplikasi dengan beragam kegunaannya. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak ada di Play Store. Sehingga kita harus mencari APK dari sumber lain atau luar Play Store. Bagaimana cara mendownload dan memasangnya dari luar Play Store? terus baca artikel ini agar kamu mengetahui cara dan tips terbaik!

cara download aplikasi tanpa play store
cara download aplikasi tanpa play store

Cara Memasang Aplikasi tanpa Play Store

Agar pemasangan aplikasi ini berjalan dengan lancar, siapkan terlebih dahulu perangkat anda dengan mengizinkan/mengaktifkan penginstalan sumber tidak dikenal. Anda bisa mengaturnya seperti di bawah ini:

Di tutorial ini saya menggunakan perangkat Oppo, Kemungkinan letak posisi pengaturan dan tata bahasa akan berbeda dengan merek perangkat lain, Usahakan anda menyesuaikan tutorial ini dengan perangkat anda

  • Buka Setelan
  • Cari dan ketuk Pengaturan Tambahan
  • Setelah itu gulir terus ke bawah hingga menemukan Perangkat & Privasi
  • Di dalam menu Perangkat & Privasi, ketuk “Penginstalan Sumber TIdak Dikenal”
  • Kemudian cari dan aktifkan aplikasi Chrome hinga tombol berwarna hijau.
Cara Memasang Aplikasi tanpa Play Store
Cara Memasang Aplikasi tanpa Play Store

Jika anda masih belum bisa menemukan seperti langkah tadi, coba ikuti langkah berikut:

  • Buka Setelan atau Pengaturan
  • Cari dan buka Aplikasi dan Notifikasi lalu pilih Konfigurasi Notifikasi
  • Temukan Opsi Lanjutan atau Akses aplikasi khusus
  • Terus gulir ke bawah hingga anda temukan Instal aplikasi yang tidak dikenal
  • Pilih aplikasi chrome atau browser lainnya dan izinkan dari sumber ini.

Untuk teman-teman yang menggunakan Android 7.0 Nougat atau lebih lama coba ikuti langkah berikut :

  • Buka Pengaturan
  • Ketuk Keamanan dan pilih izinkan penginstalan dari sumber tidak dikenal

Baca juga: Cara Buka Opsi Pengembang

Belum dapat juga? Coba anda gunakan fitur pencarian di bagian atas pengaturan dan ketik “tidak diketahui” atau “sumber tidak dikenal” pada kolom pencarian.

Nah, dengan demikian, kita bisa memasang atau instal file APK yang kita download dari browser. Kita bisa download APK apa saja yang kita inginkan. Anda bisa cari file APK lewat Google atau website yang menyediakan file APK seperti apkpure.com

EFEK SAMPING / RESIKO

Cara Download Memasang tanpa Play Store – Ada beberapa alasan mengapa pihak Android tidak merekomendasikan meng-instal aplikasi seperti ini. Salah satu alasannya adalah dari segi keamanan. Kita tidak tahu, bisa saja file APK tersebut dalamnya ada kandungan virus semacam malware yang masuk ke perangkat kita secara sembunyi. Atau layar perangkat kita akan sering muncul iklan yang tidak kita inginkan.

Saya sarankan pilihlah website penyedia APK yang terpecaya. Dan setelah kita selesai menginstal, jangan lupa matikan/off kembali fitur “Penginstalan Sumber Tidak Dikenal”

Tinggalkan komentar