10 Cara Memasukkan Keyword di dalam Artikel

Share dulu, dong!

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari cara memasukkan keyword di dalam artikel untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO) seperti Google, Bing dan lainnya.

Tidak hanya itu saja…

Anda juga akan menemukan cara yang tepat untuk menggunakan kata kunci dalam sebuah artikel dengan cara yang paling efektif agar konten Anda diindeks, ditemukan, dan diberi peringkat di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Tujuan utamanya pada artikel ini adalah mengedukasikan semua yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana cara menambahkan kata kunci dalam sebuah artikel untuk meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari Google dan sejenisnya.

Dan juga kita akan menjawab pertanyaan: Berapa banyak kata kunci yang harus Anda masukkan ke dalam artikel untuk SEO?, berapa kali menggunakan kata kunci dalam sebuah artikel?, dan cara terbaik apa yang perlu dilakukan untuk membuat konten SEO-friendly bagi pengguna dan Google?

Cara Memasukkan Keyword di Dalam Artikel

Cara Memasukkan Keyword di dalam Artikel
meletakkan keyword di dalam artikel dengan baik dan benar

Dengan mempraktikkan panduan langkah demi langkah di bawah ini, Anda dapat menggunakan kata kunci dengan benar dan aman di semua jenis artikel yang Anda tulis demi memberikan peluang terbaik yaitu mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

1. Letakkan Kata Kunci Di Judul Artikel

Langkah pertama cara memasukkan kata kunci dalam artikel adalah menambahkannya ke judul.

Judul artikel itu penting untuk perayap mesin telusur dan pengguna karena mengidentifikasi isi konten. Biasanya, judul dikodekan dalam HTML sebagai tag heading utama, juga dikenal sebagai tag H1.

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing memberi penekanan pada area halaman web ini dalam hal pengindeksan dan peringkat artikel di SERP. Jadi, Anda perlu mengoptimalkannya dengan cara yang benar.

Untuk menggunakan kata kunci dalam judul artikel untuk SEO, Anda ingin mengikuti tips sederhana ini:

  • Tempatkan kata kunci utama di awal judul.
  • Tambahkan kata kunci sekunder di tempat yang cocok secara alami.
  • Jangan ulangi kata-kata yang berlebihan pada kata kunci primer dan sekunder untuk menghindari pengoptimalan yang berlebihan.

2. Gunakan Kata Kunci Pada Paragraf Pendahuluan

Yang kedua, Anda harus memasukkan kata kunci dalam sebuah artikel di paragraf pengantar (pertama). Terutama dalam 100 kata pertama untuk menjadikannya paling SEO-friendly.

Banyak pakar SEO, percaya bahwa algoritme mesin telusur seperti Google memberi bobot peringkat ekstra pada beberapa kalimat pertama artikel. Itu karena konten pengantar biasanya menjelaskan ide dan konsep keseluruhan untuk sisa halaman.

Selain itu, dokumentasi Google sendiri tentang Cara Kerja Penelusuran menyatakan hal yang sama tentang memberi peringkat konten berdasarkan relevansi:

“Sinyal paling mendasar bahwa informasi itu relevan adalah ketika konten berisi kata kunci yang sama dengan permintaan pencarian Anda.”

Oleh karena itu, 100 kata pertama dapat menjadi lokasi penting tidak hanya untuk pengguna yang membaca artikel tetapi juga untuk perayap mesin pencari untuk mengumpulkan kata kunci SEO yang Anda inginkan untuk peringkat konten di SERPs.

Untuk memaksimalkan nilai peringkat paragraf pendahuluan, ikuti tips berikut:

  • Masukkan kata kunci utama Anda dalam satu atau dua kalimat pertama.
  • Gunakan setidaknya satu kata kunci sekunder setelah itu tetapi masih dalam 100 kata pertama.
  • Cobalah untuk memasukkan sebanyak mungkin kata kunci sekunder lainnya tanpa membuat artikel terdengar tidak wajar. Jika Anda perlu menempatkan kata kunci ini di luar rekomendasi 100 kata pertama, cobalah untuk memasukkannya secara alami dalam 200 kata pertama dari konten pengenalan.

3. Tambahkan Kata Kunci Sepanjang Artikel

Mengoptimalkan bagian atas artikel Anda untuk kata kunci SEO adalah awal yang baik. Tapi Anda tidak bisa berhenti di situ saja.

Jika Anda hanya menggunakan kata kunci dalam judul artikel dan paragraf pengantar dan tidak di tempat lain, maka itu melemahkan sinyal SEO yang Anda coba kirim ke mesin telusur.

Jadi tempat selanjutnya yang ingin Anda tambahkan keyword pada halaman adalah di seluruh konten lainnya. Dengan begitu, seluruh halaman akan berisi kata kunci primer dan sekunder Anda untuk memperkuat relevansi topik secara keseluruhan untuk frase target Anda.

Untuk menggunakan strategi penempatan kata kunci ini, cukup ikuti tips sederhana ini:

Sebarkan kata kunci Anda dengan cara alami di seluruh isi konten. Anda tidak ingin mereka mengelompok bersama tetapi ditempatkan secara relatif merata di bagian utama artikel.

4. Masukkan Kata Kunci Dalam Ringkasan

Mirip dengan apa yang Anda pelajari di bagian dua tentang cara menerapkan kata kunci dalam artikel, ringkasan juga merupakan tempat yang baik untuk menambahkan frase target Anda.

Sementara pengantar menetapkan kerangka dasar dan harapan bagi pembaca yang membaca artikel, ringkasan (atau kesimpulan) merangkum poin-poin terpenting.

Oleh karena itu, dapat dikatakan kalau ringkasan artikel juga mengandung keunggulan peringkat SEO. Jadi, Anda harus memasukkan kata kunci Anda di ringkasan konten untuk melengkapi penempatan kata kunci.

Berikut adalah tipsnya:

  • Masukkan kata kunci utama Anda dalam 100 kata terakhir di halaman.
  • Tambahkan kata kunci sekunder sebanyak mungkin ke 100 kata terakhir sambil tetap membuat artikel terdengar alami.
  • Jika Anda tidak dapat memasukkan semua kata kunci sekunder dalam beberapa kalimat terakhir artikel, pastikan kata kunci tersebut termasuk dalam 200 kata terakhir konten.

5. Gunakan Kata Kunci Dalam Judul

Judul digunakan dalam artikel untuk mengatur penyajian konten Anda dan mengarahkan pembaca melalui halaman dengan cara yang logis.

Pada halaman web, tag heading mulai dari H1 hingga H6 yang mana H1 menjadi heading terpenting, lalu diikuti oleh H2, lalu H3, H4, H5, dan akhirnya H6.

Seperti yang dijelaskan pada langkah pertama tentang cara menambahkan kata kunci dalam artikel, judul artikel biasanya dikodekan dalam HTML menjadi tag H1 karena itu adalah heading terpenting untuk menentukan topik halaman.

Oleh karena itu, bagian utama konten harus diberi label sebagai tag H2, yang dapat dengan mudah dilakukan di dalam editor teks sistem manajemen konten (CMS) apa pun seperti WordPress.

Tag H3 akan dibungkus di sekitar sub-bagian dari judul H2 dan seterusnya sampai ke tag H6.

Adapun untuk menggunakan kata kunci dalam tag judul artikel, saran terbaik yang dapat Anda ikuti berdasarkan pengujian SEO adalah fokus pada tag H2 dan H3 untuk tujuan peringkat.

Karena tag judul HTML digunakan untuk menentukan hierarki topik konten artikel, mereka juga telah terbukti menjadi faktor peringkat untuk mesin pencari Google karena menunjukkan topik apa yang paling penting dalam konten.

Plus, dokumentasi Google sendiri menyatakan Anda harus “Gunakan judul halaman yang menyampaikan subjek halaman.”

Oleh karena itu, menambahkan kata kunci ke judul adalah cara mudah untuk meningkatkan peringkat artikel Anda untuk beberapa kata kunci. Dan semakin banyak konten yang Anda miliki, semakin banyak judul yang dapat Anda tempatkan di halaman untuk membaginya secara alami untuk tujuan SEO.

Gunakan tips ini untuk menambahkan keyword ke dalam judul:

  • Letakkan kata kunci utama Anda di H2 pertama di halaman.
  • Cobalah untuk menambahkan setiap kata kunci sekunder ke dalam setidaknya satu tag H2 di konten.
  • Gunakan variasi kata kunci dalam tag H3 untuk meningkatkan relevansi topikal tanpa terlalu mengoptimalkan kata kunci utama dan sekunder.

6. Tambahkan Kata Kunci Pada Teks ALT Gambar

Saat Anda menulis artikel dan mencoba mengoptimalkannya untuk SEO, Anda dapat melampaui teks tertulis untuk menambahkan kata kunci Anda.

Bahkan, Anda dapat meningkatkan nilai peringkat keseluruhan konten dengan menyertakan gambar dalam artikel dan mengoptimalkannya untuk frasa tertentu. Dan ketika Anda melakukan ini dengan benar, gambar Anda juga dapat diberi peringkat di Pencarian Gambar Google, yang merupakan cara lain untuk mendatangkan lalu lintas situs web di luar Mesin Pencari Google standar.

Untuk meletakkan kata kunci pada gambar, yang harus Anda lakukan adalah menambahkannya ke dalam bidang teks ALT. Ini mudah dilakukan di platform CMS seperti WordPress dengan mengklik gambar untuk membuka nilai properti tersembunyi dan kemudian mencari bidang teks ALT (atau kotak).

contoh tets ALT
menerapkan kata kunci dalam artikel dengan ALT Teks

Di dalam bidang teks ALT, Anda dapat memasukkan kata kunci untuk meningkatkan relevansi topik konten. Pastikan untuk mendeskripsikan gambar secara akurat sambil juga menyertakan frase kata kunci target Anda. Informasi teks ALT digunakan oleh pembaca layar untuk membantu penyandang disabilitas memahami konteks gambar. Jadi Anda tidak hanya ingin memasukkan kata kunci Anda di bidang HTML ini tanpa konteks yang tepat untuk pengguna.

Beberapa tips tambahan untuk menggunakan kata kunci dalam gambar artikel meliputi:

  • Cobalah untuk memiliki setidaknya satu gambar per kata kunci. Jika Anda mengoptimalkan 1 kata kunci utama dan 2 kata kunci sekunder, maka Anda ingin menempatkan setidaknya 3 gambar pada halaman jika Anda bisa.
  • Gunakan kata kunci utama Anda pada gambar pertama di halaman.
  • Tambahkan kata kunci sekunder Anda di gambar lain dengan satu gambar per frase kata kunci.

7. Letakkan Kata Kunci Di Tag Judul Meta

Sampai saat ini, Anda telah mempelajari cara memasukkan kata kunci dalam artikel untuk SEO hanya sebagai penulis konten.

Jika Anda juga dapat memperbarui informasi tag meta untuk artikel yang dipublikasikan, Anda dapat melanjutkan dengan tiga langkah berikutnya untuk memaksimalkan penempatan dan pengoptimalan kata kunci Anda sepenuhnya.

(Jika Anda menggunakan WordPress untuk situs web Anda, maka dapat menggunakan plugin SEO seperti All in One SEO, Yoast, atau Rank Math untuk men-tweak judul meta guna meningkatkan potensi peringkat pencarian.)

Meletakkan Kata Kunci Di Tag Judul Meta
Meletakkan Kata Kunci Di Tag Judul Meta

Tag judul meta (juga dikenal sebagai tag judul), dianggap sebagai tempat paling penting untuk menambahkan frase kata kunci Anda dalam kode HTML artikel.

Judul meta bertindak sebagai tag nama untuk halaman web dan yang pertama kali muncul di halaman hasil mesin pencari untuk diklik pengguna. Oleh karena itu, mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing menaruh banyak nilai SEO pada bidang meta-HTML ini.

Jika Anda tidak memiliki frase kata kunci dalam judul meta, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapat peringkat untuk istilah itu tidak peduli berapa kali Anda menggunakan kata kunci dalam konten.

Jadi tip nomor satu di sini adalah selalu menempatkan kata kunci terpenting Anda di lokasi ini.

Tips tambahan untuk membuat judul meta Anda lebih ramah pengguna dan ramah SEO meliputi:

  • Letakkan kata kunci utama Anda di awal judul meta. Semakin dekat kata kunci dengan awal judul meta, semakin relevan dilihat oleh mesin pencari.
  • Tambahkan sebanyak mungkin kata kunci sekunder Anda tanpa mengulang kata untuk menghindari pengoptimalan yang berlebihan.
  • Pertahankan judul meta untuk artikel di bawah 60 karakter jika Anda bisa dengan 65 sebagai panjang maksimal.

8. Gunakan Kata Kunci Dalam Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah salah satu cara paling dasar untuk menambahkan kata kunci untuk SEO tetapi sering diabaikan karena bukan merupakan faktor peringkat langsung untuk Google.

Namun, deskripsi meta masih memiliki banyak kepentingan bagi pengguna karena berfungsi sebagai ringkasan singkat dari konten untuk menjelaskan tentang artikel tersebut. Dan banyak orang menilai nilai sebuah URL dari apa yang dibaca deskripsi meta.

Jadi menggunakan kata kunci Anda di lokasi ini dapat membantu Google memfilter URL Anda dengan lebih baik di SERP dan menarik lebih banyak klik dari mesin pencari.

Cara termudah untuk menambahkan kata kunci ke deskripsi meta adalah dengan mengikuti tips berikut:

  • Letakkan kata kunci utama di awal deskripsi meta.
  • Tambahkan setidaknya 1-2 kata kunci sekunder di bidang HTML ini.
  • Pertahankan panjang total di bawah 160 karakter. Jika tidak, Google dapat memotong sebagian darinya di SERP.

9. Tambahkan Kata Kunci Di URL Artikel

Tempat lain yang bagus untuk menggunakan kata kunci Anda adalah di URL artikel.

URL yang baik adalah URL yang memberikan petunjuk kepada pengunjung dan mesin telusur tentang isi halaman tersebut. Jika teks di URL sangat cocok dengan judul artikel yang ditampilkan di SERP, maka ini merupakan indikasi yang baik bagi pengguna dan mesin telusur bahwa halaman tersebut mungkin cocok untuk kueri penelusuran.

Oleh karena itu, Anda ingin mengoptimalkan URL untuk setiap artikel yang Anda terbitkan untuk memeras sebanyak mungkin kekuatan peringkat SEO dari halaman web.

Untuk mencapai itu semua yang harus Anda lakukan adalah mengikuti tip yang satu ini:

Masukkan kata kunci utama Anda sebagai frasa pencocokan tepat untuk nama halaman URL.

10. Letakkan Kata Kunci Di Anchor Text Link

Langkah terakhir untuk menambahkan kata kunci dalam artikel berlaku untuk konten lain di situs web yang sama.

Ketika kata kunci digunakan sebagai Anchor text link di halaman web lain yang terhubung ke halaman target yang baru saja Anda publikasikan dan ingin diberi peringkat untuk kata kunci tersebut, ini menyiratkan bahwa halaman target sangat relevan dengan topik.

Strategi pengoptimalan mesin telusur ini disebut sebagai “internal link” untuk SEO.

Dan aturan praktis yang baik adalah menambahkan setidaknya 3-6 tautan internal dengan kata kunci teks jangkar yang dioptimalkan dengan baik ke setiap artikel yang baru diterbitkan di situs web Anda. Mengikuti praktik dasar ini akan membantu menyiapkan konten Anda untuk sukses sejak awal karena Anda menunjukkan kepada Google di mana artikel paling penting berada di situs web Anda dan frase kata kunci mana yang menjadi fokus mereka.

Dua tip sederhana saya untuk menggunakan kata kunci dalam teks jangkar tautan internal Anda adalah sebagai berikut:

  • Jangan pernah mengulang teks jangkar tautan yang sama lebih dari 50% dari waktu. Anda ingin memvariasikan teks jangkar Anda sehingga tidak mengirim bendera merah ke Google bahwa Anda melakukan spam pada algoritme.
  • Cobalah untuk menggunakan masing-masing kata kunci primer dan sekunder Anda setidaknya sekali di setiap tautan teks jangkar internal. Itu berarti jika Anda menargetkan total 3 kata kunci untuk satu artikel, maka Anda akan memiliki 3 halaman web terpisah yang terhubung secara internal ke halaman target dengan frasa kata kunci pencocokan persisnya sendiri yang digunakan di setiap contoh.

Cara Memasukkan Keyword di dalam Artikel – Kesimpulan

Saya harap Anda menikmati panduan ini tentang cara memasukkan kata kunci dalam artikel untuk SEO.

Seperti yang Anda temukan, ada sejumlah cara bagaimana menggunakan kata kunci dalam artikel demi meningkatkan relevansi topik untuk permintaan pencarian yang Anda inginkan untuk peringkat konten di Google, Yahoo, dan Bing.

Dan sebagai penulis, Anda dapat menambahkan kata kunci dalam sebuah artikel di banyak tempat untuk meningkatkan Nilai SEO sebelum Anda mengirimkannya ke editor. Namun jika Anda adalah orang yang mengontrol penerbitan konten, maka Anda dapat mengambil beberapa langkah lebih jauh dengan mengoptimalkan lokasi kunci lainnya dalam kode HTML untuk visibilitas mesin telusur yang lebih baik.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.