Cara Membuka OPSI PENGEMBANG di Android

Bagikan:

Cara Membuka OPSI PENGEMBANG OPPO di Android – Developer Option atau Opsi Pengembang adalah sekumpulan pengaturan khusus dan tersembunyi yang disediakan di perangkat Android. Tentu banyak sekali manfaat yang kita dapatkan di menu Opsi Pengembang ini. Salah satunya adalah Debug peforma aplikasi.

Cara Membuka OPSI PENGEMBANG di Android

Cara Membuka OPSI PENGEMBANG di Android

Pengertian Opsi Pengembang

Tadi sudah disinggungkan di atas, Opsi Pengembang adalah sejumlah pengaturan yang bersifat rahasia. Artinya secara default, pengaturan ini tidak bisa kita temukan di halaman pengaturan. Ada trik khusus yang disediakan android untuk mengakses Developer Option ini.

Tujuan dan Manfaat Developer Option

Tujuannya utamanya adalah untuk debugging peforma perangkat android. Sedangkan manfaaatnya sangat banyak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya mengaktifkan mode 4x MSAA. Mode ini adalah dimana kita bisa meningkatkan kualitas grafis dalam game dan mode Open GLES 2.0.

Misalnya lagi, kita bisa mengaktifkan USB Debugging. Kegunaan fitur ini adalah memungkinkan untuk berinteraksi antar aplikasi yang di komputer dengan perangkat android.

Cara Mengaktifkan

Untuk membuka Opsi Pengembang tentu berbeda-beda di tiap versi android dan tipe hp walaupun perbedaan tersebut tidak begitu jauh.

Di Kasus ini Aku menggunakan HP merek Oppo dengan versi Android 8 (Oreo), jadi teman-teman menggunakan selain Oppo juga bisa mengikuti langkah di bawah ini. 

  • Buka Pegaturan > Tentang Ponsel 
  • Setelah itu cari opsi “Nomor Versi” dan ketuk sebanyak 7 kali secara cepat dan berurutan hingga muncul notif yang mengatakan opsi pengembang aktif.
  • Kemudian keluar dari menu “tentang ponsel”.
  • Masih di pengaturan, cari dan temukan menu Opsi Pengembang.

Pada Android versi 4.1 dan lebih rendah tampilan opsi pengembang sudah tersedia. Jadi tidak perlu menampilkan opsi ini lagi seperti cara di atas.

Setelah anda ketuk 7x pada nomor versi, kita bisa temukan Opsi Pengembang di menu Pengaturan. Kita bisa juga menonaktifkan apabila kita sudah selesai menggunakan Developer Option ini. Untuk meng-nonaktifkan-nya ada bisa ketuk bagian seperti di bawah ini.

Resiko Jika Mengaktifkan Opsi Pengembang

Ini adalah pengalaman saya ketika saya terus mengaktifkan mode ini. Saya sarankan jika sudah selesai menggunakan Opsi Pengembang, jangan lupa untuk mematikannya kembali. Jika terus diaktifkan, kinerja ponsel akan menurun. dan ini sudah saya alami dengan ponsel saya.

Tinggalkan komentar