Cara Memperbaiki Skor Kredit dengan Mudah

Share dulu, dong!

Cara Memperbaiki Skor Kredit dengan Mudah – Kenapa skor kredit penting untuk ajukan pinjaman agar tidak ditolak skor Kredit adalah sistem yang digunakan lembaga pembiayaan untuk menilai kemampuan finansial seseorang saat mengajukan pinjaman. Apakah ia mampu melunasi pinjamannya atau apakah ia berpotensi untuk gagal bayar?

Semakin tinggi skor kredit Anda maka Anda dinilai memiliki kemampuan tinggi untuk membayar pinjaman. Sebaliknya, Semakin kecil skor kredit Anda maka peluang Anda mendapatkan pinjaman semakin kecil karena Anda dinilai akan sulit melunasi utang.

Kira-kira, apa saja sih faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian skor kredit?

Cara Memperbaiki SLIK OJK

Faktor yang Mempengaruhi Skor Kredit Pinjaman

#1. Jumlah utang

Maksudnya bukan nominal utangnya. Tapi berapa banyak lembaga yang telah Anda ajukan pinjaman dalam periode tertentu. Misalnya jika dalam waktu singkat Anda mengajukan 10 pinjaman, maka skor kredit Anda rendah.

#2. Riwayat pembayaran utang

Riayat utang yang berupa ketetapan waktu pembayaran skor kredit bisa buruk jika Anda pernah telat membayar angsuran. Hal ini akan dinilai juga kapan terakhir kali Anda terlambat membayar cicilan dan dalam rentang waktu berapa lama Anda telat membayar cicilan.

#3. Periode riwayat utang

Semakin lama tenor yang Anda ambil, maka akan semakin tinggi skor kredit Anda.

#4. Jenis utang

Skor kredit Anda faktor terakhir adalah jenis utang semakin beragam jenis utang maka skor kredit semakin baik. misalnya Anda memiliki beberapa pinjaman berupa KPR kartu kredit atau paylater sekarang.

5 Cara Memperbaiki Skor Kredit

Yuk, ketahui 5 cara memperbaiki skor kredit agar pengajuan pinjaman tidak ditolak:

  • Anda harus melunasi tunggakan yang ada agar skor kredit Anda mendapatkan perbaikan nilai di bulan berikutnya.
  • Kedua, pastikan Anda membayar cicilan dan hutang tepat waktu jika Anda telat bayar cicilan lebih dari satu sampai 90 hari dari jatuh tempo, maka status skor kredit Anda dalam pengawasan. Khusus Jika Anda telat bayar 3-6 bulan statusnya adalah tidak lancar jika Anda telat bayar 120-180 hari, maka status Anda diragukan dan Anda akan masuk kategori kredit macet jika telat bayar lebih dari 180 hari.
  • Perhatikan limit kredit. Sebaiknya Anda menggunakan pinjaman maksimal 30% dari limit kredit.
  • Keempat, jangan menutup akun kredit. Apakah Anda memiliki kartu kredit yang tidak dipakai? Sebaiknya jangan ditutup karena semakin lama periode riwayat hutang akan mempengaruhi penilaian skor kredit. Namun, perhatikan juga bahwa jumlah kartu kredit yang dikategorikan sehat adalah maksimal 4 kartu kredit.
  • Lakukan restrukturisasi pinjaman dengan pihak kreditur jika Anda menjadi korban penipuan atau mengalami musibah finansial.

Cara Cek SLIK OJK

Mau tahu berapa skor kredit Anda? Anda bisa mengeceknya secara online melalui SLIK OJK Slick OJK atau sistem layanan informasi keuangan Otoritas Jasa Keuangan adalah sistem informasi yang mengawasi dan memberikan pelayanan informasi keuangan salah satuny informasi debitur atau i-Dep. Sebelumnya, SLIK dikenal dengan sebutan BI checking.

Berikut cara cek skor kredit melalui SLIK:

  • Pertama, Anda harus menyiapkan dokumen untuk pengajuan permintaan i-Dep, yaitu KTP jika Anda WNI atau paspor untuk WNA. Jika Anda debitur badan usaha, siapkan identitas pengurus NPWP, badan usaha akta pendirian atau anggaran dasar pertama dan perubahan anggaran dasar terakhir yang menunjukkan perubahan kepengurusan badan usaha.
  • untuk mengecek skor kredit, Masuk ke halaman I-DEBKU lalu pilih menu Pendaftaran dan pilih pendaftaran dan isi data diri dengan benar. Lalu unggah semua dokumen persyaratan.
cek skor kredit di SLIK OJK
  • Anda akan mendapatkan hasil skor kredit paling lambat satu hari kerja setelah pendaftaran. Hasil skor kredit akan dikirim ke email Anda.

Mengecek skor kredit penting untuk menentukan pengajuan pinjaman Anda diterima oleh lembaga pembiayaan atau tidak. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *