Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis

Artikel kali ini kita akan bahas mengenai sebuah media sosial yaitu cara menggunakan Pinterest untuk mengembangkan Bisnis kita. Dengan aplikasi Pinterest kita akan memaksimalkan fitur yang ada agar bisnis kita dapat berkembang dan lebih baik. Artikel ini juga kita akan belajar bagaimana cara beriklan produk kita di Pinterest.

Mengenal dan Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis

Pinterest adalah salah satu media sosial yang berfokus kepada visual gambar atau video yang dimasukkan ke dalam pin atau kategori.

Berdiri sejak tahun 2010 dan dibuat oleh Ben Silbermann dan dengan dua pendiri lainnya, yaitu Paul Sciarra, Evan Sharp.

Pinterest berasal dari dua kata, Pin dan Interest (minat). Jadi Pinerest merupakan jejaring sosial yang memiliki virtual pinboard dimana kita bisa menyalurkan hasil kreatifitias yang menarik sesuai dengan minat kita masing-masing.

Tingkat Popularitas dan Alasan Harus Beriklan di Pinterest

Namun, Dalam perjalanan sejarah, Pinterest bukanlah aplikasi media sosial raksasa seperti Facebook atau Youtube.

Pasti sobat Bonar setuju dengan saya bahwa masih banyak pengguna internet Indonesia belum mengenal yang namanya Pinterest.

Tapi Anda mungkin bertanya-tanya—“Mengapa produk/merek saya harus beriklan di Pinterest?”

Berdasarkan informasi yang saya dapat Walaupun pengguna di Indonesia masih sedikit, tapi menurut laporan GWI yang dikutip dari beritasatu.com, Pinterest mendapat peringkat 10 pengguna yang paling banyak dan aktif di Indonesia.

cara menggunakan pinterest untuk bisnis
Sumber: beritasatu.com

Walaupun Pinterest bukanlah media sosial utama orang Indonesia, Namun dengan aplikasi ini kita bisa menemukan audiens atau pengunjung yang lebih unik dibanding dengan media sosial lainnya

Dengan begitu, maka Pinterest dapat membuat dampak besar pada merek bisnis Anda.

Mungkin aspek visual situs adalah salah satu alasan mengapa situs ini menarik perhatian banyak orang—tepatnya 459 juta pengguna aktif bulanan global pada tahun 2021. Ini berarti Pinterest sebenarnya telah melampaui Twitter, LinkedIn, dan Snapchat dalam jumlah pengguna bulanan.

Pinterest lebih efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web bisnis kita dibandingkan dengan aplikasi jaringan sosial lainnya, termasuk Facebook.

Pinterest bahkan telah membuat langkah positif dimana 80% pengguna sangat senang dan puas menggunakan aplikasi ini

Selain melarang iklan politik pada tahun 2018, Pinterest secara konsisten memantau konten untuk memastikan umpan pengguna bebas dari hal-hal negatif. Seperti yang dicatat dalam laporan perusahaan baru-baru ini, “Jika media sosial telah mengajari kami satu hal, konten yang tidak difilter mendorong hal negatif. Tanpa moderasi yang disengaja, platform yang dibangun untuk menghubungkan orang—pada akhirnya—hanya mempolarisasi mereka.”

Jika dalam hal ini belum meyakinkan Anda untuk menambahkan Pinterest ke dalam salah satu media sosial Anda, penting untuk menyoroti fakta bahwa sebagian besar pengguna tidak memikirkan merek saat melakukan pencarian.

95% pencarian teratas di Pinterest tidak bermerek, artinya perusahaan Anda memiliki peluang besar untuk menarik perhatian mereka dan meyakinkan mereka untuk mengklik dan membeli produk Anda.

Saya Ingin Beriklan Merek Saya di Pinterest, Apa Selanjutnya?

Jika Anda siap untuk mulai beriklan di Pinterest, kabar baiknya adalah menyiapkan akun bisnis yang cukup mudah.

Fitur ini menyediakan alat khusus untuk membantu menumbuhkan audiens Anda, mengarahkan lalu lintas, dan mendorong konversi. Yang terpenting, akun bisnis juga memiliki kemampuan untuk melihat metrik pelaporan mendalam, yang dapat membantu Anda melacak tayangan, keterlibatan, penyimpanan, dan lainnya.

Jadi, jika Anda berminat ingin beriklan merek Anda di pinterest, ,maka saya siap membantu Anda menuju kesuksesan Pinterest! Aseekk…!

Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara memulai:

Langkah 1: Buat akun bisnis

  • Buka Pinterest dan pilih Bisnis atau langsung klik di sini
  • silahkan daftar email, pass dan umur dan tambahkan nama pengelola akun.
  • Baca dan terima Persyaratan Layanan Pinterest jika Anda setuju. Kemudian, klik “Buat Akun.”

Langkah 2: Lengkapi profil Anda

Unggah logo merek anda. Pilih nama pengguna yang secara akurat mencerminkan merek Anda. Ingatlah bahwa ini kemungkinan akan diisi otomatis saat menyiapkan akun Anda.

cara menggunakan pinterest untuk bisnis
cara menggunakan pinterest untuk bisnis

Setelah itu silahkan masukkan informasi lanjutan mengenai bisnis seperti gambar di bawah ini.

Kalau anda mempunyai bisnis kesehatan, kamu bisa pilih kesehatan.

Untuk sasaran kamu bisa pilih nomor 1, 2, dan 3.

Tambahkan bio perusahaan Anda, termasuk kata kunci yang dioptimalkan untuk pencarian.
Tambahkan lokasi dan situs web Anda.

cara menggunakan pinterest
Cara menggunakan pinterest untuk bisnis

Langkah 3: Verifikasi situs web Anda

Arahkan ke halaman utama akun Anda dan pilih “Edit Profil.”
Gulir ke bagian bawah halaman, tambahkan alamat situs web Anda, dan klik “Verifikasi.”
Dari sana, sebuah pop-up dengan petunjuk verifikasi akan muncul. Pilih “unduh file verifikasi HTML”.
Unggah file ini ke direktori root situs Anda melalui FTP atau CPanel. Kemudian kembali ke profil Pinterest Anda dan klik tombol yang bertuliskan “klik di sini untuk menyelesaikan prosesnya.”
Jika Anda menerima pesan yang mengatakan bahwa verifikasi Anda berhasil, Anda sudah siap!

Langkah 4: Siapkan Pin Pinterest

Pertama, Anda harus meminta akses dan menambahkan kode markup tertentu (oEmbed atau Semantic Markup) ke situs atau blog perusahaan Anda.
Setelah Anda menentukan pin mana yang ingin Anda setujui, buka halaman validasi Pin Kaya. Salin dan tempel URL konten Anda ke Validator Pin Kaya dan klik “Validasi.”
Jika Anda menerima pesan yang mengatakan bahwa pin Anda telah divalidasi, klik “Terapkan Sekarang.”
Perlu diingat bahwa proses persetujuan dapat memakan waktu antara 2-3 minggu.

Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis | Praktik Terbaik

Setelah profil Anda siap, saatnya untuk mulai menyelami secara spesifik bagaimana Anda akan menggunakan Pinterest untuk bisnis.

Misalnya, apa yang Anda rencanakan untuk diposting? Untuk memulai, setiap pin disimpan ke papan yang sesuai di profil Anda. Disarankan untuk membuat beberapa papan berbeda yang mencakup berbagai aspek bisnis Anda, seperti blog perusahaan, produk, dan lainnya.

Contoh di bawah ini menunjukkan bagaimana perusahaan bubuk protein menyoroti resep dan produk mereka sendiri, serta tips hidup sehat:

Banyak merek di media sosial memilih untuk memberi tahu audiens mereka melalui fitur produk, statistik, dan bahkan tutorial. Namun, kunci sukses di Pinterest adalah memposting gambar dan video berkualitas tinggi, menarik para audiens.

Karena Pinterest mengharuskan setiap pin untuk menyertakan URL tujuan, disarankan agar tautan mengarahkan pengguna ke blog atau halaman produk perusahaan yang relavan.

Dalam hal Ini tidak hanya akan mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda tetapi juga dapat meningkatkan jumlah konversi atau penjualan potensial. Pastikan juga menyertakan logo Anda untuk meningkatkan kesadaran merek.

Berikut adalah beberapa contoh lagi dari merek yang memberikan keseimbangan sempurna antara pendidikan dan menarik:

Cara Menggunakan Pinterest – Jangan sampai kita lupa, Anda pasti ingin memastikan bahwa keterangan pin Anda dioptimalkan untuk menyertakan kata kunci spesifik yang terkait dengan bisnis Anda, karena ini akan membantu memposisikan merek Anda sebagai otoritas di industri Anda.

Pengoptimalan kata kunci juga akan membantu Anda lebih dekat ke bagian atas halaman hasil mesin pencari.

Selain itu, setelah Anda mulai memasang pin, jangan lupakan salah satu aturan dasar media sosial—terlibat dengan komunitas Anda! Meskipun biasanya tidak ada banyak komentar untuk ditanggapi di Pinterest seperti yang ada di platform sosial lainnya, fungsi utama Pinterest adalah untuk “menyematkan kembali” konten yang Anda sukai.

Buat papan yang berhubungan dengan merek Anda, dan sematkan ulang foto, blog, dan konten lain yang mungkin berguna bagi penggemar Anda. Anda bahkan dapat bergabung dengan papan komunitas dengan merek dan pengguna yang terkait!

Ingat, kunci sukses beriklan bukan hanya menjual. ini juga melibatkan membangun dan membina hubungan dengan audiens Anda untuk mendorong keaslian merek, dan yang terpenting, kepercayaan.

Anda telah Membangun Komunitas. Apakah Ada Cara untuk Meningkatkan Hasil? – Cara Menggunakan Pinterest

Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis – Jika Anda benar-benar ingin tahu cara membuat Pinterest berfungsi untuk bisnis Anda, Anda perlu menerapkan strategi untuk meningkatkan jangkauan Anda.

Seperti platform media sosial lainnya, Pinterest memberi bisnis opsi untuk menerapkan iklan berbayar untuk meningkatkan jangkauan, keterlibatan, atau lalu lintas situs web.

Langkah pertama adalah menentukan sasaran Anda, lalu memutuskan tujuan iklan mana yang dapat membantu Anda mencapainya. Alat Wawasan Audiens Pinterest menawarkan analisis yang sangat mendetail tentang penggemar Anda, termasuk minat dan afinitas terkait, usia, jenis kelamin, lokasi, dan perangkat yang digunakan.

Informasi ini sangat berguna saat mengembangkan iklan Anda, karena Anda dapat menargetkannya ke demografi yang spesifik, atau menyesuaikan penargetan agar sesuai dengan konsumen yang Anda inginkan.

Saat membuat iklan Pinterest, ini adalah strategi yang bagus untuk menambahkan tagline yang menarik, serta grafik produk Anda yang menarik perhatian. Iklan ini akan ditampilkan di antara pin lain kepada pengguna Pinterest, jadi Anda ingin memastikan bahwa iklan Anda menonjol.

Opsi unik lainnya adalah memilih iklan video pendek, yang merupakan salah satu cara terbaik untuk menampilkan merek dan produk Anda.

Contoh pin sederhana adalah seperti di bawah ini. Semua fitur yang menghasilkan iklan yang bagus untuk platform.

pinterest bisnis
Cara menggunakan pinterest untuk berjualan

Selain itu, pastikan untuk memeriksa fitur dan alat Pinterest yang dibuat khusus untuk belanja online.

Opsi Pin produk memungkinkan merek untuk menyorot produk agar dapat dibeli dan memungkinkan pengguna untuk mengklik langsung ke item tersebut di situs web perusahaan atau situs toko online Anda.

Katalog adalah alat yang berguna yang memungkinkan merek/produk untuk menghubungkan inventaris online mereka langsung ke akun Pinterest mereka. Perusahaan juga dapat menambahkan tab “Toko” ke papan mereka, yang menampilkan semua produk yang dapat dibeli dan tersedia di satu tempat.

Tujuan utama Pinterest dengan fitur ini adalah untuk menginspirasi pengguna untuk berbelanja, bukan hanya membeli. Platform tersebut menyebutkan bahwa “inspirasi adalah perbedaan antara berbelanja dan membeli,” dan 66% orang percaya bahwa inspirasi penting dalam membantu mereka melakukan pembelian.

Menggunakan Pinterest untuk bisnis tidak hanya menguntungkan, tetapi juga dapat meningkatkan kesadaran merek, lalu lintas situs web, dan tingkat konversi.

Dengan mengingat tip-tip ini, luangkan waktu untuk membiarkan kreativitas Anda yang bekerja, dan kembangkan ide-ide out-of-the-box untuk konten Anda.

Dalam kata-kata itu sendiri, “Pinterest adalah tempat orang menelusuri, menemukan, dan membeli. Tampil pada saat inspirasi, dan bawa audiens Anda dari ide menjadi ‘Saya Mau’

Sekarang bergeraklah dan mulai lihat hasil untuk merek Anda hari ini!

Bagikan:

Menulis artikel di blog merupakan bagian dari hobi semenjak tahun 2016. Lulusan SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

1 thought on “Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis”

Leave a Comment