Cara Menggunakan Yoast SEO di WordPress 2022

Bagikan:

Search Engine Optimization atau disingkat (SEO) merupakan salah satu hal yang sangat penting sekali dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Namun untuk meningkatkan SEO tentu merupakan sebuah tantangan. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas cara menggunakan Yoast SEO di WordPress terbaru 2022.

cara menggunakan yoast seo
cara menggunakan yoast seo

Di antara banyak kompetitor yang bersaing dan algoritme Google yang selalu mengalami berkembang pembaharuan, Anda mungkin akan merasa sangat sibuk. Jadi, sebagai pengembang situs WordPress, kita wajib menggunakan alat SEO untuk meringankan kerja kita.

Dan untuk itu pada artikel ini kita menggunakan plugin Yoast SEO versi terbaru.

Kini Yoast SEO telah membuat SEO lebih mudah. Pembaharuan terbarunya mereka mengoptimalkan konten dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Mereka telah menambahkan 18 bahasa yang berbeda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa fitur bahasa baru yang menarik untuk dijelajahi di Yoast 17.0. Kami juga akan menjelaskan cara menggunakannya untuk meningkatkan SEO Anda untuk audiens secara global.

Fitur dan Cara Menggunakan Yoast SEO di WordPress 2022

Plugin Yoast SEO merupakan salah satu plugin optimasi pencarian paling terkenal di pasaran dunia WordPres. Terdapat dua versi yang dimiliki oleh plugin ini: versi plugin gratis dan premium yang dapat membantu Anda menyesuaikan konten Anda untuk persyaratan mesin pencari:

Yoast SEO

Untuk mengoptimalkan konten Anda dimesin pencarimerupakan suatu hal yang sangat sangat penting. Saya yakin, lebih dari 50% lalu lintas website Anda berasal dari pencarian organik. Sehingga ketika musti menggunakan strategi SEO untuk mengoptimalkan semaksimal mungkin.

Update terbaru Yoast SEO 17.0 lebih mudah diakses oleh pengguna WordPress karena bisa menggunakan dalam berbagai bahasa yang sebelumnya, plugin ini hanya dibuat untuk bahasa Inggris saja.

Selanjutnya, kita akan mempelajari lebih dekat tentang fitur-fitur plugin SEO ini dan bagaimana cara menggunakan Yoast SEO di WordPress Anda untuk menjangkau pemirsa secara global.

Cara Menggunakan Pembaruan Yoast SEO 17.0 Secara Efektif (4 Tips)

Jadi bagaimana Anda bisa memanfaatkan pembaruan Yoast SEO 17.0? Untuk memulainya, Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin jika Anda belum menggunakannya.

Secara umum, plugin Yoast SEO akan menggunakan bahasa default (inggris) untuk situs WordPress. Jadi, jika Anda ingin mengubahnya, Anda harus pergi ke Pengaturan> General di dasbor Anda.

Baca: Cara Menghindari Plugin WordPress yang Berbahaya / Bajakan

Yoast SEO akan menerapkan semua pengaturan ke dalam bahasa secara otomatis. Namun, yang perlu Anda ketahui, tidak semua fitur tersedia dengan plugin versi gratis. Sekarang kita akan melihat secara mendetail empat fitur utama dan cara menggunakannya!

Gunakan Analisis Bahasa

Yoast SEO menyediakan analisis SEO dan keterbacaan. Fitur pertama menganalisis seberapa baik kinerja teks Anda menurut kriteria mesin pencari. Fitur kedua menunjukkan seberapa mudah konten Anda diakses oleh pembaca.

Ini menggunakan sistem seperti lampu lalu lintas yang menunjukkan kepada Anda pada setiap masalah (warna merah), potensi peningkatan (kuning), dan hasil yang baik (hijau):

Cara Menggunakan Yoat Seo di WordPress

Dengan menggunakan Yoast, plugin akan menunjukkan kriteria yang sama untuk 18 bahasa yang telah di dukung.

Misalnya, Anda ingin mempertimbangkan kalimat berurutan, kalimat pasif, penggunaan kata transisi, dan panjang kalimat. Itu juga dapat menghitung skor kemudahan membaca Flesch untuk memberikan Anda gambaran secara umum.

Kemudian, Yoast SEO menggunakan berbagai teknik, seperti daftar kata, stemming kata kunci, dan algoritma yang berkembang untuk menghitung kinerja konten Anda. Anda dapat menemukan skor Anda dengan menggulir ke bagian bawah posting atau halaman Anda atau mengklik tombol Yoast SEO di Sidebar.

Anda dapat juga menggunakan saran apa pun untuk mengoptimalkan konten Anda. Misalnya, Yoast SEO mungkin menyarankan agar Anda menggunakan kata kunci lebih sering atau menambahkannya ke deskripsi alt gambar Anda. Dengan melakukan beberapa penyesuaian kecil, Anda seharusnya dapat meningkatkan konten Anda untuk bahasa selain bahasa Inggris.

Gunakan Fitur Bentuk Kata (Word Form) untuk Medapatkan Kata Kunci yang Relevan

Versi premium dari pembaruan Yoast SEO 17.0 menyertakan fitur word form yang baru untuk bahasa selain bahasa Inggris. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan serta menggunakan frasa terkait di seluruh teks Anda:

Cara Menggunakan Yoat Seo di WordPress

Bentuk kata atau word form merupakan akar kata kunci utama Anda. Bentuk kata kunci jamak,tunggal, serta bervariasi semuanya dapat memenuhi syarat sebagai bentuk kata.

Misalnya, Yoast SEO mungkin mengidentifikasi “social media managers” sebagai bentuk kata dari “social media manager”. Oleh karena itu, plugin ini akan menghitung bagaimana variasi kata kunci utama Anda muncul di seluruh teks Anda. Ini kemudian akan memasukkan alternatif-alternatif kata kunci ini ke dalam perhitungan dan rekomendasi SEO.

Untuk memaksimalkan SEO Anda, harus mempertimbangkan penggunaan kata kunci utama Anda dan memasukkan beberapa variasi bentuk kata dari frasa tersebut. Saat bot mesin pencari memindai posting dan halaman Anda, mereka akan mengenali alternatif frasa ini. Dengan demikian, mereka dapat lebih mudah memahami seberapa relevan teks Anda dengan pengunjung mencari konten Anda.

Masukkan Kata Kunci Terkait

Yoast SEO juga mendukung fitur frasa kunci terkait untuk segala bahasa. ini berfungsi dengan bantuan tool Semrush untuk menunjukkan kepada Anda saran kata kunci yang relavan:

semrush home

Saran kata kunci mungkin berupa kata sinoni atau kata ulang dari frasa yang ada. Contoh kasus, tool ini mungkin bisa menyarankan kata “terlibat dengan pelanggan” sebagai alternatif dari “keterlibatan pelanggan”.

Anda dapat mengakses saran ini dengan mengklik tombol Get related keyphrases di menu Yoast SEO di sidebar editor:

Cara Menggunakan Yoat Seo di WordPress

Apabila Anda telah menautkan akun Semrush, maka plugin Yoast SEO akan menampilkan daftar frasa kunci yang akan disarankan. Kemudian dapat menambahkan secara manual dengan mengklik tombol + Tambahkan frasa kunci terkait:

Cara Menggunakan Yoat Seo di WordPress
Cara Menggunakan Yoat Seo di WordPress

Namun, apabila anda terlalu banyak menambahkan frasa kata kunci terkait, maka itu akan mengurangi keterbacan kontan Anda.

Maka sebagai gantinya, Anda bisa gunakan frasa kata kunci yang paling relevan. Untungnya, Yoast SEO menunjukkan kepada Anda beberapa volume pencarian kata kunci sert tren untuk setiap alternatif sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih benar.

Gunakan Saran Tautan Internal

Terakhir, Cara menggunakan Yoast SEO, gunakan saran tautan internal untuk bahasa selain bahasa Inggris. Plugin mencari konten terkait di blog Anda dan menyarankan untuk menambahkan URL mereka di seluruh teks Anda.

Tautan internal memang sangat penting untuk mengoptimasi SEO. Membantu Google (dan mesin pencari lainnya) memahami konten yang relevan di seluruh situs web Anda.

Tautan internal dapat membantu pengunjung Anda. Bisa menautkan ke posting yang lebih terperinci yang telah Anda tulis tentang topik terkait. Misalnya, Anda dapat menyertakan URL ke artikel Anda tentang pengabaian keranjang di dalam pos terkait pada desain halaman checkout:

Pada umumnya, pengguna akan menautkan link internal secara manual. Namun, cara ini bisa menjadi kita bosan, terutama jika situs web Anda memiliki banyak konten.

Untungnya, Yoast SEO premium sepenuhnya mengotomatiskan proses ini. Plugin mengambil semua konten di situs web Anda. Kemudian, plugin ini memberikan saran untuk peluang penautan internal menggunakan kata kunci yang cocok dalam teks.

Kesimpulan

Dengan plugin Yoast SEO, Anda bisa membuat konten yang telah dioptimalkan dalam beberapa bahasa, bahkan saat menggunakan versi gratis. Dengan demikian, Maka Anda dapat menjangkau visitor di seluruh dunia dan menarik pembaca baru ke website blog Anda.

Untuk rekap, Anda dapat menggunakan updatean terbaru Yoast SEO 17.0 (atau lebih) untuk mengoptimalkan audiens global dengan cara berikut:

  1. Gunakan analisis bahasa untuk mengoptimalkan audiens secra global.
  2. Gunakan fitur word form untuk menemukan dan menggunakan kata kunci yang relevan.
  3. Masukkan frasa kunci terkait menggunakan Yoast SEO dan Semrush.
  4. Gunakan saran tautan internal untuk memperkuat konten Anda.

Tinggalkan komentar