6 Cara Menghilangkan Grogi Di Depan Umum

Bagikan:

Cara Menghilangkan Grogi Di Depan Umum | Munculnya grogi pada saat akan tampil di depan umum merupakan hal yang sangat umum dialami oleh siapa saja termasuk untuk mereka yang sudah terbiasa. Banyaknya orang yang akan melihat anda bisa berpengaruh terhadap kelancaran anda berbicara di depan umum.

Baca: 7 Tips Mengubah Kepercayaan Diri di Depan Umum

Terkadang semakin banyak orang yang menonton, maka anda biasanya akan semakin gugup. Namun anda tidak perlu khawatir karena grogi saat di depan umum bisa dihilangkan dengan melakukan latihan secara rutin. Banyak yang menyatakan bahwa practice makes perfects, dan hal ini memang benar.

Menghilangkan Grogi Di Depan Umum
Mengatasi Rasa Cemas Ketika Berbicara di Depan Umum

6 Cara Menghilangkan Grogi Di Depan Umum

Semakin banyak anda latihan berbicara maka anda bisa semakin lancar berbicara di depan umum. Jika anda tidak memiliki masa untuk menonton, maka cobalah untuk berlatih di depan kaca agar mengetahui gaya anda ketika berbicara. 

Cara menghilangkan grogi ketika di depan umum juga bisa dilakukan dengan mengambil nafas dalam-dalam terlebih dahulu. Cara ini memang terdengar simpel, namun sangat membantu dalam menghilangkan grogi. Sebelum anda maju ke depan, ambilah nafas dalam-dalam untuk beberapa kali dan tenangkan pikiran anda. Cara menghilangkan grogi ini juga akan membantu anda berbicara dengan lancar.

Jangan Pandang Matanya

Cara menghilangkan grogi yang lainnya juga bisa dilakukan dengan tidak melihat matanya namun melihat atasnya saja seperti kepalanya. Kebanyakan orang akan merasa grogi ketika mereka mendapatkan sorot mata yang terlalu banyak.

Oleh karena itu anda tidak perlu melihat matanya ketika berbicara di depan umum, melainkan bisa melihat kepalanya. Mungkin trik ini terdengar konyol, namun cara menghilangkan grogi ini sangat ampuh dan efektif.

Selalu Berfikir Positif

Menghilangkan Grogi Di Depan Umum
cara menghilangkan grogi di depan umum selalu positif thinking

Apabila Anda menghadapi masa yang banyak, maka cobalah untuk berpikir positif terhadap masa Anda. Berpikirlah bahwa penonton yang ada itu tertarik dengan materi yang akan anda sampaikan. Dengan pikiran positif yang seperti ini, anda akan menjadi lebih tenang dalam menyampaikan materi anda.

Kuasai Materi yang akan Anda Sampaikan

Jangan lupa untuk menguasai materi yang akan anda sampaikan. Ini juga merupakan cara menghilangkan gorgi yang sangat ampuh. Jadi beberapa hari sebelum anda maju, siapkan segala materi yang anda perlukan. Pastikan anda mengerti segala materi yang akan anda sampaikan dan bacalah beberapa kali agar tidak lupa ketika sudah di depan umum. Jika perlu, buatlah min maping untuk membantu urutan presentasi anda. Hal ini akan membantu anda dalam menyampaikan urutan materi yang perlu disampaikan.

Berdoa

Berdoa merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum anda maju untuk berbicara di depan umum, baik itu adalah lomba atau pidato. Dengan berdoa terlebih dahulu, pikiran anda akan menjadi lebih tenang dan lancar. Hal ini otomatis juga akan membantu anda untuk berpikir lebih fresh dan berbicara dengan lebih lancar.

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Menghilangkan Grogi Di Depan Umum dengan cara selalu percaya diri

Cara menghilangkan grogi juga bisa dilakukan dengan menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anda sendiri. Cobalah berpikir bahwa apa yang akan anda sampaikan bermanfaat dan berguna untuk orang lain. Jadi tumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi pada diri anda sehingga bisa membuat segalanya lancar. Menghilangkan grogi ketika berbicara di depan umum memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Latihan dengan Rutin

Cara menghilangkan grogi diatas juga tidak akan ada gunanya jika tidak diimbangi dengan latihan yang rutin juga. Untuk anda yang takut salah atau lupa ketika berada di depan orang banyak, maka buatlah note kecil yang isinya poin-poin penting yang akan anda sampaikan. Ini tidak curang, namun lebih ke membantu anda untuk mengingat kembali yang akan anda sampaikan.

Tinggalkan komentar