10 Tips Cara Menjadi Blogger Sukses

Menjadi seorang Blogger yang sukses bukan dinilai dari berapa total pendapatan atau penghasilan yang didapati. Banyak ukuran yang bisa kita jadikan patokan kesuksesan Blogger.

Menjadi Blogger yang sukses merupakan blog yang mampu menjawab apa yang si visitor cari, Membangun sebuah komunitas yang baik melalui sebuah blog dan masih banyak lagi.

Namun tak bisa kita pungkiri, ya teman-teman. Kita ingin menjadi seorang blogger pasti ingin mendapatkan uang sebagai penghasilan kita.

Saya juga demikian.

Untuk membangun blog atau situs website dan ini terus bisa berjalan, tentu membutuhkan dana dan tenaga. Namun hal ini bukanlah menjadi hambatan kita untuk menjadi seorang Blogger.

Apa Saja Tips Menjadi Blogger Sukses dan Baik?


Pada kesempatan ini, saya ingin bagikan beberapa tips bagaimana supaya menjadi blogger yang sukses. Ini adalah tips pengalaman Saya. Jadi ini bisa teman-teman terapkan pada diri Anda.

1. Tentukan Maksud dan Tujuan

Menjadi Blogger sukses
Menjadi Blogger sukses

Anda ingin menjadi membuat blog itu tujuannya mau apa? Kebanyakan kita ini menjadi blogger pasti mendapatkan penghasilan, kan?

ga masalah kok itu,..

Tidak ada yang salah. Cuma, kalau maksud dan tujuan utama Anda membuat blog dan ingin menjadi seorang blogger karna ingin dapat uang,

Maaf….

Lebih baik jangan dilanjutkan ngeblog-nya.

Saya jamin, di tengah jalan Anda akan mengeluh, jenuh, dan akhirnya blog mati jika tujuan tidak tercapai.

Kalau Anda yang membaca artikel ini adalah orang baru memulai blog atau pertama kali ngeblog, saya menyarankan lebih baik jadikan blog itu adalah HOBI.

Bagi saya, blog adalah jati diri saya sendiri. Apa yang ada di blog merupakan bagian dari hidup saya. Berawal dari hobi hingga sekarang saya lebih suka menulis dari pada membuat konten video.

2. Konsisten Penuh

Saya mau teman-teman harus konsisten secara penuh. Bukan konsisten di awal saja. Ini adalah salah satu tips yang disukai oleh mbah Google.

Semakin kita rajin kita update konten, maka blog kita pasti akan mendapatkan trafik organik. Karena Google senang dengan blog yang selalu update.

Tapi kontennya jangan asal jadi ya,.. Buatlah konten yang unik, berkualitas dan profesional.

Inilah yang sebenarnya salah satu kunci utama.

Jadi ingat, Niat dan ketekunan Anda adalah kunci dasar untuk menjadi blogger yang sukses.

Itu yang pertama.

3. Tentukan Niche Konten Anda

Menjadi Blogger sukses

Yang kedua…!!! Anda juga harus konsisten pada Topik/Niche blog Anda.

Misalnya Anda jago masak dan suka menulis. Jadi blog Anda harus konsisten pada satu topik yang Anda kuasai. Blog tentang Masak, artikel nya juga tentang masak semua. Jangan blog ‘gado-gado’.

Emang Blog ‘Gado-gado’ itu salah ya, bang?

Saya tidak bilang blog Gado-gado itu salah. Dan ada juga blog gado-gado jadi sukses, Banyak kok.

Tapi bukan itu intinya. Membangun satu blog dengan banyak niche atau topik akan lebih kewalahan dan pusing memikirkan dari pada kita urus satu topik.

Kalau teman-teman lebih fokus satu topik pada blog Anda, maka;

  • Tujuan lebih terarah,
  • Lebih dikenal orang (brand),
  • Lebih mudah mengoptimasikan SEO On-Page
  • Penghasilan lebih bagus,
  • Dapat membangun komunitas yang baik dan
  • Mendapat kepercayaan dari pihak manapun.

4. Jangan Malas Nulis

Tentulah pasti kita ada rasa jenuh dan malas mengetik dan menatapi layar monitor dalam waktu tertentu. Malas itu timbul karna bosan.

Saya punya tips supaya tidak gampang bosan dan ini yang saya lakukan setiap saya menulis artikel.

  • Menulis sambil mendengar musik yang kamu sukai: Tapi jangan terlalu kencang-kencanglah volume-nya. Buat musik itu menjadi suasa santai dan rilex.
  • Sediakan Cemilan: Saya suka, tapi jarang saya lakukan karena saya lebih suka ngopi.
  • Keluar rumah dan pandanglah apa yang kamu pandang: Mata akan lebih segar kembali jika kita keluar dari rumah dan melihat daerah-daerah yang penuh dengan tanaman hijau. Saya biasa lakukan ini kurang lebih sejam sekali.
  • Chat sekali-kali pacar Anda: Biar tambah semangat 😀 ‘Tapi kalau jomlo, bang?’ Pacar orang lain aja.. Kenapa? ga berani?

5. Tentukan Platform untuk Ngeblog

blogger vs wordpress

Ini merupakan salah satu tips menjadi blogger sukses secara teknis. Platform CMS yang kita pakai juga menentukan kesuksesan kita juga loh,.. Tapi ga ngaruh-ngaruh amat lah.

Ada beberapa CMS yang bisa kita pakai baik secara gratis dan berbayar. Ada Blogger (milik Google), WordPress (milik saya), Joomla, Tumblr, Medium dan lain-lain.

Dari dulu hingga sekarang Blogger dan WordPress adalah CMS yang paling populer di dunia.

Kalau yang mau gratis. Ga mikirin hosting dan domain, maka pilihlah Blogger sebagai platform Anda. Blogger sudah menyediakan hosting dan domain gratis. Tapi saran saya jangan pakai gratis, belilah domain. Karena Domain itu adalah brand atau figur kita. Murah kok, Rp125.000 pertahun untuk domain .COM. Bahkan ada yang domain yang lebih murah, yaitu domain .MY.ID dari Rp10.000 hingga Rp15.000 pertahun.

Namun, Blogger ini minim fitur, terbatas, dan harus paling tidak memahami kode program website seperti HTML, CSS, PHP, JS. Misalnya Anda ingin menambahkan fitur atau mengganti warna tema, background, maka Anda harus memahami kode CSS.

Rekomendasi:

Kalau pengen belajar kode pemograman seperti HTML, CSS dan lain, ini ada situs yang bagus banget dan cocok untuk Anda belajar mandiri, https://www.w3schools.com/

Dan satu lagi, Blog Anda yang di Blogger.com 100% bukan milik Anda. Karna Anda cuma numpang sama hosting (server) dari Google

Fitur Blogger tidak begitu luas seperti WordPress.

WordPress lebih power dan lebih banyak fiturnya bila dibanding dengan Blogger. Kita bisa ngeblog sambil jualan di situs kita. Hanya dengan menginstal plugin WooCommerse, maka blog kita ada fitur toko online.

Dan juga, semua aset yang ada di blog itu 100% milik kita. Blogger lebih gampang di banned (kalau melanggar sedikit aja) bila dibanding dengan WordPress (self-hosting).

Makanya banyak orang lebih suka membuat blog pakai WordPress. Karena lebih semangat membuat konten karna banyak fitur yang bagus.

6. Riset Keyword

riset keyword
Riset Keyword

Keyword atau Kata kunci merupakan salah satu teknik penelitian yang biasanya digunakan oleh para penulis konten dan para ahli SEO.

Dengan riset keyword, kita bisa menargetkan konten kita kepada audiens secara tepat. Kita bisa mencari dan menemukan kata per kata yang pernah dicari pengguna di mesin pencari seperti Google dan Bing.

Beruntungnya ada beberapa tools yang canggih dimana kita bisa mencari atau meneliti keyword yang akurat. Dengan meriset kata kunci, kita akan menemukan ide-ide baru yang nantinya akan kita jadikan konten baru.

Berikut manfaat jika kita riset keyword dengan menggunakan Tool:

  • Menemukan keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari oleh user.
  • Mendapat ide-ide kata kunci yang akan menjadikan konten baru.
  • Menemukan kata kunci yang minim pesaingan.
  • Dapat meningkatkan jumlah pengunjung secara organik.

Alat untuk mencari Keyword seperti MOZ, Ahrefs, Keywordtool.io, SEMRush, Ubersuggest dan masih banyak lagi. Semua ada yang versi gratis dan ada yang versi berbayar.

Jika Anda adalah blogger pemula, lebih baik gunakan yang versi gratisnya dulu. Anda bisa sambil belajar cara riset keyword yang baik dan tepat. Dan untuk menjadi blogger sukses, tool-tool ini sangat dibutuhkan sekali.

7. Optimasi SEO

SEO atau search engine optimization merupakan suatu upaya untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari baik itu Google atau Bing.

Dan ini juga salah satu teknik dasar menengah di bidang website terlebih Anda seorang penulis. SEO itu ibarat salah satu bumbu masakan yang saling melengkapi. Anda sudah maksimal optimasi SEO di artikel Anda tapi mengabaikan tehnik optimasi yang lain, maka itu menjadi sia-sia.

Kalau di WordPress, kita lebih mudah mengoptimasikan SEO pada artikel karena sudah ada plugin gratis maupun berbayar yang bisa kita gunakan.

Kalau Anda ngaku blogger dan ingin menjadi sukses, Anda harus memahami cara mengoptimasi SEO di blog Anda.

Masih banyak lagi cara optimasi SEO seperti SEO On-Page, SEO Off-Page (backlink).

8. Perkenalkan Blog Anda ke Orang Lain

media sosial
Menjadi Blogger sukses

Agar produk baru cepat laku dipasaran pasti harus diperkenalkan ke orang lain, bukan? begitu juga dengan blog kita.

Blog juga bisa kenalkan ke orang lain seperti share ke media sosial atau juga bisa Anda rekomendasikan kepada teman-teman sekantor, atau teman yang memiliki minat yang sama.

Seperti di media sosial, Facebook misalnya. Anda bisa share ke group yang relavan dengan blog Anda. Jangan yang Anda share itu artikel Masak tapi dishare ke group Bola. Ga relavan kan. Sedangkan group yang masih relavan aja masih dianggap spam sama penghuni group.

Jika Anda ingin share artikel di group-group Facebook lakukan secara berkala. Kalau bisa bangun group baru untuk komunitas Anda.

9. Terus Pantau Blog Anda

Anda harus pantau perkembangan

Cara terbaik untuk memastikan kesuksesan konstan blog Anda adalah dengan memantau analitiknya dengan cermat. Jika sesuatu yang Anda lakukan hari ini berhasil, bukan berarti itu akan berhasil dua minggu dari sekarang.

Cobalah yang terbaik untuk beradaptasi dengan tren pemasaran dan online terkini sehingga blog Anda dapat berkembang selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun yang akan datang.

10. Jujur

Kembali lagi tentang konten. Agar Anda bisa menjadi blogger Sukses, dihargai oleh pengunjung dan mudah dikenal oleh orang lain, buatlah sebuah konten yang jujur, apa adanya. Jangan buat konten yang menyesatkan.

Misalnya nih, membuat konten tutorial aplikasi Android. Dan ternyata tutorial yang Anda buat tidak sesuai dengan kenyataan. Visitor berharap mereka menemukan jawaban dari konten tutorial Anda. Dan ketika melihat konten Anda yang tidak sesuai maka mereka akan kecewa.

Satu lagi, Kalau artikel yang Anda buat dan ada dari website orang lain. Usahakan sertakan sumbernya. Juga gambar yang Anda sertakan di artikel, harus cantumkan sumber gambar tersebut. Dengan begitu Anda akan dinilai oleh pengunjung bahwa Anda menghargai karya orang lain dan menambah nilai kepercayaan atau kualitas artikel tersebut.


Kesimpulan

Itulah beberapa tips menjadi Bloggger sukses versi Androkit.com. Sebenarnya masih ada lagi sih, cuma nanti saya akan tambahkan lagi di artikel mendatang.

Anda yang blogger pemula, mulai saat ini jadikan blog Anda sebagai rumah Anda sendiri. Desain rumah Anda yang bagus, atur tata letak menu yang mudah diakses pengguna.

Jika Anda konsisten dengan blog Anda, dan mengikuti tips di atas, Saya yakin, suatu saat blog Anda menjadi sukses dan dikenal oleh orang.

Salam,

Bagikan:

Tinggalkan komentar