Cara Merawat Rambut Rusak, Kering dan Mengembang Dengan Benar

Cara Merawat Rambut Rusak | Setiap orang tentunya menginginkan rambut yang panjang, indah dan bercahaya. Namun hal ini tentunya bisa anda dapatkan ketika anda merawat rambut anda dengan baik dan benar.

Sayangnya saat ini banyak masalah kerusakan rambut yang sering dialami para wanita sehingga rambut menjadi rusak, rontok dan berminyak. Masalah-masalah seperti ini sebenarnya sangat wajar dan bisa terjadi pada siapa saja, namun hal ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan rambut yang benar dan aman.

Salah satu cara merawat rambut rusak dengan aman adalah dengan membersihkan rambut dengan rutin terutama setelah seharian bekerja.

Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

cara merawat rambut rusak agar kembali sehat
cara merawat rambut rusak agar kembali sehat

Untuk menangani rambut yang kering serta mengembang, Anda harus pandai pilih produk perawatan rambut seperti shampo, vitamin rambut dan conditioner. Pemakaian beberapa bahan alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun dapat menolong sehatkan rambut dan membuat jadi lebih gampang ditata.

Rambut yang mengembang atau megar memang sungguh menjengkelkan. Masalahnya jadi condong lebih susah disisir dan ditata.

Untungnya, ada cara-cara supaya rambut tidak megar yang gampang dilaksanakan di dalam rumah.

  1. Gunakan selalu shampo yang Sesuai
  2. Bila perlu gunakan Minyak Zaitun sebelum keramas
  3. Keramas menggunakan dengan air dingin
  4. Selalu gunakan kondisioner
  5. Lakukan pengeringan rambut dengan ditepuk lembut
  6. Mengurangi penggunaan alat styling rambut
cara merawat rambut rusak
Sumber: canva.com

Cara Merawat Rambut Sehat Secara Alami

Namun dalam membersihkan rambut/ keramas, Anda harus memastikan bahwa shampoo yang kita gunakan sesuai dengan permasalahan rambut kita saat itu.

Contohnya jika anda mengalami rambut yang rontok, maka gunakanlah shampoo herbal untuk mengatasinya. Sebenarnya shampoo herbal juga sangat bagus dan bisa digunakan sebagai cara merawat rambut rusak untuk jenis rambut apapun.

Carilah shampoo yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk rambut anda dan pilihlah yang sedikit busanya.

Baca: Manfaat Ramuan Kemiri – Mengatasi Kebotakan Secara Alami

Cara Alami Merawat Rambut Rusak

Cara merawat rambut rusak tidak hanya bisa dilakukan dengan produk saja, melainkan bisa menggunakan cara-cara alami seperti membuat masker rambut dari bahan-bahan alami. Salah satu bahan yang dikenal bisa menjaga kesehatan rambuta adalah buah alpukat.

Hal ini terbukti dengan seringnya buah ini digunakan sebagai masker rambut di berbagai macam salon rambut. metode ini bisa dilakukan dengan mendinginkan atau membekukan buah alpukat terlebih dahulu selama beberapa jam.

Biarkan hingga dingin lalu bersihkan dan haluskan buah tersebut. Jika sudah oleskan buah yang sudah dihaluskan ke seluruh rambut anda dan biarkan untuk 20 menit karena pada saat inilah rambut anda menyerap nutrisi dari alupkat.

Baca: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Selanjutnya bersihkan seluruh rambut anda dan cucilah hingga bersih. Cara merawat rambut rusak dengan langkah ini sebaiknya anda lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan rambut yang sehat. Tidak hanya alpukat saja, namun stroberi dan jeruk pun bisa membantu menyehatkan kembali rambut anda.

Tips Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak

cara merawat rambut rusak
cara merawat rambut rusak secara alami

Jika anda tidak memiliki buah-buahan maka bahan lain yang bisa anda gunakan sebagai cara merawat rambut rusak adalah dengan menggunakan minyak zaitun dan telur. Pada dasarnya bau telur cukup amis, sehingga untuk menghilangkannya sedikit anda bisa menambahkan minyak zaitun dalam campurannya.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

Jadi yang harus anda lakukan adalah:

  • Memasukkan 3 butir telur ke dalam mangkuk yang juga berisi minyak zaitun sebanyak 100 ml.
  • Campurlah kedua bahan tersebut dan oleskan pada seluruh rambut anda.
  • Biarkan hingga 20 menit atau sampai mengering.
  • Jangan lupa untuk membilas rambut anda hingga bersih untuk menghilangkan bau amisnya.

Sebenarnya masih banyak cara merawat rambut rusak secara tradisional yang bisa anda lakukan, namun hal ini tidak akan berjalan dengan baik jika anda tetap malakukan hal-hal yang bisa merusak kesehatan rambut anda.

Salah satu hal yang bisa mencegah rambut anda mudah rusak adalah dengan mengurangi gonta-ganti warna rambut secara terus menerus. Pewarna rambut dikenal memiliki bahan kimia yang sangat banyak dan sangat berpotensi untuk merusak rambut anda. Selain itu, penggunaan sisir yang tajam juga tidak baik karena dapat merusak dan menyebabkan kerontokan.

Jangan lupa juga untuk mencuci rambut dengan rajin terutama jika anda memiliki tipe rambut yang berminyak. Dengan melakukan tips diatas anda akan mendapatkan rambut yang indah dan sehat.

cara merawat rambut rusak agar kembali sehat

Kesimpulan | Cara Merawat Rambut Rusak

Perawatan rambut penting dilaksanakan sebab rambut terjadi kehausan atau kekeringan di setiap saat. Sehari-harinya rambut mengenai pancaran sinar matahari, debu dari pencemaran udara, temperatur panas dari alat styling rambut, juga produk make up rambut yang membuat rambut berasa lebih kering dan lusuh

Bagikan:

Tinggalkan komentar