Cara Mirroring PC ke TV dengan Wireless Display Windows 10

Bagikan:

Kita dapat Mirroring PC ke TV dengan mudah. Dengan mirroring atau transmisi layar kita bisa melihat atau menonton dengan layar yang lebih besar.

Pada kesempatan kali ini Aku akan share trik-trik cara menghubungkan dari layar laptop ke layar TV dengan menggunakan alat seperti Dongle.

Windows 10 mempunyai kekuatan untuk merepresentasikan monitor Sobat ke dongle atau piranti apa saja (misalkan, kotak streaming, TV) yang cocok dengan standard Miracast yang terkenal semenjak dikeluarkan di tahun 2015.

OS Microsoft saat ini memungkinnya PC Sobat jadi monitor nirkabel, terima signal Miracast dari handphone, tablet, atau netbook atau desktop Windows 10 yang lain.

Bila Sobat mempunyai PC dengan OS Windows 10 yang tersambung ke TV Sobat, saat ini juga bisa memiliki fungsi ganda sebagai dongle monitor nirkabel untuk ponsel atau laptop/PC Sobat.

Saat Sobat sedang melakukan tranmisi dari PC Windows 10, Sobat dapat memperluas dengan menduplikasi layar sesuai keinginan, misalnya, memutar film di layar TV saat diwaktu yang sama Sobat sedang mengirim email di layar utama atau layar PC.

Cara Mirroring PC ke TV dengan Wireless Display

Ingin melakukan mirror layar pada Windows 10? Berikut cara mengubah PC Windows 10 Anda menjadi layar nirkabel dengan menggunakan Miracast:

  • Buka Action Center. (ikon yang ada di sudut kanan bawah.)
  • Klik Hubungkan atau connect.
cara mirroring pc ke tv
  • Klik ‘Projecting to this PC‘ seperti gambar di bawah ini. (Jendela pengaturan akan muncul.)
  • Pilih “Available Everywhere” atau “Available everywhere on secure networks” dari menu pull-down atas.
tutorial mirroring pc ke tv
mirroring pc ke tv
  • Pilih “First time only” atau “Setiap kali koneksi diminta” di bawah “Every time a connection is requested.” (Aku sarankan memilih “First time only” kecuali Sobat benar-benar khawatir bahwa beberapa pencuri nakal akan mengambil ponsel Anda dan memproyeksikan ke komputer Sobat tanpa izin.)

Aku juga merekomendasikan untuk tidak mengaktifkan “Require PIN for pairing” karena Sobat tetap harus memberikan izin pada komputer penerima. Sobat juga dapat memutuskan apakah Sobat ingin PC atau laptop Sobat menerima permintaan proyeksi hanya saat dicolokkan.

  • Klik Yes ketika Windows 10 memberi tahu bahwa perangkat lain ingin memproyeksikan ke komputer Sobat.
bagaimana cara menghubungkan layar dari laptop ke pc windows 10

Aplikasi Windows Connect akan diluncurkan di jendelanya sendiri. Anda dapat menyeret (drag), mengubah ukuran, atau memaksimalkan jendela.

Kami menemukan bahwa video bisa diputar dengan lancar dalam koneksi antara Surface Pro 4 dan ThinkPad T440s.

Baca: Aplikasi Multitasking untuk Android Gratis dan Terbaik

Selain itu, jika perangkat pengirim adalah PC Windows 10 dan memungkinkan, Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse pada komputer penerima untuk mengontrol pengirim dari jarak jauh.

Cara Mirroring Layar Windows 10 ke Perangkat Lainnya

Berikut cara memindahkan layar laptop/komputer Sobat dari perangkat pengirim, jika itu adalah komputer Windows 10. (Perangkat Android memiliki menu tampilan nirkabel yang berbeda.)

  • Buka Action Center.
  • Klik Connect. Daftar perangkat penerima yang tersedia akan muncul, dan komputer Sobat yang lain harus ada di dalamnya.
  • Pilih perangkat penerima. Anda mungkin harus menunggu satu menit atau lebih lama untuk memasangkan perangkat. Jika koneksi gagal, Anda harus mencoba lagi.
menghubungkan layar pc ke tv
mirroring pc ke tv
  • Alihkan “Allow input” ke “on” jika Anda ingin perangkat penerima mengontrol PC Anda dengan keyboard dan mouse-nya.
  • Klik “Change projection mode” dan pilih “Extend” dari menu yang muncul jika Sobat ingin menggunakan layar nirkabel sebagai desktop kedua.
  • Klik Disconnect bila Anda ingin mengakhiri koneksi Anda.

Demikian artikel tutorial cara mirroring pc ke tv dengan Wireless Display di Windows 10. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar