Cara Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android

Bagikan:

Halo sobat Androkit yang berbahagia. Artikel kali ini saya akan bahas tentang trik menghapus atau cara nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android disemua pemberitahuan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

cara on off notifikasi aplikasi android
mematikan notifikasi aplikasi android

Cara Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android

Terkadang kita jengkel apabila ada notifikasi tidak penting yang dapat mengganggu aktifitas kita, baik saat kerja maupun saat kita sedang menggunakan perangkat smartphone.

Apalagi kalau isi pemberitahuannya tentang iklan. Terus dengan tidak sengaja kita mengklik atau membuka isi notifikasi tersebut.

Anda harus tau, Notifikasi aplikasi juga dapat menguras daya baterai dan juga menguras kuota internet juga loh. Walaupun tidak begitu banyak menguras kuota, tapi jika ini terjadi secara terus menerus muncul, kurang lebih 1 Mb kuota mungkin akan hilang.

Salah satu aplikasi yang banyak menampilkan notifikasi di layar utama kita adalah aplikasi marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Aplikasi ini sering menawarkan berbagai diskon atau promo seperti gratis ongkir dan lain-lain lewat notifikasi.

cara on off notifikasi aplikasi android
cara on off notifikasi aplikasi android

Jika anda ingin menonaktifkan atau menghentikan pemberitahuan yang bisa membuat baterai dan kuota terkuras, saya akan berikan panduannya. Ikuti langkah berikut:

  • Pertama, buka menu pengaturan smartphone >> Manajemen Aplikasi atau Aplikasi.
  • Pilihlah aplikasi yang menurut anda sering muncul notifikasi berulang-ulang. Pada artikel ini saya coba pilih aplikasi Share-it. Karena aplikasi ini juga sering muncul notif iklan yang tentunya sangat mengganggu.
  • Setelah masuk >> ketuk bagian notifikasi
  • Tampilan menu “notifikasi”
  • Izinkan Aplikasi: Berfungsi sebagai power on/off menu Notifikasi.
  • Tampilkan layar kunci: Mengizinkan notifikasi untuk tampil di layar kunci.
  • Tampilkan lencana ikon layar Beranda: Mengizinkan ikon notifikasi pada aplikasi tertentu untuk menampilkan ke layar Beranda.

Pada nomor 1, jika anda Off-kan, maka aplikasi tersebut tidak akan memunculkan lagi notifikasi pada layar beranda anda. Dan otomatis nomor 2 dan nomor 3 tidak akan aktif.

Bagaimana Cara Menghapus Notifikasi Shopee, Facebook dan lain-lainnya?

Sama langkahnya seperti yang saya sudah jelaskan tadi. Tinggal anda cari dan pilih aplikasi Shopee atau Facebook atau aplikasi lainnya. Lalu anda tinggal masuk menu Notifikasi dan non aktifkan seperti yang sudah saya jelaskan.

Muncul Notifikasi Iklan atau aplikasi yang Sedang Berjalan pada Layar Belakang

Cara nonaktifkan Notifikasi Aplikasi – Sering muncul iklan notifikasi yang tidak tahu asalnya dari mana. kejadian serupa banyak saya temukan apalagi anda mungkin pernah download aplikasi lewat Browser bukan lewat PlayStore.

Untuk mematikan notifikasi aplikasi android, yang anda harus lakukan adalah Pengaturan >> Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.

Tugas anda adalah mencari dan ketuk aplikasi yang anda tidak pernah merasa sama sekali instal. Atau aplikasi yang anda download dari Browser. Ketuk menu ‘Notifikasi’ dan Non-aktifkan ‘Izinkan Aplikasi’. Atau sebaiknya hapus aplikasi yang mencurigakan seperti aplikasi yang tidak pernah anda pasang pada perangkat anda.

Demikian langkah-langkah Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi. Semoga terbantu dan apabila masih ada kendala lain menyangkut tentang notifikasi, silahkan tinggalkan pesan Anda pada bagian kolom komentar.

Bila perlu share ke teman-temanmu, ya…!

Tinggalkan komentar