Ciri-Ciri Money Game Skema Ponzi

Halo sahabat AndroKIT dimanapun anda berada. Money game skema Ponzi tergolong sebuah usaha menggalang dana warga yang telah dilakukan baik perorangan atau group dengan modal tekad menggali keuntungan sebesar-besarnya dari anggota atau member-nya di jalan tidak baik atau sah. Artikel kali ini kita akan bahas tentang Ponzi atau Money Game yang sedang banyak diperbincangkan baik di dunia nyata maupun di sosial media.

ciri ciri money game skema ponzi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Money Game Skema Ponzi

Nampaknya di saat susah seperti begini orang lebih tertarik sama investasi yang easy money, dengan mengeluarkan modal yang sangat kecil dan keuntungan yang berlipat-lipat. Lagian, siapa sich yang tidak tergoda sama investasi yang janjiin keuntungan besar? Tetapi berhati-hati, bisa saja kamu kejebak dalam yang bernama penipuan money game.

Apa yang Dimaksud dengan MONEY GAME?

Money Game skema PONZI merupakan sistem yang melipatgandakan uang dari anggota baru (investor baru) untuk disetor ke anggota lama (investor lama)

Anggota anyar dapat memperoleh keuntungan jika dapat mengambil anggota baru selanjutnya. Metode ini sudah tentu memberikan keuntungan orang yang ada di paling puncak.

Yang pantas dicurigai ialah money game yang bekerja secara lebih lembut, yakni dengan jual produk tetapi untuk melabui atau basa basi saja. Karena, produk itu dipasarkan dengan harga yang fantastis bila dibanding dengan harga produk yang sama di pasar. Keuntungan dari produk itu yang nanti akan dibayar ke beberapa investor.

Bagaimana Skema Money Game?

Skema Ponzi ialah modus investasi palsu yang membayar keuntungan ke investor bukan datang dari keuntungan yang didapat dari aktivitas operasi perusahaan, tetapi datang dari investor seterusnya yang sudah dilakukan dengan mengambil anggota baru. Usaha dengan Pola Ponzi akan bangkrut saat tidak lagi ada anggota baru yang dapat diambil karena saluran dana akan berhenti hingga menyebabkan ketidaksanggupan perusahaan dalam bayar keuntungan ke investor.

Penipuan berlagak investasi yang prospektif pendapatan besar masih mengambil hati warga Indonesia. Pasalnya mereka selalu beralih serta berusaha dalam membalut dan membungkus usaha yang secara umum memakai pola Ponzi. Mereka selalu sukses memberikan keyakinan warga dengan menjanjikan keutungan yang besar dalam waktu yang relatif cepat. Bukannya mendapatkan keuntungan, mereka justru terjerat dan jadi korban penipuan.

Apakah Money Game Skema Ponzi Haram?

Money game hukumnya haram dan sebagai dosa besar, karena dua argumen utama; Pertama, sebab money game ialah penipuan atau manipulasi (al ghisy). Perusahaan money game mengeklaim mereka lakukan usaha riel (jual-beli produk), walau sebenarnya kenyataannya tidak. Ini terhitung kelompok penipuan/manipulasi (al ghisy) yang diharamkan Islam

Nahdlatul Ulama (NU), sebuah organisasi Islam paling besar di Indonesia putuskan jika usaha dengan mekanisme Multi Level Marketing (MLM) sebagai usaha yang haram. NU memandang ada tipu tipu daya dalam usaha itu. Harus dipahami, dalam memulai usahanya, arah MLM umumnya untuk menggandeng atau mengambil orang, dan itu dipandang seperti tipe money game.

Ciri Ciri Money Game Skema Ponzi

money game skema ponzi haram

Berikut adalah karakteristik Money Game skema Ponzi yang perlu sobat Bonar ketahui:

  1. Ada biaya registrasi keanggotaan yang sangat besar.
  2. Janji keuntungan didapat dalam sekejap.
  3. Tidak mempunyai ijin atau validitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta instansi berkaitan.
  4. Memberinya janji keuntungan, bonus, dan hasil investasi yang besar, bahkan juga kerap tidak logis.
  5. Keuntungan, bonus, serta hasil investasi didapatkan apabila sukses tarik anggota baru.
  6. Harga produk yang dipasarkan benar-benar mahal dibanding lewat produk semacam.
  7. Produk atau jasa yang dipasarkan bukan produk yang diperlukan warga, cuman sebagai penyamaran saja.
  8. Pola usaha susah untuk dimengerti.
  9. Tidak bergabung dalam Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)

Contoh Bisnis Money Game yang Ada di Indonesia

Salah satu contoh bisnis Money Game terkenal atau yang lagi viral dalam waktu yang lalu adalah Vtube.

Vtube adalah salah satu dari sekian aplikasi berkedok ponzi atau money game. Yang membuat tergiur dan ingin mencoba aplikasi Vtube ini adalah :

  1. Daftar GRATIS
  2. Misi mudah, hanya nonton iklan.

Cara kerjanya adalah para member diwajibkan menyelesaikan tugas atau misi nonton iklan. Dalam satu hari. Itu kalau tidak salah ada 10 iklan dalam satu hari.

Dan imbalan nonton iklan ternyata berbeda-beda berdasarkan Tingkatan Level Member. Level Gratis adalah level yang paling rendah. Dan itupun susah untuk mencairkan serta dibatasi.

Agar bisa dapat VP lebih besar, maka leader atau upline-nya menyarankan untuk FT atau Fasttrack. Dan jika misi selesai, maka member akan mendapat VP lebih besar dibanding dengan yang versi gratis.

Jadi, member-member yang gratis akan dilabui oleh upline supaya membayar atau naik ke level lebih tinggi. Tentu ini membuat yang gratis secara tidak langsung dipaksa bayar sejumlah uang (Fast Track) mendapat lebih banyak VP. Dan VP tersebut dijual kembali dengan member-member lain yang membutuhkan.

Di sinilah letak skema ponzi dari aplikasi Vtube. jual beli barang yang tidak ada bentuk dan nilai dari Member ke member. Mereka terus mencari member-member baru agar keuangan terus mengalir hingga nanti tidak ada lagi member2 baru yang masuk dan fast track. Jika tidak ada yang fast track. maka secara otomatis keuangan vtube akan down. Karna tidak ada pemasukan dari investor atau member baru.

Metode lain selain nonton iklan adalah investasi dalam bentuk emas, uang digital dan MLM atau Direct Selling.

Bagikan:

Leave a Comment