Dana PayLater Tidak Bisa Digunakan? Penyebab & Solusi

Baru baru ini lagi asinya belanja di salah satu toko online favorit Anda, tapi nyatanya saat melakukan pembayaran menggunakan Dana paylater tidak bisa digunakan. Apa penyebabnya? dan bagaimana solusi agar kita bisa gunakan Dana PayLater? Yuk simak artikel ini, ya..

Beberapa Penyebab dan Solusi Dana Paylater Tidak Bisa Digunakan

Saya harap teman-teman simak penjelasan di bawah ini agar nantinya Anda mengerti kenapa Dana PayLater tidak bisa dipakai untuk belanja.

Perbaikan Sistem

Hal pertama (terpenting) adalah perbaikan sistem dari pusat. Kalian bisa tunggu beberapa jam atapun beberapa hari.

Solusi Terbaik: Tanyakan masalah ini kepada pihak CS DANA melalui link website pusat bantuan Dana. Anda isi form nya (lihat gambar di bawah!) lalu juga Anda sertakan gambar screenshot supaya mereka lebih mudah mencari solusi Dana PayLater tidak bisa digunakan.

Perbaikan Sistem dana paylater

Jika Anda menggunakan aplikasi, bisa langsung:

  • Buka aplikasi DANA
  • Menu Profil
  • Gulir ke bawah dan pilih Pusat Resolusi
  • Pilih Lainnya.
  • Pada pilihan Topik, pilih Dana PayLater
Dana PayLater Tidak Bisa Digunakan
Dana PayLater Tidak Bisa Digunakan
  • Selanjutnya, pilih subtopik yang sering pengguna ajukan pertanyaan ke pihak CS Dana.

Limit PayLater Tidak Mencukupi

Mungkin saking enaknya pakai PayLater, lupa kalau limitnya udah dipakai banyak dan akhirnya tidak mencukupi lagi untuk melakukan pembayaran selanjutnya. Hal ini sering terjadi kepada pengguna PayLater apapun, baik itu PayLater dari AkuLaku, SPayLater dan lainnya (Baca juga: Cara Tarik Limit Shopee PayLater ke DANA).

Bagi teman-teman yang tidak tahu limit saldo PayLater, itu adalah semacam batasan saldo uang yang diberikan dari pihak perusahaan dan bisa kita gunakan secara bebas.

Misalnya, saldo limit Dana PayLater ada Rp2.000.000. Anda gunakan 300rb buat beli sesuatu. Maka limit Anda akan berkurang menjadi Rp1.700.000 begitu juga selanjutnya.

Solusi Terbaik:

  • Upgrade atau naikin limit Dana PayLater Anda, atau
  • Anda bayar dulu tagihan sebelumnya. Contoh: Total belanja Rp300.000 dan limit ada Rp250.000. Kurang Rp50.000, kan? Kamu bisa bayar cicilan/tagihan Rp50.000 dulu, dan nanti secara otomatis limit akan bertambah menjadi Rp300.000 (cara ini saya saya pakai di platform AkuLaku, tapi kemungkinan bisa di DANA). Baca: Cara Bayar di Shopee pakai AkuLaku.

Skor Kredit yang Buruk

Penyebab kenapa Dana PayLater tidak bisa digunakan itu salah satunya ialah skor kredit tidak memadai.

Mungkin Anda pernah belanja apapun pakai DANA PayLater tapi Anda telat bayar (jatuh tempo) walaupun Anda melunasi tagihan itu.

Jadi, bagi DANA, meskipun Anda sudah bayar tapi waktu jatuh temponya sudah lewat, maka skor kredit Anda akan berkurang. Kalau satu atau dua kali mungkin masih diberi toleransi. Tapi ini semua tergantung syarat dan ketentuan dari pihak perusahaan.

Solusi Terbaik: Coba lakukan pembayaran tagihan paylater berikutnya lebih awal. Anda punya tagihan PayLater? cek tanggal jatuh temponya dan usahakan jangan lewat atau sebelum hari jatuh tempo. Hal ini kita lakukan untuk memperbaiki skor kredit Anda.

Masih Memiliki Tunggakan atau Tagihan

Dana PayLater Tidak Bisa Digunakan berikutnya adalah Anda punya tagihan di DANA. Bagaimana cara melihat riwayat tagihan di DANA?

  • Buka aplikasi DANA
  • Masuk ke Profil
  • Pilih My Bills
cara melihat riwayat tagihan di DANA
  • Tekan menu Riwayat Tagihan
  • Pastikan di menu riwayat tagihan ini tidak ada tagihan yang nunggak atau belum bayar.

Jika ternyata tidak ada tagihan yang nunggang, solusinya coba hubungi pihak CS. Lihat di bagian Pertama.

Melanggar Kebijakan

yang kelima penyebab Dana PayLater tidak bisa digunakan adalah salah satu Anda telah melanggar kebijakan. Apakah sebelumnya Anda sudah baca kebijakan DANA? Solusinya adalah silahkan cek di sini.

Kesimpulan Mengatasi Dana PayLater tidak Bisa Digunakan

Berikut adalah cara mengatasi kenapa Dana PayLater tidak bisa Anda pakai:

  • Lunasi tunggakan tagihan (cek di menu My Bills)
  • Limit Kredit masih mencukupi,
  • Menghubungi Call Center 1500 445 atau kunjungi halaman pusat bantuan (klik di sini).

Dana Paylater bisa Digunakan untuk Apa saja?

Oh banyak, Anda bisa gunakan untuk keperluan atau kebutuhan keluarga/pribadi seperti belanja baju online, beli kuota, token listrik dan masih banyak lainnnya.

Anda bisa gunakan Dana PayLater di berbagai toko online atau marketplace seperti di TokoPedia seperti Cara Mencairkan Dana Home Credit di Tokopedia.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk Dana PayLater Tidak Bisa Digunakan, semoga bermanfaat. Jangan malu bertanya di kolom komentar!

Bagikan:

Tinggalkan komentar