DC Lapangan FinKu: Pengalaman Gagal Bayar FinFund

Share dulu, dong!

Ketika Anda mengalami yang namanya telat bayar atau gagal bayar di fitur pinjaman FinFund, mungkin yang Anda pikirkan adalah apakah ada DC lapangan FinKu ke rumah?

Tentunya, tujuan dari artikel ini adalah untuk memerikan informasi tentang cara penagihan FinKu dan membahas tentang ada atau tidaknya DC Lapangan yang akan datang berkunjung ke rumah atau tempat kerja. Jadi, teruslah berkunjungi di Androkit untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pinjaman online.

Selain dari pada itu, artikel ini juga akan memberikan informasi mengenai ‘tanda-tanda penagih mau datang’, ‘cara menangani DC Lapangan, dan ‘dampak buruk gagal bayar FinKu’.

Sekilas Tentang FinFund dari Finku

FinFund merupakan salah satu produk terbaru dari PT Sahabat Finansial Kamu yang mana produk ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa agunan.

FinFund ini tersedia di aplikasi Finku dan tentunya legal atau terdaftar, diawasi oleh OJK No-S-242/MS.22/2022.

Informasi Tentang DC Lapangan Finku

DC Lapangan Finku

Kembali ke topik utama! ketika kita mengalami gagal bayar atau telat bayar apakah Finku ada DC Lapangan? Sayangnya kami belum mendapatkan informasi yang valid tentang masalah ini. Namun, coba kita perhatikan gambar di bawah ini!

pengalaman telat bayar Finku

Kalau kita baca isi percakapan (gambar di atas) yang dikirim oleh pihak DC Finku, mereka akan mengirimkan DC lapangan apabila dalam waktu yang tidak ditentukan hutang belum lunas, maka mereka akan mengirimkan DC ke rumah. Di situ juga dikatakan bahwa pihak Finku bekerjasama dengan trustIQ.

Untuk informasi tambahan, trustIQ merupakan platform pinjaman online yang dikelola oleh PT Trust Teknologi Finansial dan merupakan bagian dari group ASN yang merupakan group Bank Perkreditan Rakyat (BPR). ASN telah berdiri dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan memiliki 50 kantor cabang yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Jadi, kalau menurut saya, apabila benar Finku dan trustIQ merupakan satu mitra kerjasama, besar kemungkinan yang gagal bayar FinFund di Jawa dan Sumatra ada DC Lapangan.

Tidak Bisa Bayar tagihan Finku, Apakah Masuk SLIK OJK?

Segala transaksi Anda di Finku akan tercatat di OJK termasuk ketika Anda gagal bayar.

Salah satu contoh yang pernah kami alami (walaupun bukan di aplikasi Finku) ketika ingin mengambil pinjaman di KUR BRI. Pihak BRI melihat adanya tagihan yang belum lunas dan meminta kami untuk melunasi tagihan paylater dari Akulaku. Karena mereka mencatat bahwa tagihan tersebut dapat menghambat pengajuan KUR BRI.

Nah, dari kejadian tersebut, dapat kami simpulkan bahwa ketika kita mengalami gagal bayar di salah satu pinjaman online atau layanan paylater legal, maka besar kemungkinan riwayat di SLIK OJK bakalan berpengaruh besar. Ke depannya, Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit apapun baik itu kredit motor, mobil maupun rumah.

Mungkin bagi teman-teman yang sampai saat ini sedang gagal bayar Finku bisa berbagi pengalaman Anda dengan mengisi kolom komentar di bawah artikel ini.

Cara Penagihan Finku

Ada beberapa proses penagihan pinjol legal, termasuk Finku. Jadi, secara singkatnya begini:

  • Bagi pengguna baru, dalam tiga atau empat hari sebelum jatuh tempo bakalan ada SMS atau telepon tentang pemberitahuan soal kewajiban membayar cicilan. Biasanya ini hanyalah pengingat yang sudah dirancang oleh sistem.
  • Ketika sudah lewat jatuh tempo, berikutnya data Anda akan diserahkan oleh pihak Desk Collection. Mereka ini yang akan menghubungi Anda secara online baik via SMS, Telepon, Chat dan sebagainya. Tujuan mereka tak lain adalah mengingatkan atau menagih angsuran atau cicilan peminjam.

Tanda-tanda DC Lapangan Datang Ke Rumah (jika memang ada)

Di bawah ini adalah salah satu contoh tanda-tanda DC Lapangan bakalan datang ke rumah adalah adanya surat penugasan penagihan yang akan berkunjung ke rumah.

Surat penugasan dc lapangan adakami
Source: Facebook Group

Untuk informasi lebih lanjut soal tanda-tanda DC Lapangan bakalan ke rumah untuk menagih, Anda bisa klik di sini.

Wajib Kamu Tahu

Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol

Sebelum kita bahas tips menghadapi DC Lapangan, ada baiknya Anda wajib tahu dulu soal tata cara aturan penagihan (via kunjungan) yang dikeluarkan oleh OJK.

Anda wajib meminta atau menanyakan beberapa dokumen penting seperti:

  1. Bukti identitas
  2. Surat tugas dari pihak perusahaan
  3. Bukti dokumen debitur wanprestasi
  4. Sertifikat profesi di bidang penagihan
  5. Salinan sertifikat jaminan Fidusia

Pihak penagih wajib membawa lima surat tersebut sebagai tanda bukti valid/sah. Jika salah satu dari kelima surat tersebut tidak dapat mereka membuktikan, maka Anda juga jangan menanggapi mereka. Suruh mereka pulang dan lengkapi surat-surat tersebut.

Tips Menghadapi DC Lapangan Finku

  • Pertama, jangan takut, rileks saja. Jangan terlihat orang ketakutan
  • Pastikan kelima dokumen tersebut lengkap.
  • Jika ternyata masih kurang lengkap, tetapi mereka tetap menolak dan meminta Anda bayar utang, maka Anda bisa langsung sebutkan bahwa ini adalah aturan dari OJK.
  • Kalau ternyata dokumen mereka lengkap, berikan mereka bicara tentang tujuan kedatangan mereka.
  • Jika Anda masih belum punya uang, katakan kepada mereka bahwa Anda berjanji akan membayar semua kewajiban saya dengan memberikan tenggang waktu yang Anda tentukan.
  • Beritahu alasan kenapa saat ini Anda belum bisa membayar hutang tersebut.

Jangan mau, bila ada oknum-oknum di sosial media yang menawarkan hapus data pinjol. Ini jelas modus penipuan.

Solusi Keringanan Pembayaran FinKu

Setiap perusahaan fintech atau bidang pembiayaan lainnya pasti memiliki program seperti keringanan pembayaran, diskon 50% atau bayar tanpa biaya denda. Tapi masing-masing platform memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menanyakan hal ini langsung ke pihak DC FinKu atau bisa langsung hubungi: customer.experience@finku.id. Tanyakan apakah ada program keringanan pembayaran cicilan FinFund? Jika ada, biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

FAQs

Apakah Finku Sebar Data?

OJK memiliki beberapa peraturan dan kebijakan yang harus diikuti oleh perusahaan pinjaman online, termasuk mengenai perlindungan data pribadi. Pinjaman online yang legal seharusnya mematuhi aturan privasi dan perlindungan data pribadi, yang biasanya mencakup ketentuan tentang bagaimana data pribadi peminjam akan diolah dan disimpan.

Apakah Bisa Mengajukan Keringanan atau Bayar Pokoknya Saja?

Setiap perusahaan memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Jika memang niat ingin melunaskanutang Anda, Anda bisa kontak langsung di aplikasi atau hubungi CS customer.experience@finku.id atau WA: +62 882 0034 91816

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *