Kenali, 4 Tanda-tanda DC Pinjol Datang ke Rumah

Share dulu, dong!

Tanda-tanda DC Pinjol Datang ke Rumah – Salah satu dampak buruk gagal bayar pinjol legal selain SLIK OJK adalah datangnya DC lapangan ke rumah untuk menagih sisa hutang yang ada.

Buat Anda yang saat ini sedang mengalami gagal bayar karena faktor tertentu, pada artikel ini saya kumpulkan beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda DC pinjaman online bakalan datang ke rumah.

Ciri-Ciri DC Pinjol Datang ke Rumah

Ciri-Ciri DC Pinjol Datang ke Rumah
DC Pinjol datang ke rumah

1. Jarang di Telepon atau Chat dari DC Pinjol

Biasanya kan kalau menjelang jatuh tempo atau lewat jatuh tempo pihak DC akan terus mengingatkan kita untuk bayar cicilan atau pembayaran yang merupakan sebagian dari kewajiban kita. Nah, jika Anda masih terus di telpon (nomor yang tidak dikenal) atau melalui Chat, maka kecil kemungkinan DC datang ke rumah Anda.

Tapi sebaliknya. Kalau Anda sudah tak pernah atau jarang mendapatkan telepon atau chat pengingat dari pihak pinjol (bersangkutan), berdasarkan pengalaman biasanya DC bakalan datang ke rumah untuk menagih utang.

Terkait: 6 Bulan Gagal Bayar di Rupiah Cepat (Pengalaman GalBay)

2 Durasi Telat Bayar

Yang kedua cici-ciri DC Pinjol datang ke rumah adalah soal berapa lama Anda telat bayar?

Berdasarkan pengalaman, kalau Anda telat bayar masih di bawah kurang lebih satu bulan, biasanya DC pinjaman online belum beraksi mencari Anda di rumah.

Umumnya itu lebih dari 2-3 bulan telat bayar pihak DC bakalan mencari atau mendatangi rumah atau kantor Anda (jika tidak ditemukan di rumah).

3. Daerah atau Lokasi

Tidak semua pinjol mempunyai layanan DC lapangan. Namun ada beberapa pihak penyelenggara pinjol ini hanya di daerah-daerah perkotaan saja seperti di JABODETABEK.

4. Diancam Akan di Datangin ke Rumah

Umumnya, DC Lapangan tidak mau atau tak pernah konfirmasi ke Anda kalau mereka mau datang ke rumah untuk managih utang.

Tapi kalau Anda di ancam melalui telepon atau chat yang isinya mengancam akan datang DC lapangan dalam waktu dekat, besar kemungkinan tidak akan pernah terjadi karena itu tadi.

Jadi kalau ada yang chat atau telepon yang isinya “besok kami bakalan datang ke rumah” abaikan saja. Tetap fokus kerja agar bisa melakukan penulasan segera mungkin.

Dampak Buruk Gagal Bayar Pinjaman Online

Gagal Bayar Pinjol atau PayLater, Apakah bisa KPR Rumah?
Sisi negatif Gagal Bayar Pinjaman Online

Ada orang yang saya kenal sekali dengan dia. Teman saya ini sering melakukan pengajuan pinjaman online baik yang ilegal maupun yang legal. Dia sengaja tidak bayar atau galbay dengan maksud untuk kesenangan diri.

Dari kelakuan teman saya ini, sebenarnya boleh-boleh saja. Itu urusan dia lah.

Memang, dia sangat senang sekali bisa pinjam sana sini apalagi cari pinjol yang ilegal untuk mengajukan pinjaman. Tapi dia tidak berfikir panjang dampak apa yang terjadi jika dia gagal bayar yang legal maupun ilegal.

Apa sisi negatifnya jika galbay di pinjol?

Tentu adalah skor kredit Anda di SLIK OJK jelek, sehingga Anda sulit untuk mengajukan pinjaman online maupun offline bahkan yang lebih parahnya lagi, Anda tidak bisa (auto ditolak) KPR rumah subsidi dan non-subsidi. Ini adalah dampak yang sangat begitu besar pengaruhnya bagi kita.

Yah, Mudah-mudaham saja ke depannya usaha kita jaya, bisnis lancar jadi beli apapun tanpa kredit (amin).

Tapi bagaimana kalau sebaliknya?

Beli cash ga cukup, namun kebutuhan tetap harus terlaksana, keluarga atau tetangga Anda tidak mau bantu, apa jalan keluarnya? ya kredit, dong! tapi bagaimana jika skor kredit Anda jelek di mata OJK?

Jadi itu lah teman-teman. Saya paling tidak suka dengan konten-konten yang mengajak orang untuk galbay pinjol, paylater atau semacamnya kecuali kalau secara tidak sengaja (karena keadaan) Anda akhirnya gagal bayar. Itu beda cerita.

Jadi, tolonglah. jangan ikuti tingkah buruk mereka. Utang tetap harus kita tanggung jawab dan harus dibayar kecuali jika memang kenyataan tidak sanggup bayar lagi. Perkreditan di Indonesia ini sebetulnya cukup membantu untuk warga yang belum mampu beli barang secara cash. teknologi sekarang sudah canggih, tinggal cek NIK KTP Anda, semua aktivitas Anda akan terekam di BI Checking maupun di SLIK OJK.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tanda tanda DC Pinjol datang ke rumah. Semoga artikel bermanfaat!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

6 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Saya sudah mulai galbay untuk pinjam yuk, baru jatuh tempo saja sudah diancam yang tidak”.. padahal posisi saya benar” lagi tidak bisa membayar..
    Mereka menyarankan untuk perpanjangan waktu dg bayar sebesar 300.000 padahal tagihan saya 910.000

  2. sya skrang sdang trjerat gopinjam sbesar 5jt dan sdah pusing mw bayar ccilannya …mw ajukan keringanan ccilan gk bsa penuhi kndala syarat”nya ,bisa sya mw nyicilnya lbh lama aja jdi agk ringan bayar ccilannya…tpi apakh bsa bgtu & gimna caranya

    • Tapi kak eny sudah pernah kontak CS mereka untuk pengajuan keringanan? Kalau belum, usahakan dicoba dulu, mana tahu ada solusi yang diberikan. Setau saya bisa kak, tapi kembali lagi soal kebijakan mereka.

  3. kak mau tanya, saya ada beberapa aplikasi pinjol sempat log out dan uninstal, trus mau instal semua aplikasi nya hilanv gak ada di app store, saya gak mau ladenin penagih yg chat WA krna saya pernh di tipu lewat WA udah trf tapi di apk masih ada tagihan. mohon saran nya kak

    • Yang kakak lakukan sudah benar, jangan ladenin kalau ada penagihan WA. Saran saya, kedepannya kalau mau instal/pengajuan pinjaman di apk pinjol, pastikan pinjol yang kam instal legal ya….

      • ktp dan foto saya sudah disebar ke kontak oleh pinjol ilegal itu kak, saya takut di tipu kalau bayar melalui penagih WA sedangkan aplikasinya sudah gak bisa di akses gimana saya bisa percaya? pinjol ilegal akan kerumah gak ya kak?