Cara Ekspor Kontak Android ke Format CSV/XLS Excel

Ekspor kontak android – “Saya mencoba mengekspor daftar kontak dari Galaxy saya ke format CSV sehingga saya dapat melihatnya di komputer saya dengan bebas. Namun, saya tidak dapat menemukan nomor apa pun di ponsel saya setelah menghubungkannya ke PC, ada apa dengan ponsel saya? ? Bagaimana cara ekspor kontak Android ke Excel? Ada tips?”

Semakin banyak fitur tambahan telah ditambahkan ke smartphone baru yang akan datang. Nah, sehebat apa pun ponsel Android, data yang paling sering digunakan dan vital tidak diragukan lagi adalah kontak, bukan? Seiring bertambahnya jumlah kontak, item mungkin menjadi berantakan atau bahkan hilang dalam skenario yang tidak terduga.

Sekarang, semakin banyak pengguna yang ingin mengekspor kontak Android ke file CSV sebagai file yang dapat diedit, dibaca, namun dapat dicetak di komputer. Itulah sebabnya kami menulis artikel ini di sini untuk memberi tahu Anda cara backup kontak Android dalam format Excel CSV/XLS dengan mudah.

Berikut di bawah ini adalah poin-poin penting:


Metode 1: Cara Ekspor Kontak Android ke Excel melalui Asisten untuk Android

Untuk mencapai tujuan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan program ekspor kontak Android yang layak sebagai pembantu. Hari ini, kami akan memberi tahu Anda metode yang paling andal – menggunakan MobiKin Assistant untuk Android (Win dan Mac).

Ini bisa menjadi program pengelola desktop Android pihak ketiga yang sempurna, memungkinkan Anda untuk mengekspor dan menyimpan kontak Android ke komputer dalam berbagai format secara selektif. Setelah itu, Anda bebas melihat dan mengeditnya, atau mengimpor file ke ponsel Android lain dengan mudah.

Fitur Lengkap MobiKin Assistant for Android:

  • Ekspor kontak ponsel Android ke PC/Mac dan simpan sebagai format VCF, HTML, CSV, BAK, Outlook, atau XML.
  • Kontak yang diekspor akan diklasifikasikan dengan jelas ke dalam info seperti nama, nomor telepon, alamat email, alamat rumah, nama perusahaan, dan lainnya.
  • Cadangkan dan pulihkan data Android, dengan mempertahankan kualitas aslinya.
  • Mendukung pemrosesan data seperti kontak, log panggilan, pesan teks, foto, video, musik, dokumen, aplikasi, dll.
  • Mudah dioperasikan, antarmuka hijau, dan transfer cepat.
  • Itu tidak pernah merusak privasi Anda.
  • Kompatibel dengan ponsel dan tablet Android secara keseluruhan, meliputi Samsung, Huawei, Sony, Xiaomi, Motorola, LG, HTC, Vivo, OPPO, Google, dll.

Bagaimana cara ekspor kontak ponsel Android ke Excel dengan Asisten untuk Android? Sebelum tugas, Anda perlu mengunduh dan mengikuti wizard mudah untuk menginstal Asisten untuk Android di komputer Anda.


Langkah 1. Hubungkan Ponsel Android Anda ke Komputer / Laptop

Silahkan hubungkan ponsel Android Anda ke komputer melalui kabel USB. Luncurkan program, dan kemudian Anda dapat melihat jendela utamanya. Sekarang, Anda perlu mengaktifkan USB debugging pada perangkat Android agar telepon dikenali.

Cara Ekspor Kontak Android ke Format CSV/XLS Excel
Cadangan Kontak Android ke Format CSV

Langkah 2. Pratinjau dan Pilih Kontak yang akan Diekspor

Segera, semua jenis file di ponsel Anda akan dikategorikan di panel kiri. Di sini, Anda harus mengklik Contact >> All Contact, dan kemudian perangkat lunak akan memuat semua kontak Android Anda dan mencantumkannya di kolom kanan.

LGatXmcDOEfDCHTLwj5 JxOWmd75mX33EgQ4oRjXVMuCc94g mzvizzKj6BTSRzMQrlKWgVGemsVlilnwyLSSDwYE1h0VjwP8m9 bfC5HaCj2B0r8zJyptj5sNfjEy lfwck
ekspor kontak android

Setelah selesai, Anda dapat memeriksa kontak yang diekspor dengan klasifikasi terperinci di komputer Anda.


Metode 2: Cara Mengekspor Kontak Android ke Excel dengan Aplikasi Kontak ke Excel

Kontak Hp ke Excel: Ini adalah aplikasi yang dapat mengekspor kontak Android ke file CSV (atau PDF, VCF) di Excel. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh dan menginstalnya di perangkat Android Anda. Kemudian, itu akan membaca info kontak di ponsel Anda dan mencantumkannya di layar utamanya. Selanjutnya, cukup buka Pengaturan, pilih format ekspor file, dan ikuti panduan di layar untuk mengekspornya ke penyimpanan Android Anda. Ini juga membantu mengimpor kontak dari Excel dengan format XLSX ke ponsel Android. Namun Anda tidak dapat memanfaatkannya untuk memindahkan kontak dalam format PDF, VCF, atau CSV ke Android.

Cadangan Kontak: Excel dan Email (C2X): Ini dapat membaca semua detail kontak Android Anda, mengubahnya menjadi file Excel ringkas, dan Anda bisa mendapatkan semua kontak di kotak surat Anda. Tetapi versi uji cobanya tidak menawarkan layanan impor kontak.

Namun, menggunakan aplikasi pihak ketiga tidak begitu bagus. Misalnya, hanya dapat menyimpan file yang diekspor dalam memori ponsel Android Anda, atau di email Anda, bukan di komputer secara langsung, yang tidak aman dan tidak kondusif untuk melihat pratinjau, mengedit, dll. Dan keduanya tidak dapat mengimpor kontak di PDF, VCF atau CSV ke Android.

Metode 3: Cara Mengekspor Kontak dari Android ke Excel Menggunakan Gmail

Jika ponsel Android Anda sinkron dengan akun Gmail/Google Anda, Anda juga dapat melakukan tugas dengan cara ini. Secara khusus, Anda harus menyinkronkan kontak Android ke Gmail terlebih dahulu sebelum mengimpor kontak sebagai file Excel. Selanjutnya, Anda akan diizinkan untuk mengekspor file dalam format yang Anda butuhkan.

Bagaimana cara mengekspor kontak dari Android ke Excel menggunakan Gmail?

Langkah 1. Pada perangkat Android, navigasikan ke Kontak > Menu dan pilih opsi untuk bergabung dengan akun Gmail Anda. Setelah itu, perangkat Anda dikaitkan dengan profil Gmail yang dipilih.

Langkah 2. Selanjutnya, tekan “Sinkronkan Sekarang” untuk menyinkronkan kontak Android Anda ke akun Gmail yang ditautkan.

Catatan: Atau, Anda dapat membuka Aplikasi > Pengaturan > aktifkan “Akun dan Sinkronisasi” > pilih profil Gmail > nyalakan tombol “Sinkronkan Kontak”.

Langkah 3. Kembali ke opsi “Menu” dan pilih Lainnya > Kontak > Lainnya > Ekspor. Ini akan mengimpor kontak Android Anda sebagai file Excel.

Langkah 4. Untuk mengekspor kontak secara selektif, Anda harus memilih kontak yang diinginkan dari layar kanan dan ketuk Lainnya > Ekspor.

Langkah 5. Atau Anda dapat memilih ikon radio di bawah wizard “Ekspor Kontak” dan mengekspor semua kontak dengan menekan “Semua Kontak”.

Langkah 6. Pilih format ekspor yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dengan mengacu pada tujuan spesifik dari setiap opsi dan kemudian klik “Ekspor”. Terakhir, Anda akan membuat file Excel dengan semua kontak dari perangkat Android ini.

cara backup kontak Android

Namun, metode ini agak rumit, dan Anda hanya dapat memilih untuk mengekspor ke dalam dua format: CSV dan vCard.

Tips Tambahan: Cara Mengimpor Kontak Excel ke Ponsel Android

Pertama, Anda perlu mengubah kontak Excel menjadi format CSV. Untuk melakukan ini, cukup buka buku kerja Excel dengan kontak Anda di dalamnya. Lalu, buka File > save as > pilih file .csv sebagai format yang ingin Anda simpan. Selanjutnya, pilih lokasi target yang ingin Anda simpan dan klik “Simpan”.

Setelah mengonversi kontak yang diekspor Android ke CSV, Anda dapat mengimpor Excel ke ponsel Android Anda kapan pun diperlukan. Berikut caranya:

  1. Di PC Anda, masuk ke akun Gmail/Google Anda dari halaman web Gmail. Kemudian, klik Gmail > Kontak untuk memilih kontak yang Anda inginkan dari menu tarik-turun.
  2. Pada sidebar kiri, pilih Impor > File dari halaman berikutnya untuk menemukan file SCV Anda. Pilih file dan buka Buka > Impor untuk mengunggah CSV ke akun Gmail Anda.
cara backup kontak Android
Cadangan Kontak via Google
  1. Terakhir cara backup kontak Android, masuk ke akun Google Anda di Android dan buka Pengaturan > Akun & sinkronisasi. Selanjutnya, pilih Sinkronkan Kontak > Sinkronkan sekarang untuk mengimpor file CSV ke perangkat Android ini. Setelah selesai, semua kontak Excel akan dipindahkan ke perangkat Android Anda.

Setelah itu, Anda dapat mengunduh aplikasi CSV Viewer dari Play Store untuk masuk ke direktori penyimpanan perangkat dan melihat file CSV yang diimpor.

Kesimpulan

Seperti yang dapat kita lihat secara intuitif dari atas, di antara semua metode, ini adalah cara paling nyaman untuk melakukan tugas dengan MobiKin Assinstant for Android karena aplikasi ini memudahkan Anda untuk melakukan hal berikut:

  • Anda dapat dengan cepat mengekspor kontak Android ke format yang Anda inginkan dan mengkategorikan detailnya dengan jelas.
  • Konten yang diekspor langsung disimpan di PC/Mac, yang sangat memudahkan penggunaan Anda di masa mendatang, seperti untuk mencadangkan, melihat, memodifikasi, mencetak, dll. Ini akan membebaskan Anda dari banyak pekerjaan yang membosankan.
  • Ini dapat membantu Anda melakukan pekerjaan tambahan, termasuk mengelola SMS Android, musik, foto, aplikasi, dll.

Akhirnya, jika menurut Anda halaman ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan dengan lebih banyak orang.

Tinggalkan komentar