2 Penyebab Ditolak Pinjol Meskipun belum Pernah Hutang

Share dulu, dong!

Pernahkah Anda mengajukan pinjaman online di platform manapun tapi selalu ditolak? Padahal Anda sama sekali belum pernah atau terlibat hutang dengan pihak manapun. Di artikel ini saya akan memberikan solusi penyebab ditolak pinjol walaupun sebenarnya ini baru pertama kali Anda pinjam uang.

Seperti yang kita ketahui, proses peminjaman online itu tidak membutuhkan syarat-syarat yang berat. Proses pengajuan pinjol yang sangat mudah, hanya memberikan surat KTP, data kontak, hingga data pekerjaan, kita saja bisa di ACC dan proses transaksi pun terjadi.

Penyebab Ditolak Pinjol Meskipun belum Pernah Hutang

Kembali ke topik, apa penyebab pinjol selalu menolak pengajuan Anda padahal Anda belum pernah sama sekali terlibat dalam hutang?

Saya akan rangkum beberapa kemungkinan penyebab pengajuan Anda terus ditolak:

  1. Belum pernah pinjam di pinjol bukan berarti bersih (gampang ACC) – Ok Ok,.. Pasti Anda mau katakan bahwa bukannya lebih gampang di ACC kalau belum pernah bermasalah di pinjol. Memang betul, tapi jika terlalu bersih, itu bisa saja menjadi hambatan. Kenapa? Karena tidak ada catatan track records yang digunakan untuk mengukur kredibilitas seseorang. Ini juga berlaku untuk kartu kredit bank konvensional. Jika Anda sudah punya satu kartu kredit saja, maka Anda akan lebih mudah mengajukan kartu kredit di bank lainnya karena sudah ada history itu tadi.
  2. Nomor Kontak pernah dijadikan kontak darurat. Penyebab ditolak pinjol saat mengajukan pinjaman uang selanjutnya adalah nomor Anda pernah dijadikan nomor kontak oleh teman atau saudara. Kalau si peminjam itu memiliki kualitas pembayaran yang bagus, ya ga masalah. Tapi bagaimana kalau teman Anda masukkan nomor Anda sebagai kontak darurat dan ternyata dia macet bayar (gagal bayar) ini menjadi masalah sehingga Anda ditolak saat pengajuan pinjaman online.

Kemungkinan dua hal itu lah penyebab kenapa Anda terus ditolak saat mengajukan pinjaman online di beberapa penyelenggara.

Bagi Anda yang ingin pinjam di pinjol, saya harap Anda harus bijak dalam mengambil keputusan ini. Segala resiko akan ditanggung Anda sendiri jika terjadi gagal bayar. Pastikan Anda sudah ada gambaran atau perhitungan finansial Anda dikemudian hari untuk kebutuhan pribadi atau keluarga.

Mungkin itu saja informasi yang mungkin saya bisa bagikan, semoga bermanfaat!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. informasi ini sangat bermanfaat bagi saya.
    teman saya pernah menaruh kontak saya sebagai panggilan darurat dan dia galbay pinjol. saya yg belum pernah pinjol, mau pinjol saja kena tolak beberapa app, ternayata setelah menemukan artikel anda. barulah saya paham. thanks.