Gagal Bayar di Kredifazz: Apakah Ada DC Lapangan?

Share dulu, dong!

Resiko Gagal bayar di Kredifazz, apakah ada DC lapangannya? Apa yang akan terjadi apabila kita tidak bisa bayar lagi utang kita di aplikasi fintech P2P lending ini?

Sebelum kita membahas hal ini, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu bahwa ada dua jenis DC.

  • Desk Collection: yang biasa kita kenal penagihan lewat SMS, Chat atau telepon.
  • DC Lapangan: Penagihan yang biasanya dilakukan dengan cara berkunjung ke rumah atau kantor (offline). Ini biasanya disebut dengan Field Collector

Proses Penagihan Kredifazz

Karena Kredifazz ini adalah pinjol legal, maka proses penagihannya pun mirip dengan aplikasi pinjaman online legal lainnya.

Pengingat pembayaran

Pada tahap awal, perusahaan pinjaman akan mengirimkan pengingat pembayaran melalui SMS, email, atau telepon kepada peminjam yang belum melakukan pembayaran sesuai jadwal. Biasanya, pengingat pembayaran dikirimkan beberapa hari sebelum jatuh tempo.

Pengiriman surat peringatan

Jika peminjam masih belum melakukan pembayaran setelah menerima pengingat pembayaran, maka perusahaan pinjaman akan mengirimkan surat peringatan melalui pos atau email. Surat peringatan ini berisi informasi tentang keterlambatan pembayaran, jumlah tagihan yang belum dibayar, serta denda keterlambatan yang harus dibayar.

Kunjungan debt collector

Jika peminjam masih belum melakukan pembayaran setelah menerima surat peringatan, maka perusahaan pinjaman akan mengirimkan debt collector untuk menagih pembayaran. Debt collector ini biasanya akan mengunjungi peminjam di rumah atau kantor untuk meminta pembayaran. Namun, sebelumnya perusahaan pinjaman akan memberikan pemberitahuan kepada peminjam tentang kunjungan debt collector yang akan dilakukan.

Apakah Kredifazz ada DC Lapangannya?

Gagal Bayar di Kredifazz

OJK sendiri telah mengizinkan para pinjaman online resmi untuk melakukan penagihan lebih lanjut dengan cara berkunjung ke rumah kediaman peminjam sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

Namun, tak semua pinjol legal yang memiliki Field Collector. Masih banyak fintech P2P Lending belum punya Field Collector yang berguna untuk menagih utang peminjam.

Nah, pertanyaannya adalah apakah Kredifazz ada DC Lapangan? Hingga saat ini saya belum mendengar berita terkait ini. Namun yang jelas, Kredifazz belum ada DC lapangan. Jadi, proses penagihan saat ini dilakukan secara online (chat, SMS dan telepon).

Silahkan bagikan pengalaman Anda tentang gagal bayar di Kredifazz. Bagaimana proses penagihannya sehingga teman-teman lainnya mendapatkan kabar update terbarunya terkait masalah ini.

Kesimpulan

Jadi, apakah Kredifazz ada DC lapangan? Tidak ada. Semenjak artikel ini dirilis, Kredifazz belum memiliki DC lapangannya. Kemungkinan besar, kedepannya bakalan ada Field Collector yang akan berkunjung dan menagih utang para nasabah yang sedang macet.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *