Lompat ke konten

6 Bulan Gagal Bayar di Rupiah Cepat (Pengalaman GalBay)

Gagal Bayar di Rupiah Cepat
Bagikan informasi ini

Postingan ini saya mau bagikan pengalaman rekan saya yang mana dia sudah termasuk gagal bayar di Rupiah Cepat. Kasus ini sebenarnya sudah terjadi di tahun 2021 kemarin. Bagaimana proses penagihannya? Apa resiko yang kita tanggung jika kita galbay di pinjaman online ini?

Berikut di bawah ini topik yang akan kita bahas:


Gagal Bayar di Rupiah Cepat, Begini Proses Penagihannya

Gagal Bayar di Rupiah Cepat

Di kasus ini, teman saya telah mengalami gagal bayar di aplikasi Rupiah Cepat. Total semua utang yang harus dia bayar adalah sebesar Rp1.014.000.

Rekan saya ini pernah bilang sama saya kalau dia sudah tahu konsekuensinya jika dia gagal bayar. Dan dia bilang kalau pinjam di Rupiah Cepat ini cukup mudah.

Detail Cicilan dan Tagihan Rupiah Cepat yang GalBay

detail tagihan Rupiah Cepat galbay

Kita lihat gambar di atas adalah detail tagihannya di Rupiah Cepat.

Ternyata di terlambat hampir 200 hari, gaes! atau sekitar enam bulan lewat.

detail pinjaman galbay di rupiah cepat

Kita lihat di gambar di atas itu baru cicilan pertama, ya. Pinjaman awalnya Rp600.000. Dia belum pernah sama sekali bayar. Dan total cicilan di bulan pertama adalah sebesar Rp534.000, belum lagi cicilan yang kedua.

Kalau saya hitung, seandainya dia tidak gagal bayar pinjol di ini, disetiap cicilannya dia harus membayar atau mengembalikan uang sebesar Rp360.000. Tapi karena dia tak pernah bayar malah jadi bengkak sebesar Rp534rb.

So, selama hampir 6 bulan dia tak pernah bayar cicilan tersebut dan total diakumulasi sebesar Rp1.014.000.

Gagal Bayar di Rupiah Cepat

Bunga Rupiah Cepat

Mungkin teman-teman bertanya, berapa sih bunga perhari kalau pinjam di Rupiah Cepat ini?

bunga atau biaya rupiah cepat

Anda bisa menyimpulkan sendiri berapa persentase flat bunga pinjaman online Rupiah Cepat ini. 0.40% flat per hari.

Sharing Gagal Bayar di Rupiah Cepat

Awal mulanya dia pinjam di Rupiah Cepat ini karena tutup lobang gali lobang. Saat tempo 30 hari itu dia merasa tidak bisa bayar dan akhirnya galau.

Sebelum jatuh tempo, pihak DC sudah mengingatkan ke rekan saya ini untuk segera mencicil sebelum jatuh tempo.

Alhasilnya dia tidak bisa bayar.

Pikirannya sudah kacau, tidak bisa berfikir panjang lagi dan akhirnya dia pinjam uang lagi ke aplikasi pinjaman online lainnya untuk menutupi tagihan dia ini.


Risiko Galbay di Rupiah Cepat

Hampir semua aplikasi pinjol melakukan hal yang sama jika ada pelanggannya yang tidak bisa bayar, salah satunya adalah Rupiah Cepat. Pihak DC akan terus telepon kita dan Chat WA atau SMS.

Awal mulanya baik-baik saja, tidak ada perkataan-perkataan yang menyakitkan hati. Waktu berjalan dan akhirnya suasana tidak jadi enak, isi chat yang ga karuan, mengancam dan sebagainya.

Pihak aplikasi pinjol ini akan terus nelpon kita hingga kita mencicil utang kita, bahkan mereka tak segan-segan untuk mempermalukan kita.

Penting:
Jika ada pihak DC dari aplikasi pinjol manapun yang telah melakukan ancaman atau tindakan kekerasan, maka Anda wajib melaporkan pinjol terkait ke AFPI dengan nomor resminya 150505 atau kunjungi website resminya di sini

Risiko galbay di Rupiah Cepat ini selanjutnya adalah masalah di masa yang akan datang. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan di website resmi OJK, Semua data kita saat ini belum masuk ke dalam SLIK OJK, namun semua data kita baik soal masalah galbay akan masuk dan tercatat ke dalam Pusat Data Fintech Lending (PUSDAFIL).

Risiko gagal bayar itu sangat parah. Kedepannya Anda tidak akan bisa pinjam lagi di aplikasi pinjol lainnya, bahkan kemungkinan Anda juga tidak bisa mengajukan kredit motor atau kredit apapun yang berlaku dan resmi di Indonesia.


Apakah Ada Rupiah Cepat ada DC Lapangannya?

Untuk saat ini sepengetahuan saya belum ada. Mungkin bisa saja di hari berikutnya mereka telah menyelenggarakan debt collector di lapanan berdasarkan peraturan OJK tentang DC lapangan.


Kesimpulan

Mungkin hanya itu yang bisa saya sharing pengalaman teman saya ketika gagal bayar di Rupiah Cepat. Bagaimanapun, utang tetap harus kita bayar. Jangan sekali-kali Anda sengaja untuk gagal bayar pinjaman online karena itu dapat memperburuk nama baik Anda.

Bila Anda saat ini memang gagal bayar, hadapi persoalan ini dengan bijak. Hubungi pihak pinjol terkait dan katakan sejujurnya bahwa Anda belum bisa bayar dalam waktu dekat ini dan minta pada mereka untuk membarikan waktu atau kelonggaran sembari Anda mencari uang untuk menyicilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top