Review Gagal Bayar di UKU selama 2 Bulan

Share dulu, dong!

Gagal bayar di UKU selama dua bulan merupakan durasi atau waktu telat bayar yang terbilang lama. Apa yang akan terjadi? apa risiko terberat jika saya telat bayar di aplikasi ini?

Buat Anda yang saat ini sedang mengalami kecemasan karena sebentar lagi tanggal penagihan sudah dekat namun belum bisa bayar. Atau saat ini Anda sedang mengalami galbay di aplikasi UKU.

Melalui blog Androkit.com, saya akan bagikan pengalaman apa saja yang akan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Tentang UKU

cara menghasilkan uang di internet

UKU atau UKUINDO merupakan pinjaman online P2P lending yang terdaftar di OJK dengan nomor reg KEP-46/D.05/2021 pada tanggal 02 Juni 2021 oleh PT Teknologi Merlin Sejahtera.

UKU adalah aplikasi penyelenggara yang menghubungkan antara si pemberi dana dengan kita sebagai peminjam. Jadi, semua risiko akan ditanggung oleh kedua pihak (pemberi pinjaman dan penerima)

Pengalaman Gagal bayar di UKU selama 2 Bulan dan Risikonya

risiko galbay UKU
risiko galbay UKU

Bisa Anda lihat gambar di atas. Lebih dari 60 hari sudah tidak bayar cicilan dan sekarang totalnya sudah lebih dari 3 juta.

Sama seperti aplikasi pinjaman online lainnya. Ketika Anda gagal bayar, tentu hal yang pertama terjadi adalah adanya peringatan atau pengingat kepada setiap nasabah bahwa tanggal penagihan sudah jatuh tempo dan diharapkan segara dibayar. Tapi sebelum jatuh tempo, biasanya mereka menelpon atau chat pesan sebagai pengingat terhadap tagihan kita.

Gagal Bayar di UKU
Gagal Bayar di UKU

JIka kita tidak bayar dalam waktu yang cukup lama, biasanya mereka menelpon kita terus hingga sampai meneror, mengancam dan sebagainya. Ada yang isi terornya bahwa mereka akan mendatangi Anda di kantor Anda bekerja, ada yang mau datang ke rumah bersama pak RT, ada yang mengancam akan sebar data.

Risiko lain ketika gagal bayar di UKU adalah skor kredit Anda akan menjadi buruk sehingga kedepannya Anda akan kesulian melakukan pengajuan pinjaman di tempat / platform yang lain.

Lalu Apa SOLUSI Galbay di UKU?

Solusi yang paling utama adalah JANGAN PANIK dan TAKUT. Beberapa artikel yang lalu juga saya tekan hal ini. Jangan sekali-kali Anda telalu memikirkan hal yang belum Anda bisa lakukan seperti membayar tagihan pinjol. Memang untuk Anda yang baru pertama kali mengalami hal seperti ini agak sedikit kaget dan takut. Tapi saya yakin hari semakin hari Anda akan mengalami hal yang sudah terbiasa karena seperti ini sudah merupakan makanan sehari-hari di dunia pinjol.

Jadi, langkah yang harus Anda lakukan atau solusi yang baik adalah FOKUS pada pekerjaan Anda. Jangan sampai Anda stres karena terlalu memikirkan atau tekanan dari ancaman pihak penagih utang.

Yang kedua, Anda harus memiliki sifat tanggung jawab dan gentleman atas kewajiban Anda terkait pinjaman tersebut. Kalau Anda memang belum bisa bayar dalam waktu dekat ini, Anda bisa telepon pihak CS UKU untuk meminta keringan waktu dan berjanji akan segera melunasinya.

Apabila Anda tidak sanggup bayar sekali lunas, Anda bisa inisiatif sendiri untuk membuat perjanjian kepada CS mereka agar ada keringan untuk menyicil hingga utang bisa lunas. Kalau Anda bisa bayarnya 2 atau 3 kali menyicil, Anda katakan saja bahwa “Saya akan melunasi utang saja, tapi saya bisa menyicil 2 atau 3 kali setiap bulannya karena saya masih kondisi finansial yang kurang baik”.

Beri Respon yang Baik

Sebagai saran dari saya saja, lebih baik Anda merespon setiap panggilan atau chat pesan singkat terkait penagihan. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda memang akan berniat untuk melunasi.

Kalau Anda terus ditelpon setiap saat, itu merupakan hal yang wajar dan sudah hal yang tidak “waw” lagi. Semua platform seperti EasyCash, Rupiah Cepat, Maucash, AdaPundi dan sebagainya itu juga melakukan hal yang sama.

Jadi jika Anda tidak mau terus ditelpon, segeralah angkat telpon nya dan katakan kepada mereka bahwa saya sudah telepon ke pihak CS bahwa saya akan melunasinya dengan waktu yang sudah ditentukan.

Penutup (Gagal Bayar di UKU)

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan terkait risiko gagal bayar atau galbay di UKU. Jika Anda ingin niat bayar, Anda tidak perlu cemas dan takut. Jika Anda ada uang di tanggal muda atau tanggal tua, silahkan kontak CS UKU dan konfirmasi agar mereka tahu dan tidak adanya panggilan atau teror secara terus menerus dari pihak penagihnya.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Mohon penjelasannya mas Hendri, apakah UKU akan menghubungi ke luar kondar klo galbay di uku? Krn sy baca di kebijakan privasi mereka, bahwa mereka bisa mengambil informasi daftar kontak ketika kita mengunduh apk tsb di hp
    utk keperluan validasi