15 Penyedia Gambar Bebas Copyright Alias Gratis

Apakah Anda sedang cari gambar bebas copyright atau royalti untuk keperluan komersil? Dalam posting kali ini, kita akan mengulas beberapa 10 website terbaik tempat Anda bisa mendapatkan gambar atau foto tanpa hak cipta namun berkualitas tinggi. Kami akan berikan tips pilih gambar yang pas untuk keperluan projek Anda. Jadi bagi Anda seorang desain grafis, developer website, atau baru membangun usaha kecil atau menengah akan bermanfaat membaca artikel ini

Memang, menggunakan gambar yang menarik tentu akan membuat daya tarik calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang kita kelolah.

Namun, masalahnya banyak penyedia gambar yang mengklaim gratis namun nyatanya berbayar. Ada yang gratis namun stoknya sedikit. Dan ada juga gratis namun di lain hari ternyata diklaim orang lain.

Jadi Anda yang ingin gunakan gambar bebas copyright atau hak cipta harus hati-hati dalam mengambil gambar di internet.

Ada beberapa macam jenis situs yang memungkin kita untuk melakukan download gambar secara pribadi (non-komersial) seperti wallpaper atau gambar elemen tetapi dilarang digunakan untuk bisnis.

Adapun istilah karya bebas hak cipta disebut Creative Commons CC0 yang mana:

“The individual who linked a creation to this deed has given up all of his or her copyright rights worldwide, including any related and neighbouring rights, to work entirely in the dedication of it to the public domain, according to on copyright law.”

Artinya kita bisa menggunakan gambar yang merupakan hasil karya orang lain tanpa rasa takut akan konsekuensinya. Semua karya yang sudah dilabel Creative Commons artinya sipemilik sepenuhnya telah menyetujui.

Namun ada standar yang harus Anda perhatikan:

  • Walaupun kita tidak diwajibkan membeli suatu karya (gambar) kepada sang pemilik, Anda wajib memberikan kredit atau sumber url ke pihak pembuat karya.
  • Biasanya ada situs web penyedia gambar yang membuka donasi kepada pemilik karya. Itu adalah hal yang wajar sekali. Jadi Anda harus mempertimbangkan layanan gambar gratis ini. Mereka akan sangat terbantu sekali jika Anda mendonasikan atau memberi secangkir kopi agar bisa membuat konten lebih banyak lagi yang tentunya gratis

Cara Download Gambar Bebas Hak Cipta

Untuk download gambar tanpa copyright, tidak ada cara khususnya. Anda tinggal masuk atau kunjungi situs penyedia koleksi gambar seperti Pexels atau Pixabay, lalu klik tombol download. Pilihlah ukuran sesuai kebutuhan.

Namun cara download gambar bebas hak cipta yang benar adalah kita harus memberikan link kredit yang mengarah ke sang kreator.

tempat download gambar bebas hak cipta

Dan ini saya rangkum 15 situs website penyedia gambar bebas copyright, gambar bebas royalti alias 100% gratis.

1. Pexels

pexels - cara download gambar bebas hak cipta
tempat gambar bebas copyright

Yang pertama situs tempat gambar bebas copyright adalah Pexels.com. Ini adalah situs yang sangat populer. Berjalan sejak tahun 2015, Situs ini telah memiliki banyak gambar berkualitas tinggi.

Anda bisa bebas mengatur ukurang gambar. Ukuran bisa kita custom sesuai keingin kita.

gambar bebas hak cipta

Yang kerennya lagi, agar gambar yang ditampilkan tetap terjaga kualitasnya, semua gambar-gambar yang masuk akan di saring kembali. Kualitas yang di bawah rata-rata tidak akan ditampilkan.

Jadi dengan begitu, Anda akan mendapatkan beberapa gambar-gambar yang keren dari situs Pexels ini dan tentunya bebas hak cipta.

2. Pixabay

pixabay

Tempat penyedia gambar gratis terbaik adalah Pixabay, mengumpulkan foto-foto dari berbagai layanan hosting foto online. Gambar stok gratis berkualitas tinggi ini dapat digunakan untuk tujuan pribadi dan bisnis.

Memungkinkan menjelajahi foto berdasarkan kualitas kamera yang digunakan.

gambar bebas royalti alias gratis

Sebenarnya Pixabay adalah komunitas kreatif yang membagikan sebagian kreasinya untuk digunakan secara gratis.

Sama seperti Pexels.com, Anda juga bisa mengatur ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan kita

3. Flickr

flickr

Situs penyedia gambar satu ini juga mengoleksi banyak gambar gratis yang berkualitas tinggi. Walaupun sebenarnya Flickr bukan berfokus pada gambar gratis namun ini bisa diperhitungkan buat teman-teman yang ingin mencari konten gambar kebutuhan bisnis Anda.

tempat download gambar bebas hak cipta gratis

4. Canva

canva

Sebenarnya Canva bukanlah situs penyedia gambar no copyright. Namun salah satu fitur yang ada di Canva bisa kita gunakan sebagai bahan konten untuk bisnis maupun non-commersial.

canva terbaik
  • Untuk memulainya, Anda tinggal klik ikon photo lalu cari dan pilih gambar.
  • Kemudian sesuaikan gambar tersebut dengan ukuran canvas.
  • Lalu kita download

5. StockSnap

stocksnap tempat donwload gambar gratis

Situs penyedia gambar bebas copyright selanjutnya ada StockSnap. Ini juga merupakan tempat koleksi gambar gratis yang sangat bagus.

Banyak stok foto gratis atau berlabel CC0 yang bisa Anda pilih. Ada beberapa kategori yang bisa pilih.

tempat download gambar gratis

Semua gambar yang ada di Stocksnap adalah gratis. Anda bisa download sepuasnya.

Anda bisa tambahkan ke Favorites sebagai tanda terimakasih kepada sang kreator.

6. Unsplash

tempat download gambar gratis
Penyedia Gambar bebas hak cipta

Ini juga situs penyedia gambar bebas hak cipta alias gratis. Sama seperti yang sudah kita bahas di atas. Situs ini ditujukan kepada kreator fotografer dan pengguna.

Unsplash adalah tempat penyedia gambar 100% gratis. baik digunakan untuk tujuan komersial maupun non komersial.

Tersedia lebih dari 2 juta lebih gambar yang beresolusi tinggi yang bisa Anda gunakan tanpa harus minta izin.

7. Freerange

Penyedia Gambar bebas hak cipta

Ada ribuan foto profesional beresolusi tinggi telah tersedia untuk Anda secara gratis.

Ada beberapa foto yang bisa untuk kita gunakan secara komersial dan ada yang hanya untuk non-komersial saja.

Namun untuk download gambar di sini Anda harus login atau daftar akun.

Jika Anda ahli dalam photografer, Anda bisa berkontribusi atau bergabung ke Freerange. Kumpulkan dan bagikan hasil foto Anda di Freeange dan Anda akan dapat menghasilkan uang melalui bagi hasil Google Adsense.

8. Life of Pix

Gambar Bebas Copyright
Gambar Bebas Copyright

Life of Pix kini memiliki partner dengan ST (Stock Adobe). Ini adalah situs web layanan download gambar gratis tanpa HAK CIPTA. Tentu di Life of Pix kita bisa menggunakan gambar tanpa ragu akan klaim copyright.

Life of Pix

Life of Pix memiliki banyak gambar atau foto yang menakjubkan. Tak jarang pengguna akan betah melihat dan mejelajahi semua gambar.

Anda wajib coba menjelajahi gambar yang dibutuhkan di situs ini.

Life of Pix adalah galeri gambar domain publik yang dibuat oleh perusahaan periklanan LEEROY di Montreal.

Oh ya, perlu diketahui, Life of Vids adalah harta karun stok video yang sangat-sangat bagus.

9. Wikimedia

wikimedia

Ini adalah salah satu situs tempat download gambar bebas hak cipta paling populer. Kita bisa mengedit, berbagi dan mengatur gambar.

Saya yakin, semua yang Anda butuhkan pasti ada di sini.

Tampilan website wikimedia ini mirip seperti wikipedia yang seperti kita ketahui.

Ada lebih dari 34 juga media yang bisa kita gunakan secara gratis tanpa dipungut biaya termasuk film efek suara.

Perlu Anda ketahui, tujuan utama Wikimedia adalah ingin mempromosikan gambar, pembelajaran dan pengetahuan secara free.

Cara download gambar bebas hak cipta di Wikimedia:

  • Anda tinggal klik Images pada sisi kanan atas
  • Lalu klik salah satu kategori
  • Klik gambarnya dan klik download.
wikimedia terbaik

10. KaboomPics

kaboompicks

Ini juga ga kalah menarik. Salah satu penyedia tempat download gambar bebas hak cipta yang mengagumkan.

Anda bisa menelusuri semua gambar yang dimiliki oleh KaboomPics ini. Tak perlu ragu lagi karena semua gambar sini gratis dan merupakan koleksi gambar atau foto bebas royalti terbaik di pasaran.

Kesimpulan | Gambar Bebas Copyright

Gambar gratis yang bebas copyrigh atau hak cipta banyak kita temukan di internet. Berbagai macam jenis website yang menawarkan gambar serta video yang bebas hak cipta. Ini adalah kesempatan kita untuk memanfaatkan gambar yang ada.

Kita menggunakan gambar bebas hak cipta tentu ada tata kramanya. Anda sebagai konten kreator baik di blog atau Youtube, Anda wajib memberikan mereka link kredit atas hak mereka. Semua ini adalah demi menghargai karya mereka.

Anda bisa juga membelikan mereka secangkir kopi jika Gambar atau foto yang Anda download itu membantu mendatangkan keuntungan atau profit.

Bagikan:

Tinggalkan komentar