Reset HP / Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol?

Share dulu, dong!

Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol – Artikel kali ini kami ingin membahas soal pinjaman online terkait gagal bayar atau biasa disebut dengan GalBay. Ada beberapa pertanyaan yang kami temukan di media sosial mengenai apakah reset hp atau ganti nomor handphone bisa bebas dari tagihan galbay pinjol?

Pinjaman online adalah salah satu fintech yang mana segala sesuatu kegiatan baik itu pendaftaran pengajuan, transaksi hingga pembayaran tagihan dilakukan secara online (aplikasi maupun nonaplikasi) dengan praktis.

Tak jarang pengguna atau debitur yang sudah tak bisa lagi membayar tagihannya sehingga berfikir bahwa dengan melakukan uninstal aplikasi, reset perangkat (kembali ke pengaturan pabrikan semula) dan ganti nomor hp bisa terbebas dari jeratan penagihan oleh pihak DC (debt collector) pinjaman online.

Apakah Aman jika Reset HP / Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami bagikan menjadi dua bagian.

Yang pertama, Anda akan aman jika Anda melakukan ini semua di pinjaman online ilegal. Anda tidak akan menerima telepon lagi dari pihak DC pinjol ilegal tersebut. Hanya saja data pribadi Anda sudah ada di tangan mereka. Dan ini bisa mereka gunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan. Mungkin itu saja risiko gagal bayar di pinjaman online ilegal.

Yang pertama, Anda akan aman jika Anda melakukan ini semua di pinjaman online ilegal. Anda tidak akan menerima telepon lagi dari pihak DC pinjol ilegal tersebut. Hanya saja data pribadi Anda sudah ada di tangan mereka. Dan ini bisa mereka gunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan. Mungkin itu saja risiko gagal bayar di pinjaman online ilegal.

Tapi yang kedua ini, Walaupun Anda aman jika reset hp, ganti nomor hp untuk menghindari DC pinjol legal (terdaftar di OJK), bisa jadi Anda akan dilaporkan ke SLIK dan dicatat sebagai nasabah macet.

Akhirnya apa?

Anda akan kesulitan bila nantinya mengajukan kredit motor/mobil, KPR rumah subsidi dan nonsubsidi, KUR dan sebagainya yang masih berkaitan dengan kredit dan SLIK OJK.

Pinjol legal yang Anda galbay ini telah bekerjasama dengan sebuah bank yang akan melaporkan skor kredit Anda ke SLIK OJK.

Memang, Anda tidak akan mendapatkan teror dari DC pinjol, tidak dapat panggilan dari pinjol terkait ketika Anda reset hp, ganti nomor dan lain-lain. Tapi kalau Anda masih tetap tinggal di alamat sesuai dengan KTP, maka DC pinjol masih bisa menemukan Anda dan berkunjung ke rumah.

Tentang DC Lapangan yang Datang Ke Rumah

Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol
Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol

Melalui peraturan yang dikeluarkan OJK terkait penagihan DC lapangan ke rumah ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pihak DC dan Anda perlu mengetahuinya.

Saat mereka datang ke rumah Anda dan sebelum masuk ke inti kedatangan mereka, Anda harus meminta 5 bukti surat terkait kedatangan mereka. Jika salah satu kelima surat ini tidak bisa mereka buktikan, Anda bisa mengabaikan mereka dan mengatakan supaya mereka untuk pergi dan datang kemari lagi jika semua surat telah lengkap. Klik di sini untuk mengetahui lima surat yang harus mereka penuhi.

Aturan ini telah diatur oleh OJK yakni di dalam POJK Nomor 35/POJK.05/2018 mengenai penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

Bagaimana Kalau Galbay di SPaylater atau Shopee Pinjam?

gagal bayar di spaylater
gagal bayar pinjaman online

Apabila Anda galbay di salah satu produk shopee baik itu SPayLater atau SPinjam lalu ganti nomor hp, reset perangkat dan sebagainya. Lalu di nomor yang berbeda Anda masih menggunakan aplikasi Shopee, masih melakukan kegiatan seperti beli produk, buka toko online di Shopee dan sebagainya. Besar kemungkinan Anda lokasi Anda akan terlacak atau mengetahui keberadaan Anda.

Solusi Agar Hutang Bisa Lunas versi Androkit

Biasanya ada dua hal kemungkinan kenapa Anda harus ganti no hp menghindari pinjol:

  • Anda belum punya dana lebih untuk melakukan pembayaran cicilan/pelunasan, atau
  • Anda tidak ingin bayar sama sekali secara sengaja / menghindari tanggung jawab

Apapun alasannya, itu adalah urusan Anda. Tapi di sini kami ingin memerikan poin atau solusi buat Anda jika memang ingin hutang Anda lunas di pinjaman online.

Tapi di sini saya disclaimer dulu ya.

  1. Kami sama sekali tidak merekomendasikan tips ini. Sangat berbahaya karna terkait data pribadi.
  2. Jika memang Anda ingin menggunakan cara ini, maka Anda harus siap dan kuatkan mental. Karena nantinya Anda akan menghadapi penagihan yang sangat kasar, teror dan sebagainya.
  3. Saya tidak bertanggung jawab jika nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan atau dirugikan karena mengikuti tips ini.

Jadi, Bagaimana caranya agar hutang lunas di pinjol? Yaitu dengan cara mengajukan pinjaman di beberapa pinjol ilegal dalam waktu bersamaan. Kalau sekiranya pengajuan Anda diterima, maka dana tersebut Anda gunakan untuk bayar tagihan di pinjol legal. Lalu, hutang yang di pinjol ilegal jangan Anda bayar.

Baca di sini untuk melihat 23 APK Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar. Note: Jangan mau jika ada beberapa apk pinjol yang meminta Anda untuk membayar sejumlah uang agar bisa limit pinjaman langsung dicairkan. Baca di sini untuk informasi tentang Jenis Modus Penipuan Pinjaman Online Ilegal

Dengan cara di atas, maka Anda bisa menutupi atau melunasi hutang pinjol yang legal. Tapi saya sarankan untuk tidak langsung menggunakan cara ini. Anda bisa coba mencari solusi lain seperti menunggu gajian atau lainnya. Sekiranya tidak ada cara lain dan sudah tidak ada solusi yang lain, maka cara yang kami berikan bisa dipertimbangkan.

Kesimpulan (Ganti No Hp Bisa Bebas dari Galbay Pinjol)

Intinya, jika Anda gagal bayar di pinjol legal, risikonya tidak terlalu besar. Paling tidak bisa melakukan kredit apapun yang berkaitan dengan skor kredit Anda seperti kredit rumah, motor dan sebagainya. Tetapi kalau gagal bayar di pinjol ilegal, itu resikonya cukup besar karena otomatis mereka akan menjual atau menyalahgunakan semua data pribadi Anda yang menyebabkan kerugian besar.

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *