Google Bersih-bersih, 17 APK Pinjol Berbahaya Dibuang dari Play Store!

Share dulu, dong!

kabar baik buat para pengguna Google Play Store! Google lagi rajin-rajinnya bersihin aplikasi-aplikasi yang bikin resah. Baru-baru ini, mereka nyapu bersih 17 aplikasi pinjaman online (pinjol) yang ternyata bunga pinjaman tinggi banget dan bisa bikin data pribadi kecolongan, lho.

Nah, kata-kata dari tim detektif keamanan siber dari ESET Research menceritakan kalau ada sekitar 18 aplikasi pinjol berbahaya yang nyelonong di Google Play Store. Mereka namain ‘SpyLoan’ karena punya teknik jahat spyware-nya. Gampangnya, aplikasi-aplikasi nakal ini suka nyebar lewat SMS dan media sosial, macem Twitter, Facebook, dan YouTube.

Udah kebayang kan, berapa juta orang yang ternyata udah kejebak unduh aplikasi-aplikasi nyeleneh ini sejak tahun 2020? Lebih dari 12 juta loh! Astaga, itu banyak banget!

Dan tau gak sih, SpyLoan ini mulai jadi momok di tahun 2023. Gak cuma di satu negara, tapi membahayakan banyak orang dari Meksiko, India, Indonesia, Thailand, Nigeria, Filipina, Mesir, Vietnam, Singapura, Kolombia, sampe Peru. Serem banget kan, gimana dampaknya udah sampe ke banyak negara?

Ini yang bikin makin mengerikan, beberapa aplikasi ini palsu banget, nyontek nama dan gaya dari penyedia layanan pinjol yang resmi. Bahkan ada yang sampe menyarankan pengguna agar hati-hati biar tidak kejebak aplikasi abal-abal yang nyontek brand-nya.

Baca juga: OJK: Ada Perubahan Positif Pasca Bunga Pinjol Turun

Jadi begini, setelah diinstall, SpyLoan langsung minta info pribadi mulai dari alamat, kontak, bukti penghasilan, sampe foto kartu identitas kita. Trus mereka langsung ‘nyedot’ data sensitif dari perangkat kita, mulai dari log panggilan, event di kalender, sampe apa aja aplikasi yang kita install. Gak berhenti sampai situ, mereka juga buru-buru ngincer daftar kontak, lokasi, dan SMS kita.

Bahkan ada laporan soal ancaman yang diterima pengguna dari operator aplikasi ini, maksa mereka bayar pinjaman yang sebenarnya gak pernah dipinjem atau udah ditolak. Bahkan sampe ancaman bakal mengamcam keluarga pengguna. Udah kelewatan banget!

Berita baiknya, ESET cepet banget laporin temuan ini ke Google. Akibatnya, 17 aplikasi pinjol berbahaya udah dihapus dari Play Store. Satu aplikasi selamat, tapi mungkin karena mereka ngubah izin akses dan modus biar gak ketahuan jadi SpyLoan lagi. Nah, ini bikin kita harus makin waspada, ya!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Follow saya di Google News

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *