Hp Di Hack: Begini Cara Mengatasinya

Bagikan:

Ketika hp di hack orang lain bisa menjadi mimpi yang sangat buruk bahkan bisa membahayakan data pribadi Anda. Salah satu contohnya adalah semua akun aplikasi akan diambil ahli atau kirim chat spam hingga pihak provider aplikasi memblokir akun Anda.

Agar tetap aman, kami akan menunjukkan cara mengatasi hp dibajak orang dan cara mengatasi agar tidak diretas lagi. Kita akan usir mereka sampai ke akar-akarnya. Jadi simak artikel ini dengan baik.

Tanda atau Ciri-ciri Hp Dibajak / Di Hack

Untuk mengetahui atau tanda-tanda hp di hack, Anda harus baca daftar di bawah ini dan perhatikan, apakah hp Anda mengalami satu atau beberapa ciri-ciri di bawah ini:

Hp Berjalan Lambat

Apakah Anda mengalami hp berjalan dengan sangat lambat tidak seperti biasanya? Coba buka aplikasi atau situs website apakah mengalami crash? Saat peretas bekerja, itu memerlukan memori dan kinerja ponsel yang cukup besar. Makanya Hp Anda menjadi lambat saat digunakan.

Hp Tiba-tiba Panas (padahal ga di pakai)

Apakah Anda mengalami seperti ini? ponsel terasa panas walaupun sebenarnya Anda tidak menggunakannya hp secara aktif. Hp bisa jadi panas selama penggunaan intensif yang secara terus-terusan, seperti saat melakukan streaming film atau bermain game selama berjam-jam. Namun jika bukan Anda yang menyebabkan ponsel itu panas, mungkin ada orang lain.

Baterai Hp Lebih Cepat Habis

cara mengatasi hp dibajak orang

Salah satu ciri ciri hp dibajak adalah baterai ponsel Anda cepat habis padahal Anda jarang menggunakan hp tersebut.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang itu juga dapat menghabiskan banyak baterai dan data internet. Untuk mengecek, coba Anda tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Lalu Anda pantau baterai tersebut dalam jangka waktu 10 atau 20 menit, lalu simpulkan, apakah baterai hp lebih cepat habis yang tidak seperti biasanya?

Jika Ya, itu artinya kemungkinan hp Anda diretas atau di hack orang.

Gangguan layanan

Salah satu tanda hp di hack orang tapi jarang sekali hal ini terjadi. Tapi poin ini bisa Anda pakai untuk mengecek lebih pasti bahwa hp Anda di hack orang lain.

Jika gangguan layanan internet semakin sering terjadi, mungkin sudah saatnya untuk bertanya: Apakah ponsel saya diretas?

Sering Muncul Tampilan Aneh

Jika Anda melihat muncul tampilan aneh seperti iklan pop-up, kemungkinan ponsel Anda sudah terinfeksi adware, sejenis aplikasi berbahaya yang mana bisa memunculkan pernagkat Anda dengan iklan.Saran saya, jangan pernah klik iklan popup tersebut.

Situs web terlihat berbeda

Perlu Anda ketahui, jika virus malware sudah menginap di ponsel, maka virus tersebut dapat bertindak sebagai proxy antara perangkat dan web, mengalihkan atau mengarahkan situs A ke situs B.

Ada Aplikasi Baru yang Terinstal

Peretas sudah bisa mengakses hp Anda, dengan begitu mereka bisa menginstal aplikasi apapun yang ada di perangkat Anda.

Salah satu tanda hp di hack adalah daftar kontak nomor telepon berantakan, muncul aplikasi-aplikasi yang baru dan aneh.

Apabila Anda menemukan hal seperti ini, berarti Anda harus membaca artikel ini supaya bisa menghapus virus malware di perangkat Anda.

Aplikasi Tiba-tiba Berhenti Bekerja

Jika aplikasi Anda sering berhenti, mungkin karena ponsel Anda sudah diretas dan malware menghabiskan sumber daya ponsel Anda.

Kehabisan Data

Anda perhatikan pada bagian penggunaan data, apakah ada lonjakan penggunaan data internet yang tidak wajar? Hacker memerlukan data internet untuk mengirimkan segala informasi yang telah dikumpulan dari hp Anda.


Bagaimana cara Menghapus Virus dari Hp?

Jika Anda membaca sampai di sini, itu artinya Anda memang butuh untuk tahu cara megnatasi hp dibajak orang. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kembali privasi Anda.

Reset Pabrik

Reset pabrik adalah langkah sederhana yang sepenuhnya membersihkan penyimpanan internal pada hp Anda. Reset pabrik itu tidak merta menghapus foto, video, pesan, dan data pribadi lainnya, tetapi juga menghapus malware yang memungkinkan peretas itu masuk.

Perlu diketahui, kartu SD tidak selalu terpengaruh oleh reset pabrik. Supaya tetap aman, disarankan untuk memformat kartu SD, sehingga menghapus segala potensi ancaman yang terkandung di dalamnya.

Berikut cara mengatasi hp yang di hack dengan cara reset pabrik:

  • Buka menu Pengaturan,
  • Lalu ketuk Sistem
  • Ketuk bagian Setel ulang
  • Ketuk Hapus semua data atau Reset pabrik
  • Di jendela konfirmasi, ketuk Setel ulang telepon
  • Masukkan kata sandi Anda untuk melanjutkan

Atau Anda bisa ketik kata ‘reset’, ‘pabrik’, atau ‘pengaturan awal’ di kolom pencarian Setelan.

Tunggulah sampai proses reset pabrik selesai. Lalu gunakan hp Anda seperti biasa. Sekarang hp Anda sudah Aman.

Menghapus Virus di Hp menggunakan Aplikasi AntiVirus

Jika cara di atas tidak efektif, Anda bisa mengatasi virus-nya dengan menggunakan aplikasi antivirus. Ini merupakan cara yang cukup efektif.

Berbagai macam aplikasi antivirus populer dan ampuh menghadapi virus-virus yang ada di hp Anda. Salah satunya adalah AVG. Anda bisa gunakan secara gratis atau (jika ada) gunakan uji coba gratis untuk membantu meningkatkan kinerja fitur premium AVG.

AVG antivirus populer di Android
AntiVirus ini mampu mengatasi hp diretas hacker

Hal yang Harus Kamu Perhatikan

cara menghapus Virus dari Hp

Hapus Aplikasi MOD APK

Ketika Anda menginstal aplikasi dari luar Play Store atau dari sumber yang tidak dipercaya, itu artinya Anda melanggar perlindungan yang diterapkan oleh Google.

Tidak menjamin jika aplikasi yang baru diinstal itu dapat verifikasi aman. Peretas punya cara dengan menggunakan “pintu belakang rahasia” yang dapat digunakan untuk bisa meloloskan pengoreksian scan dari virus.

Untuk menghapus virus dari hp Anda, segeralah hapus semua aplikasi (APK MOD) yang baru saja yang Anda download dari luar Google Play Store.

Jauhkan peretas dari akun online Anda

Apabila Anda mencurigai bahwa ada Facebook, Instagram, atau akun online lainnya telah diretas orang, segera ambil tindakan untuk mengklaim kembali kepemilikan Anda. Untuk menjauhkan peretas dari akun online Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Periksa aktivitas login akun untuk melihat lokasi dan perangkat yang digunakan untuk mengakses akun dan memastikannya telah diretas.
  • Keluar dari akun dan ubah kata sandi. (Cara Mengubah Kata Sandi Facebook Lewat Ponsel)
  • Cabut akses aplikasi untuk keluar sepenuhnya dari akun.
  • Pastikan email yang digunakan untuk mengakses akun tersebut aman. Ubah password email, jika perlu.
  • Lindungi akun Anda dengan otentikasi dua faktor atau 2FA

Cara Melindungi Hp Anda dari para Hacker di Waktu Mendatang

Jika Anda membaca ini, berarti Anda memang sayang dengan hp Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara mengatasi ketika hp di hack orang, penting sekali untuk mencegah dari serangan virus serupa. Supaya hp Anda tidak diretas lagi, terapkan kebiasaan keamanan berikut ini:

  • Jangan pernah mengunjungi situs web yang mencurigakan, mengklik tautan yang mencurigakan, atau membuka lampiran dalam email dari pengirim yang tidak dikenal
  • Instal aplikasi antivirus di ponsel Anda
  • Gunakan VPN ketika menggunakan Wi-Fi publik
  • Gunakan kata sandi yang aman
  • Perbarui OS perangkat secara teratur
  • Aktifkan setidaknya 2FA untuk akun online Anda
  • Jangan pernah menginstal aplikasi dari luar Play Store
  • Batasi izin aplikasi

Tinggalkan komentar