Ini yang Terjadi jika Tidak Terima Kebijakan Baru WhatsApp

Ini yang Terjadi jika Tidak Terima Kebijakan Baru WhatsApp – WA kali ini sangat serius mengembangkan aplikasinya dengan mengubah sedikit ketentuan dan kebijakan privasi.

Saat pertama diumumkannya peraturan baru pada pertengahan bulan Januari , membuat warna netizen heboh dan uninstal masal aplikasi WA ini. Bagaimana tidak, isi dari perubahan waktu itu sungguh menyakitkan pengguna.

Baca: Kebijakan Baru WhatsApp Membuat Users Panik Ketakutan

Seolah-olah memaksa untuk menyetujui perubahan kebijakan yang mana isinya Facebook akan menggunakan data percakapan obrolan pengguna untuk kepentingan produk FB.

Dan jika tidak men’ia’kan kebijakan ini maka akun WA akan terhapus dan tidak menggunakannya kembali.

Ini yang Terjadi jika Tidak Terima Kebijakan Baru WhatsApp

Dengan begitu banyaknya tekanan netizen dan tidak sedikit pengguna meninggalkan aplikasi raksasa ini, Akhirnya WhatsApp menunda kebijakan terbarunya ini hingga tanggal 15 Mei 2021.

Perubahan Ketentuan dan Privacy Policy WhatsApp

Pada hari ini tanggal 11 Maret 2021, Saya mendapatkan sebuah halaman yang berisi link pemberitahuan perubahan ketentuan dan Kebijakan Privasi WhatsApp.

Ini yang Terjadi jika Tidak Terima Kebijakan Baru WhatsApp

Mungkin tidak semua pengguna mendapatkan pemberitahuan kebijakan terbaru seperti gambar di atas.

Namun pada artikel ini, akan saya jelaskan beberapa poin penting tentang pemberitahuan perubahan ketentuan dan kebijakan privasi WhatsApp.

  1. Privasi Percakapan Pribadi
    WhatsApp dari awal tetap komitmen untuk menjaga privasi obrolan pribadi secara end-to-end. Semenjak munculnya aplikasi WA ini, orang lain tidak akan bisa melihat atau melacak riwayat chat pribadi. Bahkan orang WhatsApp sendiri pun tidak bisa melakukan ini.
  2. Mempermudah Chat dengan Bisnis
    WA terus berupaya untuk mempermudahkan chat dengan bisnis. Agar pengguna selalu dapat mengajukan pertanyaan dan dengan cepat mendapatkan jawaban. Namun ini bersifat Opsional.
Ini yang Terjadi jika Tidak Terima Kebijakan Baru WhatsApp

Itu lah dua hal penting dalam perubahan kebijakan privasi pengguna. yang pertama sudah jelas bahwa WhatsApp tidak akan mendapatkan atau melihat semua percakapan pribadi maupun group.

Seluruh percakapan telah menggunakan teknologi enkripsi end-to-end. Jadi tak ada seorangpun yang bisa melihat chat kecuali di sadap.

Jadi teknisnya, ketika kita mengirim pesan chat, maka sebelum terkirim, pesan tersebut tersimpan pada server WhatsApp. Ketika sudah terkirim ke tujuan, chat yang tadinya ada pada server akan terhapus.

Musti Baca: Trik Verifikasi dua Langkah WA dan Cara Menonaktifkan

Yang kedua adalah tentang bagaimana WhatsApp menggunakan fitur Facebook untuk mengelolah data informasi tentang kebutuhan pengguna dan menjaga data akun.

Aplikasi WA ada dua, yaitu WhatsApp (personal) dan WhatsApp Bussines (bisnis). Aplikasi WA (Personal) dapat mengirim chat dengan pengguna WA Bisnis.

Whatsapp bisa mendapatkan informasi pengguna dibagi menjadi 2 kategori.

Yang pertama informasi saat kita mendaftarkan akun kita ke WA seperti nama hingga nomor telepon

Yang kedua adalah saat kita menggunakan layanan WhatsApp.

Misalnya saya adalah pemilik Toko Online Sepatu pria. Dan satu sisi saya menggunakan aplikasi WA Bisnis untuk bisa berinteraksi dengan calon pelanggan saya.

Para langganan saya dapat mengajukan pertanyakan, melakukan pembelian, dan mendapatkan informasi mengenai produk yang saya jual.

Jadi, ketika mereka (pelanggan) berinteraksi dengan penjual (WA Bisnis) maka WhatsApp dapat mengumpulkan data informasi kamu mengenai kebutuhan yang ingin kamu cari, yaitu Sepatu Pria (minat).

Dari sinilah WhatsApp menggunakan dan mengelolah data informasi kamu untuk membantu mencarikan solusi dengan menggunakan fitur FB.

Kamu bisa tentukan sendiri, apakah kamu tidak ingin berinterkasi (chat) dengan Bisnis di WA atau tidak. Atau kita bisa hapus atau blokir kontak orang yang menggunakan akun BISNIS.

Musti Baca: Koleksi Stiker Meme lucu WhatsApp Menggunakan Aplikasi

Tidak hanya itu, Informasi yang mereka bagikan untuk membantu menjalankan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung, serta memasarkan Layanan WhatsApp Bisnis dan penawaran mereka.

Jadi, yang mereka bagikan bukanlah pesan Chat kita, melainkan informasi sepeti minat, informasi perangkat, selular, Alamat IP. dan lain-lain

Ini yang Terjadi jika Tidak Terima Kebijakan Baru WhatsApp

Apabila kita tidak menyetujui ketentuan dan kebijakan privasi baru WhatsApp hingga tanggal 15 Mei 2001, maka kita tidak akan mendapatkan seluruh fungsionalitas sampai kita menerima dan menyetujui pembaruan kebijakan ini.

Kita masih dapat menerima panggilan dan notifikasi dalam kurung waktu tertentu. Tapi kita tidak bisa membaca dan mengirim pesan.

Ketika lewat tanggal 15 Mei, kita masih bisa untuk menyetujui kebijakan baru.

WhatsApp tidak akan menghapus akun. Tapi kita diberikan kesempatan untuk menghapus akun WA

Untuk lebih memahami, kamu bisa kunjungi Pusat Bantuan WhatsApp mengenai cara menghapus akun, mengunduh data informasi pribadi.

Musti Baca: Trik Memindahkan Chat WhatsApp ke Telegram – Riwayat Obrolan

Tinggalkan komentar