10 Jenis Blog dan Contoh – Tinggal Pilih

Bagikan:

Ketika Anda sedang merencanakan membuat blog tapi masih bingung jenis blog apa yang ingin Anda buat? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling umum atau biasa kita renungkan saat sebelum memulai nge-blog.

Nah, terkadang kita berfikir, jenis blog apa yang paling populer atau paling banyak orang cari. Pada artikel ini, saya sudah siapkan macam-macam blog yang menurut saya ini akan membantu buat teman-teman sebagai bahan rekomendasi.

Sebelum itu, saya harap teman-teman mau membaca daftar isi di bawah ini, agar mengerti alur atau topik yang saya bahas di artikel ini.

1. Blog Pribadi

Berdasarkan namanya, Blog Pribadi berarti individu (yang dikelola oleh satu orang).

Blog pribadi biasanya condong soal topik pengalaman hidup yang positif. Misalnya, membagikan koleksi lukisan, foto dari kamera, pengalaman hidup dan sebagainya.

Jenis blog ini bisa kita katakan blog “klasik”.

Kenapa?

Dulu, orang nge-blog tidak ada yang mereka pikirkan tentang monetisasi, afiliasi dan bisnis lainnya. Mereka memang dulunya membuat blog hanya sebagai tempat berbagi pikiran. Tidak ada yang namanya strategi SEO, AMP, Affiliasi dan lain-lain. Mereka murni menulis tanpa memikirkan hal-hal yang menguntungkan.

2. Blog Gaya Hidup (LifeStyle)

contoh blog gaya hidup
https://superyou.co.id/

Salah satu blog yang membahas berbagai topik pilihan mulai dari kesehatan, olahraga, produktivitas dan lain-lain. Biasanya blog seperti ini banyak pengunjungnya yang mana mereka membutuhkan tips-tips keren dan praktis untuk kehidupan yang lebih baik.

3. Blog Perjalanan (Travel)

contoh jenis blog wisata
https://wisatalengkap.com/

Salah satu contoh Blog Travel yang saya temui adalah wisatalengkap.com. Blog ini membahas tentang review tempat wisata terbaik yang ada di wilayah Indonesia.

Nama BlogWisata Lengkap
Situs URLhttps://wisatalengkap.com/
TopikTempat Wisata / Travel
CMSWordPress
WordPress ThemePublisher
Jumlah Pengunjung200.000 / Perbulan

Khusus di wilayah Indonesia, travel blog kini menjadi salah satu yang banyak orang kunjungi walaupun dalam beberapa tahun yang lalu pemerintah melarang warganya untuk bepergian karena kasus pandemi.

Namun, berdasarkan hasil data trends yang saya temui di Google Trends dengan kata kunci “tempat wisata” periode 5 tahun, ternyata kata kunci ini memiliki trend yang cukup pesat.

screenshot kata kunci tempat wisata

Perlu teman-teman ketahui, pekerjaan membuat blog travel itu sangat sulit (walaupun sebenarnya sangat menyenangkan) karena kita harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk merencanakan perjalanan, mencari harga terbaik, berbagi pengalaman perjalanan dan survey tempat-tempat wisata yang layak dalam satu wilayah.

4. Blog Musik (Lirik dan Chord)

Salah satu jenis blog yang membahas tentang lirik dan kunci gitar lagu-lagu favorit mulai dari lagu lokal hingga mancanegara.

Sebenarnya, kata kunci ‘lirik lagu’ ini sangat banyak diminati, namun karena sudah ada lirik yang tampil di halaman pertama pencarian Google, jadi pengunjung tidak perlu mengunjungi blog lirik lagi dan ini tentu berdampak buruk.

Saran saya, postingkan juga tentang chord-nya supaya blog punya nilai plus. Jika Anda mempunyai pengalaman bermain musik, jenis blog ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Contoh blog lirik dan chord adalah ChordNeto.com.

blog chord terbaik

Blog ini sebenarnya punya saya pribadi. Kebetulan saya hobi musik. Jadi saya gunakan talenta ini untuk berbagi chord gitar lagu-lagu Indonesia.

Nama SitusChordNeto
Situs URLhttps://www.chordneto.com/
TopikLirik dan Chord Lagu
CMSBlogger.com
TemplateJetTheme
Jumlah Pengunjung100.000 / Bulan

5. Fashion Blog

Jenis blog satu ini merupakan blog yang populer di internet. Sebuah topik yang mana memiliki banyak industri besar dengan pengunjung yang besar juga.

Fashion Blog hampir sama dengan blog gaya hidup. Sama-sama memberikan tips terbaik soal gaya hidup berpakaian, update seputar trend fashion dan lain-lain.

So, buat Anda yang kreatif dan menyukai gaya busana, Fashion blog bisa jadi pilihan Anda untuk memulai membuat blog.

Contoh Blog Fashion yang saya temui adalah https://blog.tuneeca.com/.

contoh blog fashion
Nama SitusTuneeca
Situs URLhttps://blog.tuneeca.com/
TopikFashion
CMSWordPress
WordPress ThemeFashionly

6. Blog Bisnis

Blog terbukti cukup efisien bagi pelaku bisnis yang mana bisa berkomunikasi dengan pelanggan yang lebih luas. Tidak hanya itu, membuat blog dalam suatu website bisninya akan membangun komunitas terlebih mendapatkan klien baru.

Ada juga beberapa perusahaan besar yang memanfaatkan blog untuk membuat suatu pengumuman tentang peluncuran produk terbaru, proyek yang sedang mereka kerjakan, kontes dan sebagainya.

Salah satu perusahaan yang menjalankan bisnis sambil membuat blog di dalamnya adalah Domainesia (produk hosting dan domain).

7.Blog Makanan

Hidup memang butuh makanan, jadi tak heran jika makanan banyak kita temukan di berbagai wilayah, termasuk di internet. Jenis blog satu ini merupakan situs yang paling populer di dunia (menurut saya).

Jadi, bagi teman-teman yang bisa masak, coba Anda buat makanan dan bagikan resepnya melalui blog.

Anda bisa membuat konten-konten berupa resep makanan, tips memasak, tips penggunaan alat dapur dan lain-lain.

Salah satu contoh blog makanan adalah cookpad, merupakan blog komunitas makanan terbesar yang menyajikan resep makanan khas Indonesia.

contoh blog resep makanan
Jenis Blog makanan

8. Blog Review

Sesuai dengan namanya kita pasti tahu kalau blog ini topik membahas soal me-review produk barang yang ada di pasaran atau barang yang sedang viral.

Jenis-jenis barang yang kita review itu banyak. Anda bisa ambil satu kategori barang tertentu untuk menjadikan bahan konten artikel Anda. Misalnya, review barang di Shopee, Review Smartphone, Review Produk Digital dan sebagainya.

Jika sudah cukup terkenal dan banyak pengunjung, kedepannya akan banyak tawaran bayaran untuk mengulas dan meninjau produk-produk mereka.

Tips: Kalau ingin buat konten review, usahakan ulas dengan jujur.

Contoh Blog Review adalah WpBeginner. Blog ini sebenarnya tentang tutorial website WordPress. Namun di balik itu hampir seluruh kontennya merupakan konten sponsor yang mana me-review produk digital yang berkaitan dengan WordPress.

contoh jenis blog tutorial blogging
Nama SitusWPBeginner
Situs URLhttps://www.wpbeginner.com/
TopikWordPress
CMSWordPress
Jumlah Pengunjung2.300.000 / Bulan

9. Blog Otomotif

Hampir rata-rata mayoritas orang Indonesia sudah mempunyai kendaraan bermotor, kan? Nah, Anda bisa manfaatkan topik ini sebagai situs blog Otomotif. Jika Anda hobi atau mahir dibidang ini, Anda bisa bagikan konten-konten berupa tips merawat motor, cara merawat motor dan lain-lain.

Salah satu contoh blog otomotif adalah otomaniac.com.

blog tentang otomotif
Nama SitusOtomaniac
URL Situshttps://www.otomaniac.com/
TopikOtomotif
CMSWordPress
WordPress ThemeGeneratePress
Jumlah Pengunjung200.000 / Bulan

10. Blog Berita

Merupakan salah satu jenis blog yang harus Anda perbaharui dengan sesuatu yang baru, bukan situs yang membagikan postingan opini atau konten yang berorientasi pada individu. Anda bisa memulainya dengan membuat situs berita lokal atau tempat di mana Anda tinggal.

Contoh situs blog berita banyak kita temui misalnya situs Kompas.com (berita nasional)

contoh blog berita

Namun untuk membuat situs semacam ini membutuhkan lebih dari satu orang sebagai penerbit artikel berita karena itu tadi, harus diperbaharui setiap hari.

Niche Blog Apa yang Anda Buat?

Untuk menentukan topik apa yang cocok buat Anda, lebih baik coba pikirkan apa passion Anda? atau apa minat Anda? Jika mempunyai talenta musik, Anda bisa membagikan chord lagu-lagu ke para audiens. Jika punya keahlian dalam memasak, Anda bisa bagikan atau ekspresikan pemikiran Anda lewat tulisan blog.

Baca juga: Cara Sukses Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Ingat! setiap topik atau niche mempunyai visitor yang berbeda-beda. Oleh karena itu saya lebih merekomendasikan satu blog untuk satu niche supaya Audiens lebih mengenal blog Anda lebih jauh.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengoptimalkan SEO serta meningkatkan kinerja blog. Hal ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan menulis, tetapi ini juga merupakan hal yang sangat penting sekali untuk menjangkau para pengunjung baru.

2 pemikiran pada “10 Jenis Blog dan Contoh – Tinggal Pilih”

  1. Blog lirik lagu banyak juga pengunjungnya y mas, sdh saya lihat blog mas, benar2 keren. Saya jadi terinpirasi ni, pingin punya blog seperti itu.

    Balas

Tinggalkan komentar