Lompat ke konten

6 Kelebihan dan Kekurangan UKU Pinjol – Wajib Tau

kelebihan dan kekurangan UKU
Bagikan informasi ini

Kelebihan dan Kekurangan UKU Pinjol – Beberapa bulan yang lalu, saya sudah mengulas aplikasi pinjol ini, dan hingga sekarang saya melihat ada beberapa perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah tampilan user interface yang semakin baik. Selain itu ada event-event menarik, VIP Member dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan UKU

kelebihan UKU pinjaman online 2

Kali ini saya akan membahas tentang Kelebihan dan kekurangan UKU pinjaman online. Saya akan berusaha objektif mungkin dan seakan berusaha mereview aplikasi pinjaman online UKU ini sesuai dengan pemahaman dan pendapat pribadi saya.

1. Proses Pengajuan Mudah

Keunggulan UKU yang pertama adalah proses mudah, dana tunai tanpa jaminan. Untuk melakukan pinjaman online ini, kalian cukup install aplikasinya, buat akun atau login, lalu Andasi data-datanya, foto selfie KTP dan kalian bisa segera mendapatkan pinjaman.

Untuk proses pengisian formulirnya pun tidak terlalu rumit seperti pinjol-pinjol lainnya. Hanya saja ada satu yang membuat saya “jengkel” (saya akan bahas di bagian sesi Kekurangan).

2. Syarat Gampang

Yang berikutnya adalah syarat pinjam cukup gampang. Ini masih berkaitan dengan nomor satu. Hanya butuh KTP asli, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman online di UKU. Anda tidak perlu memberikan bukti Slip Gaji apabila Anda sebagai karyawan.

3. Proses Persetujuan

Keunggulan UKU yang ketiga – proses persetujuan atau pencairan dana juga tergolong cepat. Seperti halnya dengan AkuLaku. Kecuali, jika pencairan di hari Sabtu dan Minggu, maka proses pencairan dana akan dilakukan di hari kerja.

4. UKU Resmi OJK

Keunggulan yang keempat adalah sudah legal dan resmi 100% diawasi oleh OJK. Jadi kalian bisa cek daftar pinjaman online resmi yang dikeluarkan atau dirilis dari OJK.

5. Member VIP

Menurut saya ini adalah fitur baru dari UKU (mohon koreksi jika saya salah). Jadi ini adalah layanan khusus yang akan diprioritaskan dengan tingkat level tertentu.

Singkatnya, dengan adanya member VIP UKU ini, Anda akan mendapatkan keistimewaan atau Hak Member sepreti Proses Pinjam Cepat, Kupon, Meningkatkan keberhasilan pinjaman, dan layanan ekslusif.

Tidak adanya itu, degan member VIP, Anda akan mendapatkan produk eksklusif dengan limit pinjaman maksimal Rp8.000.000.

6. Bekerjasama dengan Pinjol Lainnya

Kini, UKU sekarang telah bekerjasama dengan beberapa pinjol legal lainnnya seperti AkuLaku. Jadi bagi Anda yang pernah pinjam di AkuLaku dengan nilai skor kredit yang bagus, ada kemungkinan besar proses pengajuan di UKU jauh lebih mudah.

Kekurangan UKU

Sekarang kita akan bahas kekurangannya – kelemahan dari ukur salah satunya adalah suku bunganya cukup mahal. Jadi jika dihitung Bunga per harinya itu 0,4%. Maka sebulan bunga yang harus Anda bayar adalah 12%. Jadi, kalau Anda pinjam Rp1.000.000, per bulannya dikenakan bunga sebesar Rp.120.000.

Lalu berikutnya, adanya potongan yang lumayan besar di awal pinjaman. Jadi misalnya Anda pinjam Rp1.000.000, maka potongannya kurang lebih 9% s/d 10% lebih.

Selanjutnya, kekurangan UKU (yang sempat saya singgung di atas) adalah wajib mengisi lima kontak darurat. Bagi saya ini terlalu banyak sekali dan agak sedikit menjengkelkan.

Kesimpulan – Apakah Layak Pinjam di UKU?

Kalau soal kelayakan, jelas! UKU adalah opsi terbaik Anda untuk mengajukan pinjaman. Tapi ini bukanlah yang terbaik.

Yang harus Anda perhatikan adalah bunga dan biaya lainnya dengan penghasilan Anda. Baca: Review Gagal Bayar di UKU selama 2 Bulan

Terimakasih sudah membaca artikel ini tentang Kelebihan dan Kekurangan UKU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top