Pahami! 6 Kelebihan dan Kekurangan WordPress 2022

Bagikan:

Halo Good Blogger,
Tau ga, WordPress itu sudah ada sejak tahun 2003. Salah satu CMS blogging yang paling diminati oleh penggunanya. Beberapa tahun terakhir ini, kita tahu kalau WP juga sudah menjadi perangkat lunak manajemen pilihan populer untuk situs web yang bukan blog (non-blogging).

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Berikut beberapa keunggulan WordPress yang perlu teman-teman paham saat sedang atau sebelum menggunakan CMS ini.

Kelebihan WordPress

Kelebihan dan Kekurangan WordPress
Kelebihan WordPress

Berikut di bawah ini merupakan lebihan WordPress yang harus teman-teman ketahui:

1. Sangat Mudah Digunakan

Yaps, memang WP adalah CMS yang sangat mudah digunakan serta mempunyai interface yang intuitif. Dengan begitu kita tidak menghabiskan waktu setting seperti create database, table hingga bagian menghubungkan Database dengan WordPress.

2. Dapat Dibuat untuk Berbagai Jenis Website

Inilah yang kadang orang belum paham tentang WordPress. Mereka hanya tahu kalau CMS ini hanya diperuntukan untuk situs blog saja.

Tapi kenyataannya, WordPress bisa juga digunakan utuk membuat jenis situs website lainnya seperti:

  • Blog,
  • Website Bisnis
  • Portfolio,
  • Situs Rating,
  • MarketPlace
  • Personal Web
  • Forum
  • Situs Job, dan masih banyak lagi.

Kelebihan WordPress ini membuat banyak pengguna atau developer lebih memilih CMS ini dibanding yang lain.

3. Gratis!

wordpress itu gratis

WordPress merupakan salah satu CMS Gratis. Tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan file WP ini. Anda bebas download filenya di situs resminya.

Dan walaupun kita bilang WordPress ini gratis, teman-teman harus mengeluarkan sedikit/banyak uang untuk membeli/sewa domain dan hosting. Kedua ini harus Anda punya agar bisa nantinya menginstal WordPress dan menggunakannya.

Domain itu ibarat seperti alamat rumah Anda. Misalnya androkit.com, kompas.com. Inilah yang akan dicari orang pertama kali saat ingin berkunjung blog Anda.

Sedangkan hosting itu ibarat luas rumah. Kita bisa simpan barang-barang berharga kita dengan aman seprti TV, Sofa, dan lain-lain. Dengan adanya hosting, kita bisa simpan file website kita.

4. Kaya Akan Fitur dan Powerfull

Tidak salah lagi. Salah satu kenapa banyak yang pakai WordPress adalah banyaknya fitur yang bisa digunakan untuk keperluan situs blog.

Kita bisa menambahkan fitur tambahan lainnya dengan mengandalkan plugin.

Plugin adalah adds on perangkat lunak yang bisa ditambahkan ke dalam situs Anda. Fungsinya adalah menambahkan custom fungsionalitas baru sehingga situs yang kelola bisa kelola fitur mana yang ingin ditambahkan berdasarkan kebutuhan.

Misalnya situs Toko Online, secara default, saat menginstal WordPress pertama kali, fungsi toko online tidak kita temukan. Namun dengan menginstal plugin yang bernama WooCommerse, yang tadinya blog bisa menjadi situs Toko Online.

Kalau sobat hanya ingin membuat blog saja, maka plugin WooCommerse tidak perlu kita instal. Itulah enaknya pakai WP.

5. Ramah SEO

optimasi seo di wordpress

Kelebihan WordPress berikutnya adalah Ramah akan SEO. Website terbaik di Indonesia maupun dunia tidak akan pernah sukses apabila tidak bisa mendapatkan pengunjung.

Untuk itulah, WP dibangun dengan berbagai pertimbangan untuk lalu lintas mesin pencari.

Perlu teman-teman ketahui, CMS WordPress itu menggunakan kode yang berkualitas sangat tinggi sehingga Google dan mesin pencari lainnya menyukai CMS ini.

Itulah sebabnya kenapa WordPress lebih cenderung berperingkat lebih besar daripada yang lain di SERP Google.

Lebih enaknya lagi, Ada beberapa plugin yang bisa membantu kita untuk mengoptimasi situs blog agar bisa nongkrong di halaman pertama Google. Berikut adalah Plugin yang Cocok untuk Blog di WordPress

Plugin SEO seperti Yoast SEO, Rank Math, dan All In One SEO.

Jadi, jika teman-teman mau menjadi blogger yang sukses, Kami lebih menyarankan pakai WordPress.

6. Completely Customizable

Salah satu kenapa Androkit lebih suka pakai WordPress karena tampilan yang lengkap. Kalau di blogger, untuk menambah fitur atau mempercantik blog harus mencari coding di internet. Dan itu juga harus secara manual.

Kalau di WordPress kita tidak perlu dengan cara itu. Seperti untuk tema, kita bisa sesuaikan dengan opsi panel tersendiri, secara live seperti mengubah warna, susunan website, dan masih banyak lagi tanpa harus menulis atau copy/paste kode sama sekali.

Tema WordPress juga banyak sekali kita bisa jumpai baik di perpustakaan WordPress itu sendiri maupun di platform lain. Sehingga kita bisa memilih tema tanpa harus pindah-pindah dari situs satu ke situs lainnya.

kelebihan wordpress banyaknya tema yang menarik untuk kebutuha blog
Memilih tema langsung dari direktori WordPress

Fakta bahwa banyak pengguna WordPress yang memang tidak tahu sama sekali tentang pemograman website.

Kebanyakan orang yang menggunakan WordPress bukanlah perancang web atau pemrogram. Faktanya, kebanyakan orang mulai menggunakan WordPress tanpa pengetahuan sebelumnya tentang mendesain situs web.

Contoh, tema WordPress yang populer adalah Astra dan GeneratePress. kedua tema ini adalah tema yang paling disukai oleh pengguna baik dia itu user pro maupun newbie. Kedua tema ini memiliki dua versi. Gratis dan Premium. Tentu dengan versi berbayar kita mendapatkan lebih banyak fitur dibanding dengan gratis. Untuk lebih lengkap simak GeneratePress versi Premium dan Review Astra Pro

Kekurangan WordPress

kekurangan wordpress

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, ya ga?

Walapun saya katakan CMS ini Powerfull, bukan berarti tidak ada kekurangan. Ada beberapa kekurangan atau kelemahan WordPress yang perlu Anda ketahui.

Paling Banyak Diincar Hacker /Rentan Diretas

Para peretas lebih suka mencari calon korban website yang menggunakan WordPress untuk melakukan aksinya yaitu membobol situs.

Kebanyakan kasus kebobolan ini karena adanya virus malware yang melekat di plugin atau theme bajakan dan tidak dipasangnya SSL.

Menurut laporan dari tim intelijen Wordfence, mereka mengidentifikasikan virus malware yang di simpan melalui Plugin dan tema bajakan yang merpakan salah satu ancaman terbesar dalam ekosistem WordPress. Tercatat lebih dari 23.000 situs menginstal plugin bajakan (plugin yang bukan dari sumbernya). Sumber: Wordfence.com

Jadi, supaya tidak mudah di bajak, saya rekomendasikan teman-teman download dan pasang plugin atau tema di situs resminya atau di WordPress.org

Biaya Operasional (Hosting dan Domain)

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas. WordPress itu memang gratis. Tapi butuh yang namanya hosting dan domain. Harga hosting dan domain di tiap provider berbeda-beda tergantung fitur dan spesifikasinya. Ibarat kita beli ponsel, semakin mahal ponselnya maka fiturnya juga lebih lengkap dan bagus.

Jadi kita harus bisa mengatur keuangan untuk biaya operasional website kita.

Adanya Tema dan Plugin Berlisensi Premium (berbayar)

Plugin itu ada yang 100% gratis dan ada juga 50:50 Gratis dan berbayar. Pembuat plugin dan tema biasanya menawarkan pluginnya dengan versi pro dengan fitur yang lebih lengkap bila dibanding dengan versi gratis.

Tapi tidak semua plugin dan tema itu berbayar. Ada yang 100% gratis.

Diperlukan Waktu dan Pengalaman untuk Memantau Kinerja Website

Misalnya Anda menyewa shared hosting dengan ketentuan batas visitor perbulan yang minim. Tapi suatu saat ternyata blog Anda banyak dikunjungi orang dalam waktu bersamaan. Kasus seperti ini jika pakai hosting yang minim, maka website anda bisa down.

Makanya Anda harus pantau kinerja website dan atur hosting sesuai dengan kebutuhan website. Tidak seperti blogger yang mana hostingnya gratis dari Google. Jadi tak perlu kita kuatir website down karna kelebihan batas jumlah pengunjung.

Kesimpulan

Jika ada pertanyaan ke Saya “lebih baik Blogger atau WordPress untuk situs blog?” Saya akan jawab WordPress. Disamping saya tidak mau ribet, CMS ini lebih PowerFull dibanding dengan Blogger atau cms sejenis lainnya.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan di postingan kali ini tentang kelebihan dan kekurangan WordPress. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar