Keunggulan Utama Aplikasi Telegram VS Fitur WhatsApp

Keunggulan Utama Aplikasi Telegram – Halo Sobat Androkit. Dalam beberapa hari ini, saya menemukan beberapa teman bekas pengguna WhatsApp yang telah beralih ke Aplikasi Telegram. Tentu kita bisa mengetahui apabila ada teman yang baru gabung di Telegram melalui pesan otomatis seperti: “Anisa bergabung dengan Telegram”. Pada kesempatan kali ini, saya akan bagikan informasi menarik seputar ‘Keunggulan Utama Aplikasi Telegram VS WhatsApp’ versi Androkit.com.

Kelebihan Aplikasi Telegram
Sumber element gambar: www.freepik.com

Kelebihan atau Keunggulan Utama Aplikasi Telegram Bila Dibandingkan dengan WhatsApp

Belakangan ini, Telegram menjadi salah satu aplikasi pengirim pesan paling populer atau favorit baik di dunia maupun di Indonesia. Tentu tak lain karna fitur-fitur telegram lebih banyak dan canggih bila kita bandingkan dengan aplikasi serupa dari perusahaan induk Facebook (WhatsApp).

Telegram kali ini benar-benar memanjakan penggunanya. Semua fitur yang dia punya GRATIS dan banyak juga beberapa perusahaan-perusahan besar mengalihkan group chat karyawan perusahaan mereka ke aplikasi Telegram karena memiliki kualitas yang lebih baik.

Sejarah Singkat Telegram dan WhatsApp

Telegram adalah salah satu aplikasi kirim pesan yang berbasis Cloud yang bersifat gratis. Telegram FZ-LLC yang didukung oleh wirausahawan dari Rusia bernama Pavel Durov.

Sejak 6 September 2013 hingga saya memuat artikel ini, ada lebih dari 500 juta pengguna Telegram. Tahun 2020 merupakan sejarah bagi mereka karena aplikasi Telegram mendapat peringkat 10 urutan teratas sebagai aplikasi yang paling banyak didownload oleh pengguna Android.

Sobat Bonar tau gak? dulu tahun 2014 Telegram sempat mengalami kepahitan yang sangat luar biasa terutama para pengguna Indonesia. Kenapa?

Pemerintah pernah memblokir aplikasi Telegram karena adanya sesuatu propaganda, radikalisme, terorisme, paham kebencian.

Pemerintah menemukan adanya aktivitas teroris yang mengunakan aplikasi Telegram sebagai komunikasi utama mereka. Terutama mereka cara merakit bom dan hal lain yang bertentangan dengan pertaturan perundang-undang Indonesia.

WhatsApp adalah aplikasi chat pengirim pesan yang masih Populer saat ini. Pada tahun 2010 hingga sekarang tercatat lebih dari 5 Miliar pengguna dari 180 negara yang mempercayakan seluruh percakapan mereka dengan WhatsApp.

Pada awalnya, tujuan WhatsApp adalah hanya untuk pengguna Iphone. Namun dengan banyak permintaan, akhirnya mereka merilis aplikasi ini untuk Android, Blackberry, Nokia dan Windows.

Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp

Saya sudah catat beberapa keunggulan atau keistimewaan aplikasi Telegram.

1. Lebih Simple dan Ringan

Keunggulan Aplikasi Telegram
Salah satu kelebihan aplikasi Telegram adalah simple dan ringan

Keunggulan utama aplikasi Telegram adalah ringan dan sederhana. Saat kita buka aplikasi ini akan terasa lebih cepat dan langsung masuk ke halaman chat. Mungkin anda pernah mengalami. Saat kita pertama kali chat WA ke seseorang, butuh waktu beberapa detik supaya pesan tersebut masuk (ceklis dua).

Dan yang lebih serunya lagi, Telegram memiliki caching CDN. ini adalah teknologi node caching pihak ke-3 yang mana berfungsi untuk menyimpan foto/video sehingga kita cepat posting atau membagi sebuah file-file besar.

Apalagi Telegram versi PC lebih ringan bila kita bandingkan dengan aplikasi WhatsApp.

Tapi Teknologi ini hanya untuk beberapa negara saja. Dan Sobat Androkit juga harus bangga kalau Indonesia salah satunya yang bisa merasakan teknologi yang Telegram miliki.

2. Penyimpanan Berbasis Cloud (Lebih Powerfull)

kelebihan telegram dengan WhatsApp adalah memiliki penyimpanan Cloud

Apakah Anda tau apa itu Penyimpanan Cloud? Layaknya seperti memori internal, namun penyimpanan cloud merupakan layanan penyimpanan data yang bersifat online.

Jadi artinya, semua kegiatan kita sudah tersimpan di penyimpanan cloud-nya telegram secara gratis tanpa kita harus meng-backup dan restore data seperti pada WhatsApp.

Kalau WhatsApp, Semua history chat kita masih tersimpan di perangkat hanpdone kita, Kalau kita logout atau keluar lalu kita login kembali pada perangkat lain, maka semua history chat baik itu pesan, gambar,video dan lain-lainnya akan hilang. (kecuali kita backup chat Telegram sebelum kita hapus atau logout).

3. Keamanan yang Terjamin: Keunggulan Utama Aplikasi Telegram

Manfaat aplikasi Telegram selanjutnya adalah Keamanan.
Sesuai dengan visi-nya, Telegram lebih mengutamakan keamanan dan lebih fokus kepada kenyamanan pengguna dari serangan hacker.

Beberapa informasi yang saya dapatkan, Telegram memiliki alat teknologi untuk mengamankan data akun kita, yaitu AES-256-bit dan RSA 2048-bit. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan utama aplikasi Telegram dengan aplikasi WhatsApp.

Tak hanya itu juga loh, Sobat Bonar.
Telegram juga mempunyai fitur Secret Chat yang bisa membuat chat “empat mata” secara rahasia.

Artinya, Saat kita menggunakan fitur ini, semua lawan chat anda tidak akan tersimpan dalam cloud dan tidak dapat diakses melalui perangkat lain. Itu sebabnya jika kita keluar akun lalu kita masuk akun lagi, maka chat tersebut hilang alias terhapus secara otomatis.

4. Bisa Edit Chat yang Sudah Terkirim

Kelebihan Aplikasi Telegram bisa mengubah chat yang sudah kita kirim

Selanjutnya, kelebihan aplikasi Telegram adalah bisa mengedit pesan chat yang sudah kita kirim. Sama halnya seperti Facebook. Kita bisa meng-edit atau memperbaiki kembali tulisan komentar kita yang sempat terkirim. Berbeda dengan WhatsApp, aplikasi ini tidak memiliki fitur seperti Telegram punya. Kita hanya bisa menghapus dan mengetik ulang kembali pesan untuk memperbaiki pesan sebelumnya.

5. Banyaknya Fitur Group Telegram

Keunggulan utama Aplikasi Telegram – Setelah Telegram menambahkan fitur polling di Channel dan Group, akhirnya mereka memperluas lagi fitur polling yang tentunya bermanfaat bagi anggota group. Yaitu:

  • Visible Vote (vote yang terlihat)
  • Multiple Answers (Jawaban Ganda), dan
  • Quiz Mode (Mode Kuis)

Tidak hanya itu, telegram juga menghadirkan fitur Statistik Group. Fitur ini berfungsi untuk melihat semua aktivitas dan perkembangan group. Anda juga bisa melihat anggota yang aktif dan tidak aktif, rata-rata jumlah pesan yang masuk, dan lain-lain.

6. Maksimal 200.00 Member dalam Satu Group

Kelebihan Aplikasi Telegram – Seperti yang sudah kita ketahui, WhatsApp membatasi group member hingga 256 orang. Lebih sedikit bila kita bandingkan dengan Telegram mencapai 200rb.

Wow,. Dan lebih hebatnya lagi, Meskipun ada dua ratus ribu anggota dalam satu group, tidak akan membuat perangkat handphone kita menjadi lag atau berat.

Namun, untuk menggunakan fitur ini, group anda harus memiliki minimal 500 anggota/pelanggan. Ups tunggu dulu. Sobar Bonar jangan panik, sebab dalam waktu dekat ini pihak Telegram akan memberi keringanan menjadi 100 anggota/pelanggan.

7. Video Profil: Keunggulan Utama Aplikasi Telegram

Nah, ini juga unik loh, Sobat Androkit. Pada umumnya sosial media mana saja ketika kita mengatur atau pasang foto profil, kita hanya bisa pasang foto yang akan sebagai foto profil kita.

Tetapi, kalau di Telegram, kita bisa pasang foto profil dengan format video loh…
ga percaya? coba aja…

8. Multi-account – Keunggulan Utama Aplikasi Telegram

Keistimewaan Telegram selanjutnya adalah fitur multi akun. Yaps, anda bisa menambahkan beberapa akun Telegram baik itu akun pribadi maupun bisnis dalam satu aplikasi Telegram. Anda tidak perlu menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk meng-clone aplikasi Telegram ini. Cukup mengaturnya di pengaturan seperti gambar berikut:

telegram vs whatsApp
Keunggulan Utama Aplikasi Telegram tambah akun dalam satu aplikasi

Maksimal 3 akun Telegram. Tak bisa lebih

9. Chat Bot

Fitur ini biasa disebut Anonymous Chat Telegram merupakan salah satu fitur yang paling unik dimana kita bisa berkomunikasi dengan satu atau beberapa penguna telegram tanpa menunjukkan identitas kita.

Hingga sekarang fitur ini menjadi banyak digunakan oleh para penggunanya.

10. Mengirim File Lebih Besar tanpa Kompres (Asli)

Di WhatsApp, ketika kita mengirim file yang besar, maka secara otomatis WhatsApp mengkompres file baik itu foto atau video. Tujuan utamanya agar lebih ringan saat download dan upload.

Namun Telegram kini berbeda, Kita bisa upload dan download dengan ukuran aslinya tanpa ada proses kompres. Ini juga merupakan alasan mengapa pengguna WhatsApp beralih ke Telegram. Oh ya, Telegram membatasi hingga 2 Giga yang dulunya hanya 1,5 Giga untuk satu file.

11. Foto Editing: Keunggulan Utama Aplikasi Telegram

Tahun 2015, Telegram menghadirkan fitur Photo Editor untuk mempercantik foto atau gambar dengan menambahkan foto, tulisan, coretan, dan stiker. Sekarang Telegram telah mengembangkan dan meningkatkan fitur ini menjadi lebih profesional. Seperti tampilan media editor yang baru, penambahan fitur gif pada video kita dan lain-lain. Tentu saja fitur ini tidak akan anda temukan pada aplikasi WhatsApp.

12. Jelajah Pengguna Sekitar

Fitur selanjutnya adalah mencari pengguna lain yangn ada di sekitar kita. Cukup menarik buat para teman-teman yang ingin dapat kenalan baru terutama para jomlo 😀. Update: Bisa juga kita mencari Group atau Channel lain yang ada di Telegram.

KESIMPULAN

Pada artikel ini saya tidak bermaksud untuk menyudutkan atau menurunkan popularitas aplikasi WhatsApp atau sebaliknya. Yang saya lakukan adalah pembenaran sesuai fakta data yang ada.

Semua aplikasi baik Telegram maupun WhatsApp memiliki kelebihan dan kekurangan walaupun saya tidak menguraikan di artikel ini.Namun itu semua tergantung pada kebutuhan anda. Jika anda membutuhkan aplikasi chat seperti WhatsApp, ya itu adalah pilihan anda. Namun apabila anda ingin mencoba fitur yang lebih, tidak ada masalahnya untuk mencoba.

Demikian artikel 12 Keunggulan Utama Aplikasi Telegram VS Fitur WhatsApp. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Menulis artikel di blog merupakan bagian dari hobi semenjak tahun 2016. Lulusan SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Leave a Comment