Keunggulan WordPress VS Semua CMS

Keunggulan WordPress memang tak bisa kita ragukan lagi. Semua jenis website apa saja yang kita butuhkan pasti bisa kita buat melalui CMS WP ini. Tapi, Jika Anda ingin membangun situs web, Anda pasti pernah mendengar tentang CMS lainnya seperti Squarespace, Wix, Weebly, dan banyak opsi lainnya. Namun, mana yang harus Anda pilih? Ketika datang untuk memilih antara WordPress dan sistem manajemen konten (CMS) dan platform situs web lainnya, opsi terbaik ditentukan oleh kebutuhan spesifik Anda.

Saya telah mengumpulkan beberapa hasil pemikiran saya tentang platform hosting situs web terbaik dan menilai siapa yang akan mendapatkan hasil maksimal dari menggunakannya dalam artikel ini. Lanjutkan membaca jika Anda bertanya-tanya tentang WordPress vs semua CMS.

WordPress.com VS ORG VS Semuanya

WordPress adalah sistem manajemen konten sumber terbuka (open source) fleksibel yang memberikan banyak fleksibilitas kepada pemilik situs web. WordPress.com dan WordPress.org adalah dua versi yang dapat diakses. Bukan hanya ekstensi domain, tetapi perbedaannya signifikan. Teman-teman bisa baca lebih lanjut tentang perbedaan WordPress.com vs WordPress.ORG

Buat teman-teman yang baru memulai membuat blog atau situs web dasar, WordPress.com adalah alternatif gratis yang populer saat ini yang dibangun di atas platform WordPress SaaS (perangkat lunak sebagai layanan) dan dilengkapi dengan sejumlah tema-tema gratis.

WordPress.org memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya mempersonalisasi dan menskalakan situs untuk memenuhi kebutuhan pengguna. WordPress mampu mendukung situs dengan berbagai jenis, mulai dari untuk blog pribadi atau situs forum hingga situs brand besar dan e-niaga. Pengguna tidak memiliki batasan, artinya Kita bebas mau buat situs website apa susuai kebutuhan.

WordPress.org juga menyediakan tema gratis dan premium untuk website kita. Pengguna juga dapat menambahkan plugin atau fitur tambahan untuk lebih menyesuaikan situs mereka sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang kita bandingkan WordPress dengan yang lainnya:

WordPress vs Blogger

Blogger merupakan salah satu tempat untuk membuat situs website gratis yang dimiliki oleh Google. Platform ini berfokus pada satu jenis website, yakni Blog.. Berbeda sekali dengan WordPress yang mana CMS paling lengkap. Bisa kita pakai untuk membuat toko online, forum, website perusahaan dan lain-lain.

Blogger itu bersifat personal. Lebih mengutamakan pembuatan konten yang nantinya akan di monetisasi.

Bagi teman-teman yang pengen buat blog yang cepat dan mudah serta template tersedia gratis, Blogger adalah pilihan yang paling tepat. Untuk memulai membuat blog di Blogger itu mudah sekali. Kita tinggal login menggunakan akun Google lalu kita siapkan nama dan domain blog kita.

Dalam hal kemudahan penggunaan, Blogger sangat saya rekomendasikan bagi teman-teman yang fokus kepada pembuatan situs blog sederhana. Tetapi jika Anda lebih membutuhkan CMS yang lebih kuat, maka ini saya tidak rekomendasikan.

WordPress vs Drupal

Sama halnya dengan WordPress, Drupal merupakan CMS yang lengkap dengan mefokuskan kepada demografis dan gratis (open-source). Untuk instalasinya juga cepat tak butuh pengalaman yang handal.

Persamaan antara Drupal dan WordPress terletak pada fitur Plugin. Drupal juga memiliki fitur penambahan plugin (add-on) yang bisa kita tambahkan ke dalam situs website kita.

Bagi teman-teman yang pemula, tampaknya akan mengalami kesulitan menyesuaikan pengaturan yang terdapat pada CMS Drupal.

Kalau WordPress, Anda tak perlu terlalu banyak untuk belajar. Sedangkan Drupal, Anda harus menggali lebih dalam cara menggunakan CMS Drupal.

WordPress vs Ghost

Perbandingan WordPress VS GHOST
Perbandingan WordPress VS GHOST

Ghost merupakan platform yang berfokus pada publishing atau blog. Itu artinya hanya ditujukan kepada pembuatan konten artikel. Berbeda dengan WordPress yang mana fungsinya jauh lebih lengkap.

WordPress masih bisa kita katakan jauh dari kata sukses dalam pembuatan situs website blog maupun situs berita.

Jika ingin jauh lebih dalam lagi tentang Ghost, CMS ini lebih menampilkan konten di depan para audiens serta mampu membuat halaman materi member berbayar.

Tidak hanya itu, Ghost mampu menawarkan layanan email marketing yang berfungsi sebagai mendistribusikan seluruh kontennya.

Dan dengan berjalannya waktu, Ghost telah berevolusi menjadi suatu Full Publishing platform. Pengguna dapat melakukan akses ke beberapa metrik, integrasi dan lainnya. Dan dibuat secara khusus agar para pengguna bisa memonetisasi konten mereka.

Update: Kini Ghost mempunyai 3 basic pilihan yaitu untuk Creator, Marketer dan Developer

Keunggulan WordPress VS Ghost
Keunggulan WordPress VS Ghost

Ghost menjadi opsi yang sangat bagus bagi teman-teman yang ingin menghasilkan uang dari pembuatan konten artikel. Tapi, kalau Anda ingin punya hosting sendiri, maka WordPress lah pilihan yang terbaik.

Update: Ghost tidak ada versi gratis. Anda harus berlangganan bulanan yang dimulai dari harga $9 USD.

Harga paket Ghost
Harga paket Ghost

WordPress vs Joomla

Perbandingan WordPress vs Joomla
Perbandingan WordPress vs Joomla

Salah satu CMS yang mirip banget dengan WordPress adalah Joomla. Anda bisa membuat jenis website apapun pakai CMS yang satu ini.

Namun, saya kurang rekomendasikan bagi teman-teman yang pemula. Saya dulu pakai ini belajar menggunakan server local (localhost) dan memang agak bingung juga waktu itu untuk memulai membuat blog.

Untuk tema, tentu WordPress lebih banyak variasinya dan lebih mudah kita gunakan dari pada Joomla.

Informasi lebih lanjut silahkan langsung saja ke situs Joomla.org.

WordPress vs Weebly

Perbandignan WordPress Vs Joomla

Weebly merupakan pembuat website yang cepat dan mudah dengan menawarkan ke situs web statis dan eCommerce. Sejak Square mengambil ahli Weebly, CMS satu ini jadi lebih fokus kepada situs ecommerce. Jadi jika Anda ingin membuat sebuah website jualan, mungkin Weebly sangat cocok buat Anda.

Walaupun demikian, Jika Anda ingin membuat situs jualan tetapi juga menerapkan konten artikel di website Anda (strategi jualan), WordPress-lah pilihan terbaik.

Informasi lebih lanjut tentang Weebly.

Kesimpulan

Itulah beberapa perbandingan WordPress dengan CMS lainnya. Mungkin ada yang bertanya, mana yang lebih baik? itu tergantung dengan kebutuhan website Anda. Tapi yang pasti WordPress adalah CMS yang paling populer lalu disusul dengan Blogger dan Joomla.

Apabila teman-teman ingin membuat situs website jualan, pertimbangkan menggunakan Weebly. Buat Anda yang ingin membuat situs blog gratis, Blogger adalah pilihan Anda. Namun Saya lebih menyarankan pakai WordPress.org (self-host) karena lebih mudah digunakan dan powerfull. Cuma kalau pake WP, kita harus terlebih dahulu beli Domain dan Hosting untuk situs website Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar