Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

WhatsApp dan Kontak pengguna adalah dua yang saling melengkapi. Jika salah satu tidak bisa berkaitan, maka percakapan tidak mungkin bisa dilakukan. Lalu bagaimana cara mengatasi kontak tidak muncul di WhatsApp?

Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

Cara Mengatasi Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

WhatsApp ini aplikasi chat terbesar di dunia. Segala upaya yang dilakukan oleh para pengembang dengan menambahkan beberapa fitur-fitur terbarunya agar menambah pengalaman baik bagi pengguna saat menggunakan aplikasi chat ini.

Walaupun demikian, WA terus menghadapi beberapa masalah atau bug hingga beberapa hari ini. Di antaranya, masalah pada ‘kontak telepon yang tidak muncul’. Terkadang masalah ini yang paling menjengkelkan bagi pengguna. Karna kita berharap bisa segera berkomunikasi dengan kontak tersebut malah akhirnya tidak bisa karna masalah pada aplikasi WhatsApp.

Mengapa Hal Seperti itu Bisa Terjadi?

Kontak baru tidak ada di WhatsApp itu biasanya terjadi beberapa penyebab. Contoh, Hal tersebut bisa saja terjadi pada hp yang tidak berfungsi dengan maksimal.

Pada kasus lainnya, masalah terjadi setelah Anda memindahkan aplikasi WA dari satu perangkat ponsel ke perangkat lainnya.

Namun, dalam kasus ini, masalahnya dapat disebabkan karena error saat WhatsApp menyinkronkan kontak yang disave di hp Anda.

Atau masalah kedua kemungkinan adanya terjadi perubahan pada perizinan yang kita berikan kepada WhatsApp.

Walaupun demikian, Apapun itu kita akan coba pelajari cara menyelesaikan masalah ini satu persatu.

Periksa izin Aplikasi yang diberikan ke WhatsApp

Android akan dan sudah sangat aman selama bertahun-tahun. Konsekuensi yang tidak diinginkan dari ini adalah bahwa semua aplikasi sekarang memerlukan izin pengguna untuk mengakses data yang disimpan di ponsel Anda. Termasuk kontak nomor hp orang yang kita simpan.

Apabila ponsel/hp Anda tiba-tiba berhenti atau nama kontak WhatsApp tidak muncul hanya nomor kontaknya saja, berikut hal pertama yang perlu Anda lakukan. Inilah cara Anda dapat coba di hp Android.

  • Buka ‘Pengaturan’ dan ketuk ‘Aplikasi’ atau ‘Manajemen aplikasi’ (kalau yang pengaturan ini kemungkinan tiap merek hp berbeda-beda. Pastikan Anda bisa menyesuaikan).
  • Ketuk daftar Aplikasi dan gulir ke bawah ke WhatsApp
  • Ketuk ‘Izin’ lalu ketuk ‘Kontak’.
  • Pastikan Anda telah memberikan akses ke kontak dalam pilihan ini.
  • Apabila statusnya diberikan izin, coba Anda ketuk untuk tidak izinkan. Setelah itu ketuk lagi untuk memberikan izin.

Setelah Anda sudah melakukan yang sudah saya tulis di atas, saya harap bagian cara ini bisa teratasi. Cobalah untuk kembali ke aplikasi WhatsApp. Kalau bisa sebelum itu, pastikan aplikasi WA dalam keadaan off atau tidak aktif di latar belakang.

Jika langkah di atas masih belum menyelesaikan masalah Kontak tidak muncul di WA, sekarang kita coba pada langkah kedua.

Perbaharui Kontak WhatsApp (WA)

Langkah kedua, untuk cara mengatasi kontak tidak muncul di WhatsApp adalah menyegarkan atau refresh dengan cara menyegarkan kontak WA.

  1. Buka WhatsApp dan ketuk gelembung obrolan di sudut kanan bawah.
  2. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas dan ketuk ‘Pulihkan’.
  3. WhatsApp Segarkan Kontak.
Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

Ini akan memakan waktu beberapa detik untuk memindai daftar kontak dan membuat nama kontak muncul kembali.

Jika kedua pilihan ini tidak berhasil, sekarang saatnya kita gunakan cara yang ke tiga.

Membersihkan Cache Aplikasi WhatsApp

Metode ini melibatkan pembersihan cache aplikasi atau penyimpanan aplikasi. Pastikan Anda memilih opsi ‘Hapus cache’.

  1. Buka pengaturan telepon
  2. Pilih Manajemen Aplikasi/Aplikasi
  3. Pilih aplikasi WhatsApp
  4. Penggunaan Memori/Memori
  5. Hapus Cache
Kontak Tidak Muncul di WhatsApp
Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

Sinkronisasi WhatsApp – Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

Jika opsi ini tidak berhasil juga, sekarang saatnya untuk memaksa sinkronisasi WhatsApp dengan kontak Anda. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda lalu ketuk ‘Pengguna dan akun’ atau ‘Kata sandi dan akun’.
  • Pilih WhatsApp dari daftar lalu ketuk ‘Sinkronisasi akun’.
  • Ketuk tombol sakelar di sebelah kontak untuk memaksa ponsel melakukan sinkronisasi kontak.
  • Periksa apakah kontak muncul kembali di WhatsApp?

Hapus akun WhatsApp

Kontak Tidak Muncul di WhatsApp. Jika memaksa Sinkronisasi WhatsApp tidak berhasil, langkah selanjutnya melibatkan penghapusan akun WhatsApp Anda dari ponsel Anda. Sebelum Anda melangkah lebih jauh, pastikan Anda mencadangkan semua chat WhatsApp Anda ke Google Drive.

Setelah Anda berhasil mencadangkan chat WhatsApp Anda, buka menu yang sama seperti sebelumnya (kata sandi dan akun) – tetapi kali ini – pilih opsi yang mengatakan ‘Hapus akun’.

Kontak Tidak Muncul di WhatsApp
cara mengatasi kontak tidak muncul di WhatsApp

Anda akan menerima peringatan yang mengatakan melakukan ini akan menghapus semua pesan, kontak, dan data lainnya. Karena Anda telah mencadangkan chat WahtsApp Anda ke Google Drive, Anda tidak perlu khawatir tentang ini lagi dan Anda dapat mengetuk ‘Hapus akun’.

Baca: Ekspor Chat WhatsApp ke Telegram

Setelah ini selesai, instalasi WhatsApp di ponsel Anda akan tetap segar seperti baru dan Anda dapat mencoba mengatur akun Anda lagi. Setelah mengaturnya, tunggu beberapa saat hingga WhatsApp menyinkronkan kontak Anda dan memulihkan semua pesan dari Google Drive sebelum menggunakannya secara normal.

Cara Mengatasi Kontak Tidak Muncul di WhatsApp dengan Copot/Instal Ulang WhatsApp

Jika semua metode di atas gagal, cara terakhir yang kami miliki adalah memeriksa apakah Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru? Jika ya, saatnya untuk menghapus dan menginstal ulang WhatsApp di perangkat hp/ponsel Anda.

Namun, jika Anda melihat versi baru WhatsApp tersedia untuk diunduh, pastikan Anda menginstal versi terbaru dan memeriksa apakah masalah telah terpecahkan? Jika Anda sudah menggunakan versi terbaru, sekarang saatnya untuk menginstal ulang sepenuhnya.

Kesimpulan

Dan dengan cara itu, kita sampai pada akhir artikel ini. Kami sangat berharap langkah-langkah yang disebutkan tadi sangat membantu Anda memecahkan masalah. Jika tidak, Silahkan berikan komentar Anda di bagian bawah artikel ini untuk kita lakukan memecahkan masalah lebih lanjut.

Apakah Anda tahu cara lain yang belum kami lakukan? Jika ada, beri tahu kami juga dan kami akan dengan senang hati menambahkannya ke daftar ini dengan memberikan tag kredit. Demikian artikel Kontak Tidak Muncul di WhatsApp. Semoga berhasil!

Bagikan:

Menulis artikel di blog merupakan bagian dari hobi semenjak tahun 2016. Lulusan SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Leave a Comment