Kredit Pintar Sebar Data Pribadi ke Kontak Lain

Share dulu, dong!

Kira-kira benar ga sih Kredit Pintar Sebar data pribadi ke luar kontak darurat atau sosial media? Mungkin bagi yang masih telat bayar di pinjol ini pasti pernah dapat telepon atau chat penagihnya yang mana mengancam akan menyebarkan data pribadi jika tagihan belum dilunaskan.

Kekhawatiran terhadap keamanan dan privasi data nasabah muncul seiring dengan meningkatnya tren pinjaman online. Pelanggan yang terlambat membayar kadang-kadang mengeluh bahwa informasi pribadi mereka kini dapat diakses oleh publik, sehingga membuat mereka khawatir tentang kemungkinan dampaknya.

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan pembaca pemahaman secara luas tentang klaim sebar data Kredit Pintar Kami akan menyelidiki informasi yang tersedia, mendengarkan pengalaman konsumen yang terkena dampak, dan menentukan apakah tuduhan tersebut benar adanya atau merupakan akibat dari miskomunikasi.

Langsung saja kita mulai pembahasanya!

Soal Kredit Pintar Sebar Data

Kredit Pintar Sebar Data Pribadi
Info terbaru Kredit Pintar Sebar Data

Apakah aplikasi pinjaman online Kredit Pintar bakalan melakukan sebar data pribadi? Jawabannya adalah TIDAK. Karena, jika pinjol ini melakukan penyalahgunaan data seperti:

  • Sebar Data ke luar kontak darurat
  • Sebar data ke media sosial (kirim gambar foto pegang KTP)
  • Kirim paket barang COD dari marketplace atau Grab/GoJek

Maka mereka telah melanggar aturan OJK dan UU ITE.

Menurut Pasal 30 ayat (2) jo. Pasal 46 ayat (2), UU ITE yang mengatur setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dipidana penjara paling lama 7 tahun dan/atau denda paling banyak Rp700 juta.

Apa Hukumannya jika pinjol Kredit Pintar Melanggar Aturan OJK dalam hal ini sebar data pribadi? Hukumannya adalah administratif bahkan hingga pidana penjara.

Bagaimana cara melaporkan penagih pinjol Kredit Pintar jika memang terbukti melakukan pelanggaran sebar data? Anda bisa kirim pesan dan adukan langsung ke email: waspadainvestasi@ojk.co.id atau via WA 081157157157

Izin Aplikasi

Perlu Anda ketahui bahwa berdasarkan aturan OJK, aplikasi fintech lending hanya diperbolehkan mengakses 3 jenis izin aplikasi:

  • Lokasi
  • Mic
  • Kamera.

Nah, yang jadi pertanyaannya adalah, bagaimana debt collector tahu semua daftar kontak kita sedangkan kita tidak pernah mengizinkan akses kontak? Jujur, untuk pertanyaan ini kami belum bisa menjawab. Tapi asumsi kami bahwa kemungkinan besar mereka mengubah izin akses aplikasinya tanpa sepengetahuan kita. Sehingga Kredit Pintar dapat menyalin semua data daftar kontak kita.

Apakah Kredit Pintar Ada DC Lapangan jika Gagal Bayar?

DC Lapangan Kredit Pintar ada di seluruh Indonesia

Sebelum itu kami sudah membahasnya tentang DC Lapangan Kredit Pintar di artikel terpisah. Namun intinya adalah Kredit Pintar sudah ada debt collector lapangan yang akan berkunjung ke rumah kamu. Biasanya kunjungan bisa 2 sampai 3 kali tergantung lokasi.

Jika Telat Bayar, Berapa Biaya Keterlambatannya?

Di setiap pinjol memiliki biaya denda yang berbeda-beda. Namun, berdasarkan informasi dari website resminya, jika kamu telat bayar, maka kamu akan dikenakan biaya pinalti atau denda keterlambatan sebesar 0.3% per hari.

Apa Resiko Jika Tidak Bayar di Kredit Pintar?

Kredit Pintar adalah aplikasi fintech lending yang dimiliki oleh PT Kredit Pintar Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor KEP-83/D.05/2019. Resiko terberat jika kamu gagal bayar di Kredit Pintar adalah kemungkinan besar catatan tagihan kamu akan tercatat di SLIK OJK, tambah beban pikiran dan bunga akan semakin bertambah.

Solusi Terbaik Agar Bisa Lunas

Saya tidak mau mengajarkan kamu untuk “sengaja” tidak membayar (gagal bayar). Tapi lain hal jika memang kamu sudah tidak sanggup lagi bayar.

Jika kamu memang ada niat untuk melunasi pinjaman di Kredit Pintar, kamu bisa hubungi DC Online atau CS Kredit Pintar untuk meminta tawaran keringanan utang. Biasanya platform pinjol ini mau diajak berdiskusi dan pasti akan memberikan solusi yang terbaik. Contohnya pemotongan (tanpa) biaya keterlambatan, diskon 50% dari total tagihan dan lain-lain.

Caranya, kamu tinggal chat atau kirim pesan email ke cs@kreditpintar.com. Ceritakan apa saja yang kamu alami terkait finansial yang membuat kamu kesulitan untuk membayar utang. Biasanya mereka akan mau membantu kamu dengan beberapa syarat seperti meminta dokumen pendukung.

Kesimpulan: Apakah Kredit Pintar Sebar Data?

Setelah kita membaca dan memahami artikel ini, maka kami yakin bahwa kamu sudah menemukan jawabannya.

Perlu kamu ketahui bahwa Kontak darurat adalah data yang digunakan apabila debt atau penagih Kredit Pintar kesulitan menghubungi kamu.

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat!

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *