Kredivo Digunakan Orang Lain? 4 Tips dan Cara Mengatasinya

Bagikan:

JULO! Ajukan Sekarang!

Apa yang harus kita lakukan ketika akun Kredivo digunakan orang lain. Apakah kita harus membayarnya? Apa yang harus kita lakukan?

Mungkin Saat itu Anda tidak sadar kalau di menu penagihan aplikasi pinjol Anda ternyata tertulis bahwa Anda meminjam uang uang yang sangat besar. Anda yakin sekali kalau Anda tidak sama sekali pinjam uang tersebut dan yakin akun Kredivo kena hack.

Kasus ini sebenarnya ada juga yang pernah mengalami selain Anda. Salah satunya adalah daerah lingkungan saya didatangin DC yang tujuan mereka tentu menagih hutang kepada orang bersangkutan.

Setelah itu dia bercerita sebenarnya dia tidak sama sekali pinjam uang di salah satu aplikasi pinjol (kalau ga salah di bilang aplikasi UATAS). Saya tak tau apakah dia benar akunnya dihack orang atau memang dia yang pinjam uang.

Tapi soal benar apa ga nya itu ga penting. Yang sekarang kita bahas adalah bagaimana cara mengatasi ketika akun Kredivo Anda di hack orang lain dan akhirnya berstatus ganti pinjam dengan jumlah yang besar.


Kenapa Akun Kredivo Bisa Di Hack Orang?

Untuk pertanyaan ini saya kurang tahu. Saya hanya menduga ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

  • kemungkinan adanya virus malware atau semacamnya yang mana bisa melihat dan menggunakan atau mengakses data-data yang ada di ponsel kita. Biasanya kasus virus ini terjadi karena kita download dan pasang aplikasi APK yang ada di Google atau dari sumber yang tidak dapat dipercaya.
  • Kemungkinan kedua, Anda ganti hp baru tapi lupa Anda hapus semua data dan aplikasi yang lama. Itu bisa saja terjadi.
  • Kemungkinan Ketiga (Ini biasanya yang sering terjadi), Anda pernah ditipu oleh orang yang mengaku CS atau customer service Kredivo yang nyatanya mereka adalah penipu. Mereka mengancam dan ingin membantu kalau data pribadi dibobol, iming-iming kredit limit dinaikkin dan sebagainya. Lalu dengan polosnya, Anda berikan informasi data pribadi Anda ke si penipu tersebut. Simak: Penipuan Kredivo: Dampak, Modus & Cara Mengatasinya.

Cara Mengatasi jika Pinjaman Online Anda Digunakan Orang Lain/Hacked

Kredivo Digunakan Orang Lain? Apakah harus Dibayar? Simak!
kredivo kena hack

Setelah mengetahui hal seperti ini, dalam benak hati Anda pasti bertanya, apakah kita perlu membayar semua tagihan tersebut?

Mungkin bagi ‘orang yang punya’ bisa mengatakan: “Ah, bayarin saja lah. Ga mau ribet berurusan dengan DC pinjol.” Tapi bagaimana jika orang yang tidak punya sama sekali?

Langkah pertama yang wajib kalian lakukan adalah segera kantor polisi untuk melaporkan bahwa Anda benar-benar ditipu oleh orang. Hal ini membuktikan bahwa Anda benar-benar serius kepada Kredivo dalam kasus ini dan pihak pinjol.

Tapi, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, Kredivo tidak akan pernah peduli jika data Anda digunakan oleh orang lain. Menurut Kredivo ini adalah kesalahan kita, kesalahan para pengguna kredivo yang dengan sengaja memberikan datanya kepada orang lain atau istilahnya “lepas tangan”. Dan ini mereka menganggp Anda telah berhutang kepada pihak Kredivo.

Lalu, bagaimana solusinya?

Jika kalian sudah punya surat keterangan dari polisi, lebih baik jangan dibayar. Tapi resikonya besar. BI checking Anda akan buruk.

Kalian terus negosiasikan kepada Kredivo atau pinjaman online lainnya bahwa ini bukan salah Anda, ini bukan transaksi Anda dengan senjata surat bukti lapor dari kepolisian.

kita setidaknya ketika didatangi dari DC lapangan kredivo atau pinjol lain kita bisa menunjukkan dan mengatakan: “Pak Mohon dimengerti ini bukan transaksi saya dan saya tidak ada uang untuk membayar semua ini dan ini buktinya saya sudah lapor ke polisi jika memang tidak percaya, yuk ikut saya ke kantor Polisi untuk Menjelaskan permasalahan ini.”

Ini adalah jurus pamungkas atau solusi ketika akun Kredivo digunakan orang lain ketika didatangin Kredivo. Saya yakin DC-nya tak bakal berani dan saya yakin dirinya juga nggak bakal mau.

Kalau dia terus memaksa kalian harus membayar, disaat itu juga Anda paksa ikut ke kantor polisi.

Ini merupakan solusi yang terbaik dan tercepat meskipun masalah hutang kita tidak beres di Kredivo atau pinjaman online lainnya.


Pelajaran Berharga Buat Anda (3 Tips cara agar tidak kena hack)

Supaya hal ini tidak akan terjadi lagi buat Anda di masa yang akan datang, Saya akan berikan tips bagaimana caranya agar tidak mudah ditipu orang atau dihack orang dalam masalah ini.

Tips Pertama: Jaga Informasi Pribadi Anda

Zaman sudah berubah. Begitu pula cara dan gaya hidup kita juga berubah karena perkembangan teknologi yang super canggih. Oleh sebab itu, simpanlah informasi atau data pribadi kita dengan baik-baik.

Tips Kedua: Jangan Mudah Percaya

Modus penipuan kebanyakan mereka menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram bahkan via telpon. Mereka (si penipu) mengaku sebagai CS dan membuat narasi bohong sampai Anda mengirimkan informasi pribadi Anda.

Ingat! Baik itu Kredivo, AkuLaku atau perusahaan pinjol lainnya pihak CS tidak pernah meminta data pribadi Anda melalui WA atau media lainnya.

Apabila Anda menerima telepon/chat penipuan, Silahkan simak artikel Penipuan Kredivo: Dampak, Modus & Cara Mengatasinya.

Tips Ketiga: Jangan Download Aplikasi APK dari Situs ‘Abal-abal’

Mungkin Anda pernah download APK MOD yang mana kita mendapatkan aplikasi premium tanpa harus berbayar. Tolong, jangan pernah Anda instal aplikasi semacam ini di hp Anda.

Saya tekankan sekali lagi kepada Anda. Karena ini merupakan celah bagi mereka (peretas) untuk mengakses akun aplikasi apa saja yang Anda instal.

Di bawah ini adalah screenshot tool dari VirusTotal yang menampilkan hasil scan aplikasi APK. Atau cek DI SINI

Tips Keempat: Hapus Semua Data dan Aplikasi

Apabila Anda ganti hape baru, hp lama dijual ke orang lain. Maka Anda harus hapus semua data login dan kalau bisa kembali ke pengaturan awal. Hal ini untuk menjaga privasi dan menghindari penyalahgunaan dari pihak yang membeli hp lama kita.


Terakhir (Kredivo Digunakan Orang Lain)

Itu saja yang mungkin saya bisa bagikan. Semoga permasalahan ini dapat terselesaikan dengan baik. Bagaimanapun juga kasus semacam ini sebenarnya adalah kesalahan dari kita sendiri karena lalai. Tapi saya tidak menyalakan baik Anda maupun dari pihak DC.

Bagikan pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah ini!

Tinggalkan komentar