Kredivo VS AkuLaku, Bunga Mana yang Lebih Rendah?

Bagikan:

JULO! Ajukan Sekarang!

Ternyata ada beberapa teman-teman kita yang kerap menjadikan kedua aplikasi pinjaman online ini; Kredivo vs AkuLaku sebagai pusat perbandingan, seperti halnya dalam segi suku bunga.

Seperti yang kita pahami, Bunga adalah salah satu hal yang diharuskan ada di dalam sebuah pinjaman. Ada beberapa calon nasabah aplikasi pinjol (AkuLaku atau Kredivo) yang tentunya jauh lebih memperhatikan jumlah bunga yang ditawarkan oleh kedua aplikasi ini.

Biasanya kalau kita menemukan sebuah aplikasi yang suku bunga yang jauh lebih ringan alias terjangkau, kita tak perlu lagi melirik aplikasi yang serupa dan langsung melakukan pengajuan pinjaman, Begitu juga sebaliknya.

Kredivo VS AkuLaku

Perbandingan Kredivo vs AkuLaku

Kredivo dan AkuLaku memiliki sejumlah fitur yang sama, seperti PayLater, yakni membeli suatu barang atau jasa dengan membayar belakangan sesuai jatuh tempo yang sudah ditetapkan.

Persamaan AkuLaku dan Kredivo lainnya adalah pinjaman dana tunai dengan jumlah limit yang besar.

Untuk Suku Bunga, aplikasi Kredivo memang selalu transparan, berbeda dengan AkuLaku yang mana tidak terlalu detail atau minim memberikan informasi yang masih berkaitan dengan suku bunga kepada penggunanya.

Oke, dari pada banyak bicara, langsung saja kita bahas bagaimana perbandingan suku bunga Kredivo VS suku bunga AkuLaku. Langsung saja simak informasi berikut ini:

Bunga Pinjaman Kredivo

Bunga Pinjaman Kredivo

Perlu Anda ketahui, Kredivo menjadi salah satu aplikasi PayLater atau cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dan juga pinjaman dana yang bisa kita manfaatkan.

Kredivo memiliki keunggulan yang mana telah lebih dari 1000 merchant mitra yang bekerjasama baik offline maupun online.

Dari sini saja bisa kita simpulkan, Kredivo adalah aplikasi pinjaman online atau pinjol terbaik karena transfaran akan semua informasi di dalamnya, tak terkecuali bunga.

Info: Pada saat Kredivo memberikan beban bunga 2,95% tiap bulan, yang mana bunga ini merupakan suku bunga yang paling rendah bila kita bandingkan dengan aplikasi pinjol lainnya di Indonesia. Inilah salah satu faktor mengapa Kredivo dinobatkan sebagai aplikasi pinjol terbaik.

Contoh Simulasi Cicilan Kredivo

Supaya lebih jauh memahami besar bunga Kredivo dan total yang harus kita bayar dalam jumlah pinjaman tertentu, berikut di bawah ini bisa teman-teman menyaksikan tabel simulasi cicilan Kredivo dengan nominal transaksi pinjaman Rp1.000.000.

Transaksi Pinjaman (Rp)Tenor (bulan)Cicilan Perbulan (Rp)Total Tagihan (Rp)
1.000.0003359.3331.078.000
1.000.0006192.6661.156.000
1.000.00012109.3331.312.000
Simulasi bunga Kredivo
Kredivo VS AkuLaku

Bunga Pinjaman AkuLaku

Dari berbagai sumber informasi, sebelumnya dari pihak AkuLaku sendiri tidak terlalu transparan seperti Kredivo. Namun sekarang AkuLaku jauh lebih terbuka mengenai besar suku bunga yang dibebankan ke pelanggannya, seperti layanan cicilan tanpa kartu kredit, Dana Cicil dan KTA Asetku AkuLaku.

Untuk informasi suku bunga bisa Anda dapatkan dengan melihat langsung pada saat mengecek pinjaman di layanan Dana Ccil maupun di KTA Asetku.

Jadi mengenai perbandingan antara Kredivo VS AkuLaku ini bisa kita katakan hampir sama.

Berapa suku bunga pinjaan AkuLaku?

1,5% dari pokok pinjaman atau hutang serta biaya admin bulanan sebesar 1%. Lalu denda keterlambatan sebesar 1% /hari.

Contoh Simulasi Cicilan AkuLaku

Berikut di bawah ini adalah contoh simulasi pinjaman, cicilan hingga total yang harus Anda bayar dengan tenor 6 bulan.

Baca: Tarik Limit AkuLaku Ke DANA dan Rekening

Transaksi Pinjaman (Rp)Tenor (bulan)Cicilan Perbulan (Rp)Total Tagihan (Rp)
2.000.0006383.3002.299.800
Simulasi bunga AkuLaku

Jumlah total tagihan yang harus nasabah kembalikan sebesar Rp2.300.000 demgam APR 52,1%.

Sedangkan untuk suku bunga tahunan maks dapat mencapai 55,35% sudah termasuk bunga bulanan serta biaya admin tahunan.

Perbandingan Bunga Kredivo VS AkuLaku dan Pinjaman Online Lainnya

Saya sudah siapkan tabel perbadingan bunga Kredivo vs AkuLaku dengan beberapa aplikasi serupa lainnya.

Sebelum itu, perlu kita ketahui, perbandingan ini dibuat berdasarkan riset dan asumsi bahwa setiap penyedia layanan memberikan tenor 12 bulan dengan nominal transaksi pinjaman sama tanpa uang muka serta biaya admin.

Pinjaman OnlineBunga /BulanTenor AngsuranTransaksi (Rp)Total Tagihan (Rp)
Kredivo2,6%12 Bulan5.000.0006.560.000
AkuLaku4%12 Bulan5.000.0007.400.000
Shopee PayLater2,95%12 Bulan5.000.0006.770.000
OVO2,9%12 Bulan5.000.0006.740.000

Bila kita perhatikan tabel di atas, maka Kredivo mempunyai bunga yang paling rendah dibandingkan dengna aplikasi pinjaman online lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan masyarakat lebih memilih Kredivo dibandingkan dengan pinjol lainnya.

Jadi, apakah AkuLaku minim peminat? Tidak. mereka lebih fokus kepada produk Dana CIcil dan KTA Asetku AkuLaku. Bahkan banyak pengguna menggunakan AkuLaku karena proses lebih cepat bahkan di hari yang sama.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai perbandingan Bunga Kredivo vs AkuLaku serta bunga pinjaman online lainnya.

Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang mana Kredivo memiliki suku bunga rendah, namun pencairan tidak bisa cair di hari yang sama. (tergantung walaupun ada yang bisa satu hari bisa cair). Sedangkan AkuLaku, proses pencairan lebih cepat namun bunganya agak sedikit lebih besar di banding dengan Kredivo.

Tinggalkan komentar