Penyebab Limit Shopee PayLater & SPinjam Berkurang

Share dulu, dong!

Pernahkah kalian mengalami limit SPinjam & limit Shopee PayLater berkurang? Ada beberapa users Shopee yang mana limit paylater maupun SPinjam dipangkas hampir 50% dari total keseluruhan limit.

Apa sihi kira-kira sebenarnya tujuan dari pihak Shopee memangkas limit tersebut? dan Siapa saja yang pengguna yang terkena target pemangkasan limit?

Mari, kita bahas bersama-sama!

Penyebab SPinjam dan Limit Shopee PayLater Berkurang dan Solusinya

Limit Shopee PayLater berkurang
Limit Shopee PayLater Berkurang

Shopee Pinjam (SPinjam) dan Shopee PayLater (SPayLater) merupakan layanan keuangan dari PT Lentera Dana Nusantara melalui marketplace shopee.

Kita dapat membayar barang di marketplace ini secara kredit melalui fasilitas shopee PayLater dan meminjam uang tunai tanpa jaminan di Shopee Pinjam.

Tapi akhir-akhir ini beberapa pengguna shopee khusunya pengguna paylater dan SPinjam dikejutkan dengan limit paylater dan pinjaman yang minus.

Kalau limit minus tentu saja kalian tidak akan bisa melakukan mengajukan pinjaman keberikutnya sampai semua pinjaman yang masih berjalan itu sudah lunas.

Jadi penyebab limit SPinjam minus bukan karena error system. Jadi kalian jangan me-refresh aplikasi,restart hp atau reinstal aplikasi shopee. dengan penuh harapan limit tersebut akan kembali.

Jadi ini bukan kesalahan sistem melainkan karena kebijakan Shopee itu sendiri yang memangkas limit para pengguna SPinjam dan SPayLater.

Menurut keterangan pihak Shopee kebijakan ini adalah dalam rangka penyesuaian limit. Jadi nanti kedepannya akan dikembalikan lagi menjadi normal dengan melihat penilaian aktivitas belanja kalian di Shopee.

Intinya secara tidak langsung, pihak Shopee sekarang ini membatasi penggunaan limited SPinjam dan SPayLater.

penyebab shopee paylater minus atau berkurang
limit shopee pinjam berkurang

Nah, lalu Apakah semua pengguna Shopee Pinjam dan SPayLater terkena dampak masalah ini? Jawabannya adalah tidak.

Dari sumber yang saya dapatkan yaitu dari beberapa pengguna shopee mereka yang terdampak pemangkasan limit ini adalah mereka yang sisa limitnya selalu nol di setiap bulannya.

Jadi kalau Shopee Pinjam dan PayLater itu biasanya limit akan dikembalikan setelah kita melakukan pembayaran cicilan.

Baca:Cara Terbaru Mencairkan Shopee Paylater ke Rekening Bank

Contohnya seperti ini:

Misalkan limit Shopee Pinjam kita 10 juta. Kemudian kita ambil semua limit pinjaman tersebut dengan tenor cicilan 12 bulan dengan nominal cicilan perbulan sebesar Rp1,4 juta.

Ketika kita sudah membayar satu kali tagihan, otomatis limit kita akan dikembalikan.

Misalnya, pengembalian limit tersebut adalah satu juta. Nah, biasanya limit yang satu juta ini bisa kita ambil lagi atau kita cairkan ulang karena limit yang bisa dicairkan dari Shopee Pinjam itu minimal 400rb.

Jadi ketika kita habis bayar, kemudian punya sisa limit sebesar satu juta ini bisa kita cairkan lagi. Otomatis tagihan kita setiap bulan akan bertambah karena selalu ada penambahan hutang dari sisa limit yang dikembalikan. Begitu juga dengan SPayLater kurang lebih ilustrasinya sama.

Jadi siapa pengguna yang tidak terdampak pemangkasan limit ini?

Pengguna yang tidak terdampak adalah mereka yang sisa limitnya tidak digunakan ulang.

Begini teman-teman, Jadi saran saya pakai Shopee PayLater atau SPinjam itu seperlunya saja. Kalau misalkan benar-benar butuh baru kita pakai.

Metode pembayaran belanja mereka itu variatif dan tidak selalu menggunakan fasilitas Shopee PayLater.

Orang-orang seperti ini yang limit setiap bulannya selalu bertambah karena hutang mereka semakin berkurang dan mereka ini yang sekarang selamat dari pemangkasan limit.

Kenapa yang Sering Pakai Fitur Limit Kredit harus Dipangkas Limitnya?

bingung
kenapa limit shopee pinjam berkurang?

Ada banyak orang yang berpikir kalau keputusan dari pihak Shopee ini salah. Seharusnya mereka mendapatkan keuntungan besar dari bunga SpayLater dan Sophie Pinjam.

Kenapa yang terkena dampak dari pemangkasan limit ini adalah mereka yang konsumtif menggunakan fasilitas tersebut?

Menurut pendapat pribadi saya, tujuan dari pihak mereka disini adalah menghindari terjadinya gagal bayar. Kalau limit ini dipangkas otomatis tidak akan ada lagi transaksi baru baik itu Spinjam maupun Spaylater. Otomatis ketika kita tidak ada transaksi baru, cicilan kita setiap bulan itu tidak akan bertambah.

Jadi intinya kita disuruh bayar cicilan yang ada sekarang ini sampai lunas. baru setelah semua cicilan itu lunas kemungkinan besar limit kredit kita akan dikembalikan normal seperti kemarin.

Itulah kira-kira kenapa limit Shopee pinjam dan limit Shopee PayLater berkurang. Kalau kalian punya pendapat lain tentang masalah ini, kalian bisa bagikan pengalaman kalian di kolom komentar artikel ini

Hendri

Hendri

Hai! perkenalkan, saya Hendri Fernando Sinaga. Pernah bekerja salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Jawa Barat dari tahun 2010. Dan sekarang saya lebih fokus sebagai penulis artikel blog tentang pinjaman online. Lewat tulisan ini saya ingin berbagikan informasi pengalaman saya di dunia fintech.

Newsletter Updates

Masukkan email kamu di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari situs ini. Setiap berita terbaru dari Androkit kami kirimkan langsung ke email kamu

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Saya bayar setoran Spinjam jatuh tempo tgl 5 oktober 2022, limit di spinjam ada sisa 300 rb. Nah sya setor spinjam 160 rb. Seharunya limit sya bertambah jd 460 . Tpi ini hnya ada limit 360 rb. Itu knpa yah??