Lupa Email tapi Ingat Kata Sandi Google atau Gmail? Begini Caranya

Lupa Email tapi Ingat Kata Sandi Google atau Gmail – Mungkin tidak cuma kamu yang pernah mengalami yang namanya lupa. Apalagi terkait tentang masalah akun Google. Pada artikel ini saya akan menuntaskan permasalahan kamu agar emailmu bisa kembali dengan selamat.

Lupa Email tapi Ingat Kata Sandi Google

Lupa Email tapi Ingat Kata Sandi Google atau Gmail? Begini Caranya

Beberapa hari yang lalu ada seseorang yang menanyakan kepada saya melalui komentar di salah satu video Youtube AndroKIT tentang lupa akun Google atau Gmail.

Dia bilang lupa alamat email. Tapi password dan no hp masih ingat. Kadang ada juga orang yang ingat alamat email tapi lupa password atau kata sandi.

Musti Baca: Buka Fitur Android yang Tersembunyi dengan Kode Rahasia Ini

Email dan Kata Sandi adalah dua hal yang berkaitan satu sama lain. Tidak bisa dipisahkan, semua akun baik itu akun Facebook, Instagram, dan sebagainya membutuhkan yang namanya email dan password.

Cara Mengatasi Permasalahan Lupa Alamat Email

Salah satu cara agar email kamu pulih kembali adalah dengan menggunakan nomor HP yang pernah dikaitkan ke akun Google kamu.

Musti Baca: 12 Keunggulan Utama Telegram VS WhatsApp

Kamu ingat waktu proses pendaftaran/buka akun baru Gmail diminta untuk memasukkan nomor hp dan melakukan verifikasi nomor hp?

Nah itu dia nomor yang harus kamu pegang. Kalau kamu ingat dan masih aktif hingga saat ini, kamu bisa ikutin terus tutorial ini.

Oh ya satu lagi, kamu harus ingat nama depan dan nama belakang email kamu ya… karna itu nanti juga akan ditanya oleh Google.

  • Sekarang buka pengaturan > Akun dan Sinkronisasi
  • Pilih Tambahkan Akun > Pilih Google
  • Setelah itu muncul tampilan form login.
  • Pilih ‘Lupa Email’. Maka nanti kamu akan diarahkan ke form nomor hp atau email. Masukkan nomor hp kamu yang terkait dengan akun Google kamu
  • Setelah berhasil, masukkan nama depan dan belakang. Kalau masih ragu, silahkan isikan saja. Nanti Google yang akan mendeteksi akun Google kamu. Ketuk Berikutnya

  • Nah, sekarang google akan melakukan verifikasi akun dan nomor hp kamu. Nanti akan muncul SMS dari Google yang isinya adalah kode verifikasi. Silahkan copy dan tulis ke dalam kolom. Contoh: G-123456 atau G-385856

  • Setelah itu, akan ada muncul alamat email yang cocok dengan informasi yang kamu masukkan tadi. Jika benar ketuk alamat email tersebut.

  • Silahkan masukkan kata sandi atau password.

Kesimpulan

Lupa Email tapi Ingat Kata Sandi Google atau Gmail – Lupa alamat email atau kata sandi merupakan hal yang wajar. Apalagi kita memiliki banyak akun. Saran dari saya, buatlah alamat email sesuai dengan nama kamu atau nama yang mudah kamu ingat. Usahakan gunakan satu nomor telepon untuk semua alamat email kamu. Agar tidak lupa password karna terlalu banyak akun, usahakan gunakan kata sandi yang sama untuk semua alamat email kamu.

Tinggalkan komentar