Macam Produk INVESTASI Populer Di Indonesia

Macam produk INVESTASI Populer Di Indonesia saat ini banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu di artikel ini kita akan bahas tentang Investasi.

Setelah membaca artikel ini, aku harap Sobat:

  1. Mengerti perbedaan antara Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang
  2. Mengenali masing-masing produk Investasi yang sedang populer di Indonesia
Macam Produk INVESTASI Populer

Macam Produk INVESTASI Populer Di Indonesia

Penjelasan investasi adalah aktivitas dan kegiatan yang terkait dengan keuangan dan ekonomi yang secara garis besar.

Investasi bisa dikerjakan oleh siapapun. Tidak pandang dari orang mana. Kaya atau miskin, muda atau tua, dapat menanamkan modal untuk mendapatkan keuntungan.

Investasi sebagai salah satu upaya langkah terbaik membuat perlindungan dan tingkatkan kekayaan. Dibalik itu juga, investasi mempunyai kemungkinan risiko yang lurus sebanding dengan tingkat keuntungannya.

Namun, sebelum kita bahas jenis produk Investasi populer di Indonesia. Ada baiknya kita bahas dulu jenis Produk berdasarkan jangka waktu.

2 Jenis Investasi Berdasarkan Waktu

Ada dua jenis investasi yang perlu Sobat ketahui. Yang pertama adalah:

  1. Investasi Jangka Pendek, dan
  2. Investasi Jangka Panjang

Kalau kita simak namanya pastilah sudah paham definisi dari kedua jenis Investasi tersebut.

Aku akan membahasnya dari Investasi Jangka Pendek dulu

Investasi Jangka Pendek

Apa itu Investasi Jangka Pendek? merupakan investasi yang sudah dilakukan seorang dalam saat yang lumayan singkat umumnya cuman kurang lebih tiga bulan sampai 12 bulan atau setahun saja.

Investor jangka pendek cuman ingin memperoleh keuntungan sebanyaknya dari transaksi bisnis yang dilakukan.

Keuntungan itu umumnya didapat dari peningkatan atau penurunan suku bunga yang setiap waktu kemungkinan nilainya berbeda.

Investasi Jangka Panjang

Penjelasan investasi jangka panjang ialah investasi di mana uang atau dana yang sudah Sobat setorkan akan dipakai serta diputarkan terlebih dahulu sampai periode waktu tertentu minimum satu tahun baru dapat dicairkan.

Berlainan dengan investasi jangka pendek karena itu investor memang haruslah sabar menanti proses perputaran uangnya.

Tetapi walau harus bersabar menanti supaya bisa memperoleh pengembalian dana investor akan memperoleh hasil yang sebanding. Itu kenapa mengapa disebutkan investasi jangka panjang cocok buat mereka yang ingin memiliki agunan masa datang bukan hanya memperoleh keuntungan saja.

Pemahaman yang lain dari investasi jangka panjang yakni penanaman atas beberapa modal atau kekayaan yang dipunyai oleh seorang atau perusahaan ke pribadi atau individu atau perusahaan yang lain. Maksudnya untuk dapat mendapat pendapatan rutin atau mempunyai obyek lain tersebut.

Macam Produk INVESTASI Populer Di Indonesia

Saat sebelum terjun untuk jadi investor, pahami dan ketahui beberapa macam produk investasi di Indonesia Maksudnya untuk kurangi kapasitas rugi dan memutuskan dengan tepat sesuai profile resiko masing-masing.

Terdapat beberapa jenis-jenis produk investasi yang dapat dicoba dan memberikan keuntungan. Setiap produk investasi mempunyai kelebihan dan keuntungan masing-masing.

Saat sebelum pilih tipe investasi, ada faktor-faktor yang perlu diperhitungkan.

Misalkan, seperti jumlah asset, efek resiko, dan keuntungan yang hendak dicapai. Karena itu, kita harus arif saat melakukan investasi.

Yok baca beberapa macam investasi secara lengkap di bawah ini!

  1. Deposito
macam dan jenis produk investasi populer di Indonesia

Deposito sebagai simpanan berjangka dengan besaran bunga bisa lebih banyak dibanding tabungan biasa.

Deposito dipisah jadi dua jenis, yakni deposito berjangka dan sertifikat deposito.

Deposito berjangka sebagai wujud investasi yang aman dengan risiko rendah dan penarikannya sesuai waktu saat yang telah diputuskan.

Sementara sertifikat deposito bunganya diterima pada bagian awalnya lebih dulu.

  1. Saham

Saham sebagai bukti pelibatan atau pemilikan seorang di pada suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Saham jadi investasi periode pendek yang terkenal dan banyak disukai oleh beberapa investor usaha.

Sekarang ini, telah banyak anak muda yang mulai menanam investasi saham.

Ini karena akses pada pasar saham sekarang makin gampang. Sampai saat ini, dapat dilaksanakan lewat telpon seluler.

Investasi saham condong tawarkan hasil yang tinggi bila dibanding dengan tipe investasi yang lain.

Tetapi saham akan memiliki sifat high risk, high return yang berarti mempunyai risiko tinggi tetapi bila sukses penghasilan yang dicapai juga tinggi.

  1. Reksa Dana

Reksa dana adalah beberapa surat yang mempunyai nilai sebagai bukti klaim atau asset.

Keunggulan reksadana sendiri ada di banyaknya jumlah opsi yang bisa diambil investor untuk memberikan uangnya, yakni saham, obligasi, atau pasar uang.

Reksadana cocok sekali untuk dijadikan opsi untuk yang baru memulai, terutama bila kamu tidak mempunyai beberapa waktu dan ketrampilan untuk hitung resiko atas investasi yang digerakkan.

  1. Menabung Emas

Menabung emas dapat disebut salah satunya tipe investasi yang pas untuk pemula karena paling gampang untuk dimulai.

Simpelnya, langkah investasi saham dapat diartikan sebagai pemilikan fisik atas emas batangan, dapat berbentuk emas Antam, atau secara nilai di basis online yang beroperasi di sektor investasi emas.

Itu beberapa model investasi yang terkenal yang pas buat kamu ingin coba investasi.

  1. Peer to peer lending

Selanjutnya, macam produk Investasi populer di Indonesia baru-baru ini lagi trennya adalah Perkembangan financial technology P2P lending (peer to peer lending)

Sekarang ini semakin mengalami perkembangan cepat dan gampang dijangkau oleh warga yang susah memperoleh pinjaman dana dan untuk beberapa aktor UMKM yang memerlukan modal untuk peningkatan usahanya.

Tidak cuman beberapa pelaku bisnis UMKM, ada financial technology P2P lending yang memberi akses pinjaman untuk mereka yang memerlukan dana sebagai perawatan kesehatan serta pendidikan dengan standarnya masing-masing, dimulai dari kelayakan credit pinjaman, nominal dan tenor utang, suku bunga, sampai tingkat keamanan.

Untuk menjalankan investasi ini, modalnya benar-benar dapat dijangkau, diawali dari Rp 100 ribu dan proses berinvestasinya benar-benar simpel di basis financial technology lending alternatif.
Pastikan Sobat investasi di financial technology lending tercatat dan dipantau Kewenangan Jasa Keuangan (OJK).

  1. Properti

Property menjadi satu diantara investasi yang paling bagus yang dapat Sobat perhatikan. Walau perlu modal besar, tetapi sesuai dengan keuntungannya.

Bagaimana tidak? Harga property selalu naik. Tidak pernah turun. Tiap tahunnya, kekuatan peningkatan harga property kira-kira 10-15 %.

Sekalinya Sobat perlu uang dan jual rumah atau property lainnya, tetap dibandrol pada harga jual yang lebih mahal dibandingkan harga saat kamu membeli.

Bagikan:

Tinggalkan komentar